Monday, January 2, 2012

[Kelas] Resolusi Kelas Ajaib 2012

Tahukah bahwa Kelas Ajaib dimulai dari on-line?


Sekitar lima tahun silam, saya tertarik melakukan training penulisan. Tidak melalui tatap muka, karena menurut saya, training penulisan tidak bisa dilakukan dalam beberapa jam saja. Ini bukan pelatihan bikin sayur lodeh. Harus berhari-hari agar lebih intensif dan berkualitas. Materi pun tidak melulu teori, tapi langsung dipraktikkan. Toh, kalau hanya teori, semua bisa browsing dengan mudah. Karena peserta yang saya sasar tinggal di kota yang berjauhan, maka solusinya adalah memanfaatkan teknologi Internet. Saat itu pula, saya mulai akrab bergaul dengan sejumlah bloggers yang tergabung dalam wadah Blogfam.

Pelatihan pada 2006 itu menetaskan sejumlah penulis buku bacaan anak. Sebut saja Iwok Abqary, Nunik Utami, Dewi Cendika, Erlina Ayu, Ryu Tri,  Beby Haryanti Dewi, Dewi Rieka yang kini sudah malang melintang di dunia penulisan. Pada saat itu, keinginan saya melatih karena saya ingin berbagi ilmu penulisan berdasarkan pengalaman yang saya lewati puluhan tahun. Juga, saya ingin memiliki resource unggul, karena sebagai editor buku anak saya senantiasa memerlukan pasukan elit penulis bacaan anak.

Rasanya menyenangkan sekali ketika peserta pelatihan Kelas Ajaib satu per satu mulai menerbitkan bukunya. Apalagi jika itu adalah buku pertama mereka. Banyak yang berkata seperti melahirkan anak pertama. Saya merasakan pula gegap gembira mereka ketika mulai curhat di blog mereka, lalu woro-woro soal buku baru mereka. Rasa menyenangkan  inilah yang kemudian membuat saya ingin terus membuka pelatihan menulis Kelas Ajaib.

Tatap Muka dan On-line

Melihat kesuksesan alumni Kelas Ajaib, kemudian makin banyak yang meminta saya melatih secara on-line. Saya pun membuka kelas on-line selama beberapa gelombang. Dengan kelas On-line ini, saya cukup berlangganan telkom-speedy. Yang menggembirakan adalah ketika sejumlah ibu anggota FLP Amerika-Canada meminta saya melatih mereka pula. Hanya dalam beberapa bulan mereka akhirnya menetaskan buku untuk anak-anak, bahkan sejumlah peserta kemudian terus aktif menulis buku, seperti Wylvera.

Merasa formula pelatihan menulis yang diberikan secara on-line sudah mantap, saya pun mulai memberikan pelatihan menulis bacaan anak secara tatap muka. Alhamdulillah, peserta terus mengalir. Bahkan beberapa peserta on-line memperdalam ilmu dengan mengikuti kelas tatap muka.

Dengan semakin lekatnya Internet dalam kehidupan, sejak 2011 saya mulai memadukan cara tatap muka dan on-line pada pelatihan menulis Kelas Ajaib. Saya awali pemberian teori dan paktik dasar melalui  kelas tatap muka selama tiga hari, kemudian melanjutkan lebih intensif melalui kelas on-line. Cara ini menurut saya lebih efektif karena saya bisa terus memantau perkembangan para murid Kelas Ajaib, juga membakar semangat mereka.

Resolusi Juara 2012

Pada 2012 saya masih ingin membuka Kelas Ajaib. Saya ingin membantu mewujudkan sejumlah calon penulis yang ingin menerbitkan buku pertama mereka. Semakin banyak, semakin baik. Tentunya tidak hanya terbatas jenis-jenis penulisan tertentu seperti pictorial book dan novel anak. Bisa jadi jenis non-fiksi anak, naskah komik, dan sebagainya selama saya menguasainya.

