Thursday, December 29, 2011

[Kelas] Pelatihan Menulis Novel Anak Kelas Ajaib 2011


Setiap kali mengikuti pelatihan menulis, beberapa teman saya mengeluh karena tidak ada follow up. Ini merupakan tantangan. Dan saya perhatikan, umumnya pelatihan menulis diberikan secara mendasar saja. Tidak ada intensitas yang cukup. Bayangkan, apa yang bisa didapat dari sebuah pelatihan menulis yang berlangsung 1-2 jam? Menurut saya, pelatihan mencari ide penulisan pun tak cukup.

Sejak tiga tahun silam, saya rutin mengadakan pelatihan menulis. Saya namakan Kelas Ajaib. Jika pada tahun-tahun sebelumnya saya menggelar pelatihan menulis naskah pictorial book, pada 2011 saya meminta bantuan Indah Juli untuk menjadi EO pelatihan tersebut. Alhamdulillah 25 peserta terkumpul.

Pelatihan menulis yang saya lakukan menggali tiga hal utama:
1. Membakar motivasi menulis
2. Meningkatkan kemampuan teknis menulis
3. Menguatkan mental sebagai writerpreuneur

Kelas diadakan selama tiga kali pertemuan. Dengan durasi selang waktu lima hari untuk tugas dikerjakan di rumah. Antara teori dan praktik, saya usahakan 40 : 60. Setelah kelas tatap muka, dilanjutkan pelatihan melalui on-line.

Alhamdulillah, menjelang akhir tahun ini salah satu lulusan Kelas Ajaib 2011, Kay Arikunto  telah menerbitkan novel anak berjudul Panser Little Coobic. Buku-buku dari peserta lainnya tentu saja akan menyusul terbit.

Sampai jumpa di KELAS AJAIB 2012. Untuk booking tempat silakan hubungi sdri. Indah Juli.