Monday, May 7, 2012

Apa yang dapat dilakukan Orangtua agar Kemampuan Menulis Anak terus meningkat?




Senangnya jika punya anak yang memiliki minat pada hal-hal positif. Termasuk menulis. Nah, apa yang mesti dilakukan ortu untuk mendukung anaknya?

1.    Memperkaya kosakata di rumah. Jika beres berkunjung ke suatu tempat dan melihat hal-hal baru bersama, cobalah berbicara tentang hal yang telah mereka lihat, dengar, cium/hirup, rasakan, disentuh. Dasar menulis yang baik adalah berlisan dengan baik.

2.    Biarkan anak melihat orangtuanya sering menulis. Orangtua adalah model. Jika anak-anak tidak pernah melihat orangtuanya menulis, mereka memperoleh kesan bahwa menulis hanya pekejaani sekolah. Biarkan anak melihat orangtua menulis catatan kepada teman, surat ke perusahaan bisnis, mungkin cerita untuk berbagi dengan anak-anak.

3.   Membantu sebisa mungkin. Bicaralah mulai dari ide-ide mereka; membantu mereka menemukan kata yang ingin mereka ungkapkan. Bantulah ketika mereka mereka meminta bantuan dengan ejaan, tanda baca, dan penggunaannya. Peran Anda yang paling efektif adalah bukan sebagai kritikus tetapi sebagai penolong. Bersukacitalah dalam usaha, menikmati ide, dan menahan godaan untuk bersikap kritis.

4. Menyediakan tempat yang cocok untuk anak-anak untuk menulis. Cobalah sediakan sebuah sudut tenang yang terbaik untuk menulis. Jika tidak punya, paling tidak kursi yang nyaman dan penerangan yang pas.

5. Berikan hadiah yang berhubungan dengan minat menulis: kursi, meja, lampu meja yang lucu, kamus, buku harian atau gadget yang berhubungan dengan tulis menulis.

6. Mendorong (bukan memaksa) agar anak sering menulis. Bersabarlah dengan keengganan anak menulis. Mungkin dia benar-benar bete. Tapi frekuensi menulis adalah penting untuk mengembangkan kebiasaan menulis. Cobalah untuk memancing keinginan menulisnya bertambah.

 7. Pujilah upaya anak  menulis. Lupakan kecenderungan menyalahkan ejaan, tanda baca, dan aspek teknis lainnya dalam menulis. Tekankan keberhasilan anak.