Sunday, August 21, 2016

Hotel Rasa Apartemen di Jakarta Pusat




Saat saya diundaang di sebuah acara di Jakarta selama dua hari, saya langsung melirik nama hotel yang akan saya inapi. Namanya Morrissey. saya langsung teringat Steven Patrick Morrissey, seorang penyanyi dan pencipta lagu berkebangsaan Inggris, vokalis dari grup musik The Smiths. Kebetulan di kantor ada satu rekan saya yang ngefans dengan dia.

Ternyata hotel ini nggak ada hubungannya dengan penyanyi itu. Yang jelas letaknya menurut saya sangat setrategis di Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Tepat di dekat pintu masuk jalan jaksa. Nggak begitu sulit mencarinya, kan?





Saya rada kaget ketika masuk ke dalam kamarnya. Sampai-sampai saya telepon room service, jangan-jangan salah masuk kamar nih. Ternyata nggak. Kamarnya memang di luar mainstream kamar hotel yang biasanya berwarna datar dan serba minimalis. Kamar di sini seperti kita masuk ke sebuah kamar apartmen. Ada ruang duduk, kistchen set, dan tentu saja ranjang. Tapi suwer, saya nggak merasa di kamar hotel berada di dalamnya.

Meskipun terdapat kitchen set saya nggak berani coba-coba masak sesuatu di sana. Nyalain kompornya aja saya nggak ngerti dan nggak mau ngerti. Saat lapar ya, makan saja di restoran di bawah. Atau kelayapan sekitar menteng yang bertebaran tempat makan enak.

Yang terpikir oleh saya, seandainya saya dikotrak untuk meneyelsaikan sebuah novel, rasanya enak tinggal cukup lama di kamar Morrisey. Kalau mau irit-irit ada dapur buat masak sendiri. Nerima tamu, malas ke bawah, bisa di dalam kamar karena ada ruang tamaunya.

Di kamar sendiri banyak hal yang bikin betrah. Selain interiornya yang rumah banget, saluran teve jaluran, juga wifi yang kencang. Bahkan kencangnya nggak cuman di kamar, ke temat lain juga wus-wus gitu deh wifinya. Nggak kayak hotel berbintang empat lain yang katanya kencang tapi malah sunyi senyap. Malaslah hari gini nginap di hotel tapi wifinya lemot.







Fasilitas lain yang asyik untuk dinikmati di sini adalah kolam renangnya. Meskipun nggak besar-besar amat, tapi cukup nyaman dan bersih. Apalagi kalau berenang pas lagi suntuk-suntuknya di malam hari ditemani cahaya lampu kota. Kolam renang outdoor ini juga dilengkapi tempat duduk santai dan buat minum dan snacking.

Acara breakfast di sini juga sangat variatif karena kebanyakan tamunya adalah warga asing dan pekerja yang tinggal dalam jangka waktu lama. Jadi makanan oriental dan continental berpadu padan, tinggal pilih sukanya yang mana.

Malam hari saat mau pesan tiket kereta api, saya dengan mudah menemukan Indomart, begitu juga saat ingin membeli krim otot, sebelahnya ada apotik. Benar-benar strategis dan realy recomended hotel untuk ditempati baik jangka pendek maupun jangka lama.




Friday, August 12, 2016

Agar Mendapat Restu Menikah dari Ayahnya


Sudah punya pasangan dan ingin segera menikah? Bagi sebagian orang mungkin perkara lamaran bukanlah masalah. Apalagi pada era modern seperti ini, melamar untuk menikahi pujaan hati tak seribeut dulu kala.  Tapi bagi sebagian pria, perkara melamar tetap saja bikin pusing.

Biar tidak maju-mundur melamar gadis pujaan hati kepada ayahnya, mungkin beberapa saran ini bisa jadi pertimbangan.


Sebelum menemui ayahnya, coba deh tanya dulu sama pasanganmu. Benarkah dia mau diajak nikah sama kamu. Jangan sampai kamu capek-capek melamar, nggak tahunya ketika si Ayah menanyakan kepada putrinya, ternyata dia nggak mau sama kamu. Jangan terlalu percaya diri pasanganmu pasti mau diajak nikah sebelum kamu tanyakan.




Sebelum menemui ayahnya untuk melamar, kamu harus kenal lebih dulu dengan si ayah. jangan cuma kenalan lewat media sosial atau email. Sebisa mungkin sudah pernah bertemu beberapa kali. Jika sudah kenal, maka pembicaraan lamaran akan lebih santai karena sudah saling tahu satu sama lain.




Dalam pembukaan percakapan dengan si Ayah, kamu harus uraikan dulu sebab musabab kamu ingin melamar anak gadis dari pria di depanmu. Ungkapkan penilaian yang baik-baik dari pasanganmu. Jangan bilang nggak bisa. Bagaimana kamu akan menikahi gadis yang tidak kamu ketahui sama sekali. Carilah pula kecocokan di antara kamu dan pasanganmu. Nggak perlu ceritakan kekurangan pasanganmu ataupun dirimu sendiri.