Tidak sebatas meregenerasi barisan penulis, Kelas Ajaib juga mulai tertantang untuk melahirkan Pasukan Elit Trainer Penulisan. Mereka inilah yang kelak akan bersama-sama berjuang melahirkan generasi penulis baru. Pada 25 Desember 2011, 17 penulis telah mengikuti pelatihan dasar. saat ini, secara intensif sejumlah strategi disusun untuk mewujudkan mimpi saya dan mereka. Jika saya sendiri bisa melahirkan  puluhan penulis baru dalam setahun, dengan 17 trainer penulisan ini tidak mustahil ratusan penulis baru yang berkualitas akan lahir dalam setahun.

Bulan Januari ini, setidaknya enam pelatihan menulis secara on-line gratis akan dilakukan secara serempak. Ini baru langkah awal. Semoga impian kami berjalan lancar jaya. Amin.

^_^

79 comments:

  1. Aamiin. Salut dengan sepak terjang Bhai. Semoga next time aku bisa dapat kesempatan jadi murid Bhai. :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin untuk semua harapan. Semoga dimudahkan, dilancarkan. Semoga Suhu BR selalu sehat & selamat. Semoga murid yg satu ini *tunjuk idung* gak malu2in amat :p Lakh-lakh shukriya, Bhai *tabur kuaci*

    ReplyDelete
  3. Amiiiin... rasanya akan membanggakan kalau saya pun bisa menularkan semangat dan gempita yang pernah dirasakan bertahun lalu. Semoga semua programnya berjalan lancar ^^

    ReplyDelete
  4. @Nad: Ditunggu ya di Kelas Ajaib.

    ReplyDelete
  5. @Ratih: Amin. Terima kasih doanya. Yang semangat ya. Pelihara semangat berkompetisi dengan teman sekelas biar lebih fight. *kuaci cina yang item ada ga?*

    ReplyDelete
  6. Maju terus Kelas Ajaib, semoga makin banyak menghasilkan penulis berkualitas :)

    ReplyDelete
  7. Bulan Januari ini, setidaknya enam pelatihan menulis secara on-line gratis akan dilakukan secara serempak. Ini baru langkah awal. Semoga impian kami berjalan lancar jaya. Amin.

    Nah, untuk peserta pelatihan tsb, sudah terdaftarkan anggotanya? kalau belum ikutan dong om..:D

    ReplyDelete
  8. Bersyukur bisa jadi murid Kelas Ajaib. Selain pelajaran menulis, banyak tawaran lainnya :)

    ReplyDelete
  9. wah makin keren aja bhai,...

    saya bantu doa untuk resolusi 2012 nya semoga lancar..

    makasih atas ilmu yang diberikan di kelas ajaib 2011 .... :)

    ReplyDelete
  10. @indahjuli: AMin. Makasih supportnya.

    ReplyDelete
  11. @Rosi: Masih audisi. Langsung ditengok aja postingan lainnya di blog ini. Baru launching kemarin pengumumannya.

    ReplyDelete
  12. @Erna Fitrini: silaturahmi memang memperlancar rejeki. amin. smoga speedy-nya juga lancar. Aplagi kalo ngasih Galaxi tab. *mupeng*

    ReplyDelete
  13. @Dhian: Iya, bu mil. makasih doanya. Berarti double nih doanya. ^_^

    ReplyDelete
  14. Acung jempol untuk Bhai! Semoga dengan adanya Kelas Ajaib, banyak "mutiara terpendam" yang bisa dipoles dan muncul di permukaan.

    ReplyDelete
  15. okedeh kalo begituh, stay tuned :)

    ReplyDelete
  16. @Dian Kristiani: makasih supportnya. Nggak cuman mutiara terpendam aja. Sama kerang-kerangnya mau diajak nulis juga. ^_^

    ReplyDelete
  17. kenapa komen saya jadi ngilang? padahal tadi udah komen kok. *ngambek*

    ReplyDelete
  18. WOOW superb , artikelnya ben hmm jd kepengen bisa jd penulis nih, kyk u hehhehe
    di tunggu deh karya2 berikut nya, wishes all the best of luck

    ReplyDelete
  19. Salut u mas Bhai dan kelas ajaibnya.
    Mau banget jadi murid di kelas ajaib ^^

    ReplyDelete
  20. Anda layak dapat bintang Pak Benny! Bukan cuma satu bintang, tapi lima bintang! Semoga keajaiban yang Anda ciptakan akan makin banyak menebar di seantero Nusantara.