Saat mengungkapkan keinginan untuk meminang pasanganmu, bicaralah dengan nyaring dan jelas. Kamu harus tampak tegas dengan keputusan melamar kepada si ayah. Jangan lembek atau gagap, itu berarti kamu kurang siap menghadapi pernikahan.




Kamu juga harus siap dengan pertanyaan, apa rencananya kalau menikah nanti? Nah, jangan niat kamu hanya menikahi anak orang. Nikah itu panjang urusannya. Kamu harus jelaskan jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya saja bagaimana nanti kamu tinggal, pekerjaanmu, dan juga hal-hal positif yang bisa meyakinkan ayahnya.



Jangan biarkan si ayah menggantung lamaranmu. Jika sudah menguraikan maksud, tujuan dan rencana melamar si dia, kamu bisa tanyakan jawaban dari si ayah. Tidak perlu terlalu mendesak. Kita bisa menebak dari bahasa tubuh si ayah jika dia senang denganmu atau tidak menyetuju lamaranmu.





Bagaimana jika lamarnmu ditolak? Ya, biar bagaimanapun kita harus mempersiapkan diri saat melamar gadis yang kita dambakan. Bisa saja ditolak, kan? Siapkan mental untuk menerima penolakan saat melamar. Bisa saja saat berbincang si Ayah mengetahui kekuranganmu atau salah faham. Nah, sebaiknya saat ditolak coba tanyakan alasannya, jika kamu perlu klarifikasi, ya lakukanlah. tapi jika memang si Ayah keukeuh menolakmu, nggak perlu risau. Tinggalkan pasanganmu sendirian... kamu sebagai lelaki bisa mencari penggantinya kok.




Thursday, August 11, 2016

Traveling Sambil Berbagi Buku Itu Seru

Berbagi buku cerita anak saat traveling ke Ratatotok, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Beberapa tahun ini karena aktivitas sebagai blogger, saya kerap mendapat kesempatan untuk keliling Indonesia. Tapi saya merasa ada yang kurang jika hanya piknik, motret dan nulis di blog. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa buku cerita anak untuk disumbangkan kepada anak-anak di daerah yang menjadi obyek traveling.

Kebetulan saya bekerja di sebuah penerbitan buku. Saya bisa membeli buku di tempat saya bekerja dengan harga miring. Tidak hanya itu, saya juga sering kalap memborong buku di acara obral buku. Akhirnya buku yang sudah dibaca menumpuk di rumah. Padahal tidak semua buku layak menurut standar saya layak dikoleksi.

Biasanya saya menyumbangkan buku-buku yang tidak ingin saya koleksi sebagai give away di blog saya, kadang juga membagikannya di acara kumpul bersama teman-teman lama. Tahu saya di kerja di penerbitan, mereka selalu berharap saya membagikan buku. Tapi dipikir-pikir buat apa saya membagikan buku kepada mereka yang mampu membelinya. Bukankah akan lebih berguna jika saya membagikan kepada yang susah menjangkau utuk mendapatkan buku bacaan ataupun yang tidak mampu membeli buku?

Tahap yang saya lakukan untuk berbagi buku cerita kepada anak-anak saat traveling dimulai dari mengetahui  demografi obyek traveling. Terutama adat dan agama sekitarnya. Maklum, buku cerita yang saya miliki tidak hanya buku cerita umum, tapi juga buku cerita anak islam. Misalnya saat saya akan ke daearah yang mayoritas non-muslim seperti ke Sulawesi Utara ataupun ke pedalaman suku Dayak di Kalimantan Barat, saya tidak membawa buku-buku islami, melainkan yang umum. Sebaliknya jika mayoritas muslim seperti ke Sumatera Barat atau Lombok, saya akan membawa buku cerita anak bermuatan islami.

Berikutnya, saya melakukan packing buku-buku yang saya akan bawa. Buku-buku cerita anak cenderung berat, apalagi jika hardcover. Jadi saya membatasi sesuai kuota bagasi yang ditetapkan. Setelah dipacking ya ditimbang dengan bawaan yang masuk bagasi lainnya. Beberapa buku jika memungkinkan masuk ke tas yang saya bawa ke kabin.

Jika di obyek traveling yang saya tuju terdapat sekolah dasar maupun madrasah maka saya berusaha mencari informasi sekolah tersebut lebih dulu. Saat ini ada Facebook dan media sosial lainnya yang bisa membantu mencari contact person. Jika di obyek traveling tidak ada sekolah, maka saya putuskan untuk membagi buku cerita secara random. Misalnya saja bila bertemu kerumunan anak di mushola atau pun di pinggir jalan.

Anak-anak perbatasan Entikong, Kalimantan Barat bahagia
mendapat hadiah buku cerita anak

Intinya, saya selalu berusaha memberikan buku cerita itu langsung kepada anak-anak. Sebab, saya merasa senang saat melihat mata anak-anak itu berbinar ceria menerima buku cerita. Tentu saja saya berharap mereka membacanya, lalu mau berbagi meminjamkan buku cerita itu kepada teman-temannya.

Mengapa saya memberikan buku cerita kepada anak-anak saat traveling? Saya sendiri sangat suka membaca buku cerita sejak kecil. Aada beberapa manfaat yang saya rasakan, dan juga disepakati oleh teman-teman yang sama-sama suka membaca buku cerita sejak kecil.

Pertama, imajinasi saya terasah sejak kecil sampai sekarang. Hal ini saya rasakan manfaatnya ketika harus menulis cerita, menggambar, atau membuat ide-ide segar, merancang, atau membuat perencanaan yang out of the box.

Kedua, kemampuan berbahasa saya di atas rata-rata, baik tertulis maupun tulisan. Pada pelajaran menulis saya tidak pernah menemukan masalah. Begitu pula saat berbicara di depan umum. Ini disebabkan perbendaharaan kata di kepala saya sangat banyak sehingga tidak ada kesulitan untuk berbahasa.

Ketiga, buku-buku cerita banyak memberikan cara menyeselesaikan masalah dalam kehidupan ini. Sehingga jika dalam kehidupan nyata saya menemukan masalah, tidak pernah panik maupun depresi karena beberapa hal sudah saya temukan solusinya dari buku bacaan. Cara berpikir logis pun masuk ke kepala saya saat mengambil keputusan karena kerap membaca buku cerita.

Keempat, meskipun saya bukan penggemar buku cerita yang terlalu menggurui, tapi saya selalu menangkap pesan moral yang baik dari penulisnya. Nilai-nilai moral itu meresap ke dalam hati sehingga membantu saya menjadi manusia yang bermoral dan itu terus tertanam hingga dewasa.

Kelima, buku cerita anak juga merupakan sarana hiburan yang baik. Bisa dinikmati di manapun dan kapanpun. Jika sedang lelah karena terus belajar dan mengerjakan tugas sekolah, saya akan lebih tenang jika sudah mengalihkan perhatian kepada buku cerita anak-anak.

Nah, saya ingin hal-hal positif yang saya dapatkan dari kebiasaan membaca buku cerita di masa kana-kanak ini tertular kepada anak-anak lain di Indonesia ini. Saat ini, jika saya merindukan sebuah perlanan keliling tanah air , bukan karena kekangenan piknik, tapi ingin bertemu anak-anak dan membagikan buku cerita di rumah saya, lalu melihat mata mereka berbinar bahagia.


Tujuh Manfaat Luar Biasa Jogging





Belum lama ini saya didiagnosa kena diabetes. Selain dengan pengobatan, dokter menyarankan saya untuk jogging ataupun jalan kaki setiap pagi selama satu jam. Saya ikuti saran dokter, dan ternyata memang manjur untuk mengontrol kadar gula darah saya.

Beberapa hasil penelitian juga menyebut beberapa manfaat aktivitas lari pagi ini. Apa saja

1. Mencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung

Sudah lama saya punya hiperetensi alias darah tinggi. Sejak jogging rutin setiap pagi, tekanan darah saya terkontrol baik ketimbang sebelumnya. Jogging membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dengan menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah. Dikenal sebagai "silent killer", hipertensi dapat memiliki efek jangka panjang pada tubuh yang dapat menyebabkan kondisi mengancam kehidupan seperti pendarahan, aterosklerosis dan aneurisma jika tidak  rajin kontrol ke dokter. Jogging juga mengurangi resiko  penyakit jantung karena sistem kardiovaskular terus dilatih.

2. Jogging Membantu Mencegah Beberapa Kanker

Para peneliti sangat setuju bahwa jogging membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini dicapai dengan oksigenasi yang lebih baik dari seluruh tubuh saat jogging. Sel yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai akan bermutasi lebih cepat dan sering memutar ganas.

3. Jogging Membantu Jauhkan Penyakit Menular

Jogging juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sangat baik. Ada bukti kuat bahwa latihan aerobik membantu merangsang sel kekebalan dan limfosit dalam melawan infeksi. Dengan begitu akan meningkatkanimunitas untuk mencegah beberapa penyakit menular, baik karena virus  dan bakteri tertentu.

4. Jogging Meningkatan Kebugaran Mental

Jogging juga bermanfaat untuk kesehatan mental kita.  Jogging memberi kita rasa  percaya diri yang lebih baik. Jogging juga meningkatkan hormon kebahagiaan yang disebut endorfin, bahan kimia yang dilepaskan ke dalam tubuh yang menyebabkan suasana hati jadi lebih optimis. Jogging akan membuat kita merasa lebih baik dan bahagia sepanjang hari.

5. Jogging Dapat Memerangi Stres

Jogging sangat membantu ketika stres. Jogging menciptakan pikiran lebih tenang dan damai. Jogging membantu pelepasan zat kimia otak yang memiliki efek menenangkan pada emosi kita.  Zat kimia ini bernama  norepinefrin, serotonin dan dopamin. Secara tidak langsung jogging juga membuat kita jadi awet muda.