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah bisa menjadi anggota keluarga besar Kelas Ajaib.

    ReplyDelete
  22. Senangnya bergabung di kelas Ajaib. Sukses ya pak guru :)

    ReplyDelete
  23. Betah ada di kelas ajaib. Saya masih bisa ikutan lagi kan, Bhai...

    ReplyDelete
  24. Sudah lama saya ingin ikut, Kang Ben... (Calon murid yang menunda-nunda nih) Mudah-mudahan masih diizinkan :)). Mohon info kelas terbaru online dan offline. Insya Allah bergabung pada salah satunya.

    ReplyDelete
  25. Kelas Ajaib memang sangat ajaiiib! Sukses selalu untuk bhai Benny Rhamdani....

    ReplyDelete
  26. Suka haru biru deh kalo baca tulisan bhai ttg kelas ajaib, benny rhamdani adalah guru menulis terbaik bagiku, tulus, senantiasa memotivasi n penuh ide2 segar, terima kasih untuk ilmu yg super duper ini bhai. Buku pertamaku pun lahir dari kelas ajaib online, dan menjadi buku fiksi islami terbaik 2008 :) ajaibb :)

    ReplyDelete
  27. @Iwok: aneh deh. Kok komennya ngilang terus? padahal di email masuk dua.

    ReplyDelete
  28. @Dewi Flore: makasih udah berkunjung ya. mercy boku.

    ReplyDelete
  29. semoga kedepannya bisa bergabung dengan kelas ajaib :) sepertinya ajaib sekali...buat pa benny,smg terus menyala semangatnya untuk berbagi ilmu menulisnya sampai kapanpun..amin

    ReplyDelete
  30. Mupeng kalo baca tentang kelas Ajaib, semoga berikutnya saya bisa ikutan kelas ini ya Bhai Benny :-) Sukses selalu untuk Bhai dan proyeknya di tahun 2012 :-)

    ReplyDelete
  31. @Vanda: langsung booking ke Indah Juli aja.

    ReplyDelete
  32. @lampungkini: terima kasih bintangnya. terimakasih supportnya.

    ReplyDelete
  33. Firma: alhamdulillah, bersama-sama semua melangkah. makin kompak, makin nyata.

    ReplyDelete
  34. @Fita: amin. sama-sama sukses ya.

    ReplyDelete
  35. @yas: rencananya memang akan ada potongan harga khusus yang mau mengulang Kelas Ajaib.

    ReplyDelete
  36. @Maya: colek aja Indah Juli untuk info lengkapnya.

    ReplyDelete
  37. @Mbak Dian: makasih supportnya. amin.

    ReplyDelete
  38. angkat empat jempol untuk kang benny! semoga kelas ajaibnya terus ajiiiib! sukses ya kang! (sekalian bookmark, niat ikut belajar).

    ReplyDelete
  39. @Ichen: ayo, semangat berkarya.

    ReplyDelete
  40. @Enny RA: amin. Ditunggu ya.

    ReplyDelete
  41. @Swi Widyastuti: jangan hanya mupeng, langsung terjun. Makasih supportnya ya ^_^

    ReplyDelete
  42. Penulis cerita anak yang hebat pasti masuk surga. Aplagi pengagasnya .... Amiiin ... prikitiwww!

    ReplyDelete
  43. @Dita: makasih doanya. amin.

    ReplyDelete
  44. jangan lupa ajak ilustratornya ke surga hehe ...

    ReplyDelete
  45. Aamiin, semoga harapannya terkabul dan saya bisa ikutan pelatihan gratisan juga,ditunggu ya kabar baiknya di Bandung.

    ReplyDelete
  46. resolusi 2012, pengen ikutan kelas ajaib session 2...

    ReplyDelete
  47. mas Benny, you are the MAN!! sUkses dgn Kelas AjAibnya, semoga KeajaibaN berteBaran melalui KelAs ini!