6. Jogging Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak Tubuh

Jogging  akan membakar kira-kira sekitar 150 kalori untuk setiap mil jarak yang ditempuh. Jogging secara rutin adalah jawaban  untuk orang yang ingin menurunkan ingin menurunkan berat badan. Ingatlah sedikit matematika; Setengah kilogram lemak sama dengan 3.500 kalori.  Jogging akan membantu Anda mencapai tujuan yang lebih cepat.

7. Jogging  Membantu Mengontrol dan Mencegah Diabetes.

Seperti saya ceritakan di atas, jogging juga membantu saya dalam mengontrol gula darah di tubuh. Jujur saja, menurut saya jogging adalah olahraga termurah. Tinggal memakai sepatu yang cocok untuk lari, kita bisa melakukannya di mana saja.



Tuesday, August 9, 2016

Lima Kritikan Ini Sering Dilontarkan untuk Polisi di Media Sosial




Polisi merupakan profesi abdi negara yang termasuk paling sering disorot publik di Indonesia.  Polah laku anggota kepolisian Indonesia seolah tak ada habisnya jadi perbincangan. Tak hanya di dunia nyata, juga kehidupan di dunia maya melalui media sosial.

Polisi juga manusia yang punya keinginan untuk aktif di media sosial, terutama yang masih muda usia. Bahkan beberapa akun media sosial polisi memiliki followers hingga ratusan ribu orang. Setiap postingan foto mereka pun selalu mendapat komentar, baik berisi pujian maupun kriikan.

Bicara soal kritikan, berikut adalah lima hal yang paling sering muncul di akun media sosial milik polisi.


1. Polisi kok selfie melulu? 

Selfie memang bukan cuma milik segelintir orang. Nyatanya polisi juga banyak yang menyukai selfie. Baik polisi pria maupun wanita. Selama selfie itu tdak merugikan serta melanggar norma yang ada, sebenarnya bukan masalah besar. Tapi ada baiknya juga untuk menghindari selfie di lingkungan kantor yang mungkin menjadi rahasia kedinasan atau selfie dengan senjata api yang bisa jadi nanti diikuti masyarakat. Polisi juga sebaiknya tidak hanya posting foto selfie tapi juga pesan layanan kepada masyarakat.

2. Polisi kok bikin video naik motor nggak pakai helm?

Beberapa postingan video polisi menampakan dirinya sedang naik motor dalam perjalanan pulang maupun dinas. Kadang, biar wajahnya tampak jelas, polisi tersebut tidak pakai helm. Biasanya follower akan langsung protes karena melanggar peraturan lalulintas. Tentu saja harus dilihat juga situasi video. Mungkin saja adegan naik motor itu dilakukan bukan di jalan umum. Tapi yang jelas, jika polisi tidak pakai helm, bagaimana dengan masyarakat.

3. Polisi kok posting di jam kerja?

Kalimat ini juga kerap dilontarkan netizen kepada polisi yang posting foto atau video di media sosial justru saat jam sibuk kerja. Netizen menganggap polisi tidak ada kerjaan dan hanya makan gaji buta. Apalagi kalau polisinya sempat-sempatnya membalas komentar. Biasanya para polisi mengelak dan mengatakan bahwa mereka sedang libur setelah piket. Tapi memang sebaiknya postingan di media sosial dilakukan pada waktu istirahat, kecuali memang postingan penting tentang berita atau peristiwa penting.

4. Polisi kok pencitraan melulu?

Postingan kegiatan positif polisi di akun pribadi anggota polisi juga kerap mendapat kritikan dari netizen. Terutama para haters. Posting foto  polisi menyeberangkan anak-anak dibilang pencitraan. Video polisi membantu mendorong mobil juga dibilang pencintraan. Bahkan posting foto sedang shalat dibilang riya dan cari pujian. Sebenarnya sih kritikan macam in tidak perlu diambil pusing. Yang penting foto-foto tersebut bukan rekayasa.

5. Polisi kok main ponsel sambil nyetir mobil?

Polisi yang main media sosial sambil menyetir saat ini juga banyak menuai kritikan. Apalagi saat ini sedang booming aplikasi Bigo Live. Tak sedikit polisi muda yang beraksi di aplikasi interaktif ini sambil nyetir. Memang tampak keren, tapi bukan hal yang baik untuk ditiru. Menurut saya sih, netizen sebaiknya jangan sungkan untuk mengkritik polisi yang melakukan perbuatan tidak baik seperti ini.

Monday, August 8, 2016

12 Perenang Ini Bikin Perempuan Betah Nonton Olimpiade



Senang mengikuti agenda Olimpiade 2016 di Rio, Brasil? Mungkin ada alasan tertentu. Selain karena prestasi para atlet, juga kecantikan ataupun ketampanannya juga. Dari sekian banyak olahraga, renang adalah jenis olahraga yang banyak diminati penonton kaum hawa. Pasalnya, di sinilah gudangnya atlet-atlet berparas tampan.



Mau tau 12 atlet yang saat ini tengah dinantikan penampilannya di kolam renang? Barangkali ada juga yang jadi atlet renang favorit Anda.

1. Conor Dwyer



Twitter @conorjdwyer
Tim Amerika Serikat
Usia 27 tahun
Gaya bebas
Pria yang biasa dipanggil Diddy, pernah meraih medali emas saat mengikuti pertama kali Olimpiade di London pada tahun 2012.


2. Chad Le Clos



Twitter @chadleclos92
Tim Afrika Selatan
Usia 24 tahun
Gaya bebas dan gaya kupu-kupu.
Pesaing terdekat atlet renang  Michael Phelps, dengan memenankan lomba 200 meter gaya kupu-kupu di Olympide 2012. Olimpiade di Rio kali ini mereka akan tarung mati-matian untuk menentukan yang terbaik.


3. Daiya Seto




Twitter @daiya_seto
Tim Jepang
Usia 22 tahun
Gaya kupu-kupu dan gaya ganti perorangan.
Dia adalah perenang pria pertama yang menjadi juara dunia untuk kategori gaya ganti perorangan putra.


4. Matheus Paulo




Twitter @math_santana
Tim Brasil
Usia 20 tahun
Gaya bebas.
Perenang muda paling bersinar saat ini. Math merupakan perenang termuda di olimpiade kali ini.


5.Ning Zetao


Twitter @zetao.ning
Tim China
Usia 23 tahun
Gaya bebas.
Zatao adalah pria Asia paling diminati di seluruh dunia sejak memenangkan emas di FINA World Championships. Penggemarnya mencapai angka jutaan orang.


6. Frederick Bousquet




Twitter @fredbousquetofficiel
Tim Prancis
Usia 35 tahun
Gaya bebas.
Banyak orang yang menyukai Fred karena tatoo ditubuhnya.


7. Luca Dotto



Twitter @dottolck
Tim Itali
Usia 26 tahun
Gaya bebas
Dotto adalah pemecah rekor 100 meter gaya bebasdan model pakaian dalam brand Emporio Armani.


8. Mitchell Larkin


Twitter @mitchell.larkin
Tim Australia
Usia 23 tahun
Gaya dada.
Mitchell adalah pemegang rekor  dunia 200 meter gaya dada.


9. Steffen Deibler



Twitter @steffendeibler
Tim Jerman
Usia 29 tahun
Gaya kupu-kupu.
Perenang blonde yang yang memegang rekor dunia  50 meter gaya kupu-kupu.


10. Ashton Baumann


Tim Kanada
usia 23 tahun
Gaya dada.
Ashton memiliki darah perenang dari ayahnya, Alex Baumann, yang memenangkan dua emas pada Olimpiade 1984 di Los Angeles.


11. Federico Grabich


Twitter @fedegrabich
Tim Argentina
Usia 26 tahun
Gaya bebas.
Peraih perunggu  FINA World Championships ini aktif di Instagram.


12. Nezir Karap



Twitter @nezirkarap
Tim Turki
Usia 22 tahun
Gaya bebas.
Nezir memegang banyak rekor renang di negaranya.


Nama-nama Perempuan Sunda ini Mulai Dijauhi




Beberapa nama yang memiliki unsur kearifan lokal kini mulai pudar. Para orangtua lebih memilih nama yang kebarat-baratan karena dinilai lebih modern. Demikian halnya dengan nama-nama wanita dari suku Sunda. Di kota-kota kecil di Jawa Barat seperti Garut atau Cianjur, anak perempuan sekarang lebih sering bernama barat seperti Laura ataupun Cinthya.

Padahal, beberapa nama Sunda mengandung arti yang tak kalah bagusnya dengan nama-nama barat. Berikut adalah beberapa nama wanita Sunda yang dulu sempat populer. Kini hanya beberapa gelintir yang memakainya, khususnya di daerah pedesaan.


Euis

Nama Euis adalah nama wanita sunda yang berasal dari kata 'Geulis' yang artinya cantik. Tentu saja orangtua beraharap putrinya kelak tumbuh menjadi wanita cantik. Nama yang hampir sama makanya adalah Eulis, lis, dan Lilis.


Nenden

Nama Nenden berasal dari kata 'Raden'  yang artinya keturunan bangsawan/terhormat. Untuk wanita berubah jadi kata 'Nenden', selanjutnya turunannya menjadi 'Nenen' dan akhirnya berubah  menjadi "Neneng' atau 'Neng' saja.

Eros
Nama Eros' berasal dari kata bunga 'Rose' alias bunga mawar. Artinya, wanita bernama ini diharapkan mekar. vantik dan harum seperti bunga mawar. Turunannya biasanya menjadi 'Iyos'.

Ai
Nama 'Ai' atau 'Ayi' beras dari kata 'Rai' yang artinya adik. Ada juga yang mengatakan berasal dari kata 'Priyayi' sehingga pemilik nama ini  diharapkan bisa menjadi seorang priyayi. Turunan kata ini di antaranya Nyai.