    ReplyDelete
  48. Salut dgn resolusinya, Mas Benny.. Semoga kualitas buku bacaan anak Indonesia mekin meningkat melalui training-training penulisan Kelas Ajaib ini.

    ReplyDelete
  49. @pembelajaran: banyak kok yang gratis online.

    ReplyDelete
  50. @Mbak ade: colek itu nang boru Indah Juli

    ReplyDelete
  51. @1979: amin. makasih supportnya.

    ReplyDelete
  52. @mbak Uli: makasih ya... doanya. maksih dah mampir juga.

    ReplyDelete
  53. Salut, kagum dan sangat berterimakasih kepada Pak Guru yg satu ini. Kalau saja waktu itu saya tak berada di Urbana, Illinois, US..mungkin saya tak pernah kenal dengan Bhai Benny Rhamdani, dan saya takkan pernah jadi penulis apalagi Trainer Penulisan seperti sekarang ini. Untung juga ada Telkom-Speedy ya, Bhai..;) Tetap sehat dan semangat teruuus..^_^

    ReplyDelete
  54. Semoga mimpi besarnya bisa terkabul, Cik Gu...
    *Berdoa...

    ReplyDelete
  55. InsyaAllah akan terwujud. Bersyukur bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kelas Ajaib. Sukses selalu untuk Pak Guru dan Kelas Ajaib. Aamiin ... Ahik! ^^

    ReplyDelete
  56. @wiwiek: smoga tertular semangatnya. speedy emang membantu bangets.

    ReplyDelete
  57. @Kay Arkun: amin. makasih ya.

    ReplyDelete
  58. mantab gan resolusinya... mampir dan komen juga ya, ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    ReplyDelete
  59. sukses selalu dgn resolusiny.. tentuny dgn optimisme yg tnggi nd bntuan telkom speedy.. :-)

    knjng blik di [ My Site ]

    ReplyDelete
  60. Senang bisa berkenalan dengan Mas Benny, guru saya, penulis yang sangat saya kagumi karya-karyanya. Semoga resolusi tahun 2012 dan tahun-tahun berikutnya tercapai. Aamiin. Kelas Ajaib, you rock! ^^

    ReplyDelete
  61. @Rhian: makaish udah berkunjung. amin. saya dah balas kunjungannya

    ReplyDelete
  62. Semoga makin sukses di tahun 2012
    http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

    ReplyDelete
  63. Menunggu karya2 penulisnya meramaikan koleksi buku dikamarku ...

    sukses selalu bang ...

    #berkunjung dan komen jg di blog ku ::: Resolusi 2012: Memaksimalkan internet

    ReplyDelete
  64. Nggak nyesel bergabung di Kelas Ajaib. Pengen tinggal kelas biar bisa ngulang pelajaran huhuhu *kabooor :p

    ReplyDelete
  65. @Fu'aditya: sudah komen balik ya. makasih dah berkunjung.

    ReplyDelete
  66. @Satpam blog: terima kasih sudah komen. saya sudah balas lho.

    ReplyDelete
  67. @Cizu: amin. makasih dah mampir.

    ReplyDelete
  68. Salam kenal brother, semoga resolusi tahun ini tercapai, jangan lupa kunjungan baliknya ya http://dwiapita.blogspot.com/2012/01/aku-ungkapan-hati-dan-7-resolusi.html, terimakasih

    ReplyDelete
  69. Semoga bapak bisa membuka kelas ajaib di 2012 ini, jangan lupa ajak saya ya pak :D
    Kunjung balik ya ke My Blog

    ReplyDelete
  70. mantap gan....koment balik ya..
    ini resolusiku pasti kamu kagummmmm mau bukti buka ni...aku pasti buka punya kamu...
    http://www.budhycutez.tk/2012/01/blog-post.html

    ReplyDelete
  71. wah topik yang mantabb sob..
    semoga sukses resolusinya..
    kunjungi punya ane juga di
    http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution
    tinggalkan komentar yah..
    happy blogging.. :)

    ReplyDelete
  72. Ingin memiliki tas unik yang beda dari yang lain... kunjungi >>> www.shoopla.blogspot.com

    ReplyDelete