Ratna
Nama 'Ratna' untuk anak perempuan diberikan karena orangtua berharap anaknya kemudian akan dimuliakan dan bersinar seperti batu permata. Karena di dalam bahasa Sunda, nama 'Ratna' berarti batu permata.

Neni

Nama 'Neni' diberikan kepada anak perempuan yang diharapkan kelak tumbuh menjadi wanita cantik, karena 'neni' berarti cantik.


Imas
Nama 'Imas' diberikan kepada wanita yang diharapkan kelah menjadi seorang putri bangsawan, berderajat, dan punya kedudukan. Nama tersebut diambil dari gelar bangsawan Sunda 'Nyi Mas'.


Beberapa nama lainnya yang pernah populer di bumi Parahyangan, antara lain Popon, Nengsih, Ikeu, Iceu, Nengsih, Odah, Icih, Uneh, Titin, Entin dan sebagainya. Tapi perlahan nama-nama itu menghilang dari peredaran. Banyak yang gengsi. Padahal beberapa rumah makan bernama wanita Sunda justru sekarang lebih laris.



Sunday, August 7, 2016

10 Alasan Nikah Muda



Berita pernikahan putra Ustad Arifin Ilham bernama Muhammad Alvin Faiz dan Larissa Chou menuai banyak komentar. Bahkan di akun instagramnya, komentar postingan video pernikahan mereka sampai angka puluhan ribu. Kebanyakan memang membahas tentang usia Alvin yang baru 17 tahun saat menikah.

Tentu saja orangtua Alvin tidak gegabah memberi izin kepada anaknya untuk menikahi seorang wanita mualaf yang berusia 20 tahun. Ada pertimbangan khusus, terutama seperti yang diungkap di Instagram, yakni selama dunia dan akhirat.

Berikut adalah 10 alasan yang sering diungkapkan oleh mereka yang berniat menikah di usia muda.

1. Tidak ada yang pernah tahu waktu yang benar-benar tepat untuk menikah. Pernikahan adalah sebuah keputusan besar. Beberapa orang menganggap usia matang menikah di atas umur 25 tahun. Tapi siapa yang memastikan kita bisa menikah pada usia tersebut? Menunda mungkin bisa menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada. Orang yang memilih menikah muda adalah yang berani mengambil risiko, saat merasa sudah mendapat orang yang tepat dinikahi.

2. Orang yang menikah muda tidak akan merasa stres karena dituntut harus segera memiliki momongan. Berbeda sekali dengan menikah di usia matang. Setahun saja tanpa anak, maka kana-kiri sudah bertanya kapan akan punya anak. Sungguh menjengkelkan. Menikah muda bisa memiliki banyak alasan saat tidak tergesa-gesa memiliki anak.

3. Menikah muda memiliki saat-sat indah menikmati masa muda bersama pasangan. Tentu saja pengalaman bersama pasangan yang halal bebeda dengan saat bepergian dengan teman. Dan biasanya juga akan memudahkan untuk mengatur perjalanan. Apalagi urusan menginap di hotel, tidak perlu memikirkan kesepian, kan?

4. Menikah di usia muda juga akan membuat saat-saat mengasuh anak menjadi lebih menyenangkan. Bayangkan ketika menikah di usia 30-an tahun lalu memiliki anak. Tentu orangtuanya sudah mulai sakit-sakitan, anak perlu seseorang yang kuat untuk menjadi panutannya.

5. Memiliki anak sejak masih muda juga akan memudahkan untuk menafkahinya. Bayangkan jika kita sudah usia di atas 50 tahun tapi masih harus ngos-ngosan membiayai anak-anak kita. Ada baiknya pada umur 50 tahun, anak ikut membantu keuangan keluarga sehingga orangtua bisa sedikit mengendurkan otot dan otaknya.

6. Pada usia muda, meskipun kadang ego masih labil, tapi masih mau belajar sesuatu untuk membina hubungan dengan pasangan. Maih mau mendengar nasihat orangtua pula. Bandingkan dengan mereka yang sudah matang dan biasanya sama-sama merasa dirinya paling benar dan berkuasa.

7. Menikah usia muda juga berarti merintis karir dan usaha bersama pasangan. Karena biasanya keduanya belum mapan. Dngan begitu, menerima manis dan pahitnya bersama. Maka keduanya akan tumbuh dewasa bersama pula. Peluang menabung untuk anak-anak kelak juga makin panjang.

8. Secara emosional, menikah usia muda juga dalam kondisi yang amsih dekat dengan keluarga inti. Pasangan masih akan tetap menjaga keharmonisan dengan orangtua dan mertua mereka selayaknya anak. Sesuatu yang suit dilakukan saat menikah di usia 30 tahun misalnya, yang sudah ingin hidup masing-masing.

9. Orangtua yang masih muda adalah orangtua yang keren. Dengan jarak usia yang tidak terlalu jauh dengan anak, akan mudah menjalin komunikasi yang baik.

10. Tidak ada yang bsia menajmin keberhasilan sebuah pernikahan. Pada pernikahan usia dini bisa saja berhasil, tapi juga bisa gagal. saat gagal, mereka yang meikah usia muda bisa punya waktu untuk menikah kembali. Bandingkan jika menikah usia matang lalu bercerai.

Itu saja gambaran yang biasa saya dengar dari beberapa teman yang sependapat tentang pernikahan usia muda. Mungkin benar, mungkin juga salah. Tergantung pada mereka yang menjalaninya.



Inilah Manfaat Membacakan Buku untuk Anak




Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan orangtua bersama anaknya terutama yang masih usia balita. Beberapa jenis mengedepankan aktivitas gerak guna mengembangkan kecerdasan motorik. Tapi afa juga aktivitas yang tidak memakan ruangan.
Salah satunya adalah orangtua membacakan buku dengan nyaring kepada anaknya. Berbeda dengan mendongeng. Kegiatan membaca nyaring sebuah buku  kepada anak ini harus melibatkan buku. Si orangtua melafalkan teks buku dengan intonasi yang bisa menarik perhatian anak. 
Belum lama ini saya bertemu dengan penulis buku Mengikat Makna, Hernowo, yang menceritakan pengelamannya membacakan buku dengan nyaring sejak cucunya di dalam kandungan. Hebatnya, pada usia belum genap setahun, cucunya sangat mencintai buku dan lebih cepat bicara.  
Nicole Niamic dalam The Benefits of Reading to Your Children mengatakan, jika orang tua membacakan buku cerita ke pada anak sejak dini:
1. Mereka sebenarnya telah mengenalkan anak pada dunia lain yang mengasyikkan.
2. Kebiasaan ini bahkan akan menentukan kesuksesan akademik mereka di kemudian hari.
3. Anak usia dua tahun yang setiap hari sering dibacakan buku cenderung berprestasi lebih baik ketika duduk di TK atau SD dan memiliki kemampuan belajar dan berkomunikasi 2-3 kali lebih baik ketimbang anak yang hanya dibacakan buku beberapa kali saja dalam seminggu. Apalagi dibandingkan dengan yang tidak pernah membaca sama sekali.
4. Anak yang terbiasa membaca atau dibacakan buku sejak kecil cenderung memiliki kemampuan matematika lebih baik. Hubungan membaca dan kemampuan akademik ini tidak ada kaitannya dengan kemampuan ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua.
5. Membaca nyaring memiliki pengaruh positif lain seperti mempererat hubungan kasih sayang orang tua dan anak, mengenalkan anak pada bahasa lisan dan tulisan, meningkatkan kemampuan berbahasa anak, membuat anak menikmati dunia belajar sebagai hiburan, dan sekaligus memperluas wawasan dan pengetahuan mereka.
Nah, para orangtua, tidak ada salahnya saat ini jika punya anak balita, biasakanlah membacakan buku dengan nyaring kepada putra-putri kita.

Monday, August 1, 2016

4 Alasan Menginap di Hotel Best Western Premier The Hive, Jakarta Timur








Tinggal di Bandung dan kerap dinas di Jakarta, membuat saya beberapa kali kebingungan mencari hotel untuk stay satu atau beberapa malam di Jakarta. Banyak pertimbangannya mencari hotel di Jakarta.

Kadang saya menemukan hotel yang cocok, tapi lokasinya nggak strategis dan macet. Kadang pula alternatif kendaraan umum terbatas. Giliran saya menemukan yang strategis, pelayanan hotel dan fasilitas kurang memuaskan. Alhasil saya sering tanya sana-sini juga minta rekomendasi teman atau browsing di beberapa laman yang menyediakan saran  atau rekomendasi hotel.

Belum lama ini saya harus dinas ke Jakarta untuk dua acara sampai larut malam. Mau tak mau saya harus menginap di Jakarta. Setelah bertanya-tanya saya mendapat rekomendasi untuk menginap di Hotel Best Western Premier The Hive, Cawang, Jakarta Timur.

Strategis



The Hive yang saya tahu artinya adalah sarang lebah. Dan saya agak penasaran juga untuk segera tiba di Hotel BWP The Hive. Begitu beres dari acara di Kuningan, saya langsung menuju ke Cawang. Alhamdulillah lancar. Ternyata di depannya ada sebuah halte Trans Jakarta. Sangat menguntungkan jika jam macet  karena Trans Jakarta bisa leluasa melenggang di jalurnya sendiri.

Kawasan Cawang merupakan pintu masuk ke Jakarta dari sebelah timur. Banyak kantor-kantor pemerintah, bisnis, militer sampai universitas berdiri di kawasan Cawang. Tentunya para tamu yang memiliki kepentingan ke kantor-kantor tersebut bisa meamnfaatkan BWP The Hive untuk tinggal. Apalagi   dari Bandara Halim Perdana Kusumah dalam keadaan lancar hanya 10 menit. Dan tol kawasan Cawang juga bisa meuju ke beberapa arah, seperti ke Bekasi, Bogor, tengah kota Jakarta, bahkan ke bandara Soekarno Hatta.

Untuk pusat rekreasi juga bisa dengan mudah menuju ke Taman Mini sampai Ancol. Kalau sekadar wisata kuliner, karena berada di kawasan kondominium, tersedia mall di hotel tersebut. Kalao nggak mau ribet lagi, ya makan saja di resto milik hotel. Kuliner Indonesianya enak-enak kok.


Nyaman


Saat di lobi kita bisa melihat dekorasi interior dengan kotak heksagon sebagai lambang sarang lebah di beberapa titik. Baik di dinding, lantai maupun lagit-langit. Enaknya memang kalau hotel punya nama yang bisa dijadikan tema desain.

Saya langsung merasa nyaman ketika menyambangi balkon yang menyajikan hamparan kolam renang dan restoran. Kenyamanan kian terasa ketika saya kemudian sampai ke kamar. Tara! bed yang empuk dengan selimut nyaman dan saya mendapat view yang bagus untuk melihat sekitar Cawang.

Malamnya ketika tertidur saya bisa terlelap pulas karena merasakan kenyamanan di dalam hotel. Padahal biasanya saya termasuk yang susah tidur kalo di hotel.

Komplet

Menginap di hotel kadang kita juga ingin melakukan hal lain di luar tidur. seperti yang saya ungkap tadi, di sini ada kolam renang yang bikin segar karena ada angin di sekitarnya. enaknya sih berenang saat pagi. tapi kalau sempat nya sore hari juga asyik. 

Mau menjaga kesehatan? Di sini tinggal menuju ruang gym untuk mengeluarkan keringat. Nggak perlu angkat-angkat barbel, cukup dengan lari santai di atas treadmill juga seru. Nggak heran sih kalo di hotel ini fasilitasnya komplet, namanya juga hotel bintang lima. Apalagi masih dalam satu group Best Western yang mendunia. Sampai-sampai towelnya pun pakai standar internasional.


Lezat

Hal paling menyenangkan tinggal di The Hive  bagi saya adalah saaat sarapan di Heather Resto. Menunya lengkap dari oriental sampai kontinental, termasuk tradisonal Indonesia. Sampai bingung milihnya. Tapi karena namanya sarapan ya nggak bisa banyak-banyak makannya. Sepertinya memang harus menginap lebih dari semalam biar bisa merasakan semua menu breakfast.

Sorenya saya sempat menikmati aneka menu andalan Heather Resto. Jelasnya baca di sini aja nih: Bebek goreng.

Nah, saya rekomendasikan hotel ini untuk perjalanan dinas, bisnis atau rekreasi bareng keluarga. Terutama yang aktivitasnya di kawasan Jakarta Timur. Eh tapi ke Jakarta Pusat juga nggak jauh kok.





Friday, July 22, 2016

Membuat Postingan Instagram Lebih Menarik dengan PicsArt



Punya akun Instagram akan lebih seru jika memiliki banyak follower. Salah satu syarat wajib mendapat banyak follower adalah memiliki postingan foto yang menarik dan bervariasi. Sebab jika fotonya begitu-gitu saja bakal mebosankan follower, bukannya bertambah, follower malah berkurang.

Saya memiliki cara tersendiri dalam memperkaya postingan dan membuat followers bertambah. Buktinya follower saya saat ini sudah hampir seratus ribu. Jarang-jarang blogger punya follower sebanyak itu.

Postingan saya di Instagram saat ini menggabungkan dua materi foto dan teks. Nah untuk menghasilkan editing foto yang bagus saya percayakan aplikasi PicsArt mebantu saya. Jadi sebelum mulai ngulik materi ini, jangan lupa unduh dulu aplikasi PicsArt

 ini langkahnya.


1. Unduh aplikasi PicsArt



2. Siapkan dua materi gambar terdiri: foto  dan teks (bisa dibuat dengan aplikasi teks)



3. Masuk ke PicsArt



4. Klik 'Edit'


5. Pilih Foto


6. Klik 'Edit' di kanan atas



7. Pilih effect untuk mengubah foto, jika tidak mau tidak apa-apa.


8. Geser bagian bawah sampai ke tool 'Draw'

9. Pilih tool ke tujuh bergambar foto dengan tanda plis


10. Akan muncul dua pilihan 'Photo' dan 'Clipart'


11. Klik 'photo'

12. Pilih gambar teks yang sudah dibuat.

13. Klik Nest'
14. Silakan edit ukuran tapi jika tidak langsung klik tanda centang.


15  Atur posisi teks pada foto

16. Klik ikon di bawah urutan ke delapan.

17. Atur transparansi teks sehingga seperti menyatu dengan foto.


18. Jika sudah selesai klik tanda centang

19. Hasil edit foto sudah jadi dan bisa langsung dishare di Instagram. Jangan lupa beri caption yang menggoda orang untuk berkomentar, misalnya dengan pertanyaan.



Selamat mencoba. Oh, sebaiknya buatlah teks yang menyentuh dan mengundang orang untuk ikut komentar mengenai postingan kita. Karena saya seorang penulis, bisa mengarang sendir. Kalau nggak bisa, bisa salin kutipan dari buku ataupun lagu.