Tuesday, August 7, 2012

Bollywood Tanpa Lagu

Ibarat sayur tanpa garam, film-film Bollywood tanpa nyanyian terbayang terasa hambar. Sehingga, banyak orang yang tak begitu tahu banyak soal perfilman Bollywood menganggap tak pernah ada film Bollywood tanpa nyanyian. Serta merta, ketika Hollywood menggarap Slumdog Millionaire (SM) dan sukses, mereka menyarankan agar Bollywood membuat film tanpa nyanyian seperti SM.

Sesungguhnya, sejak 1960 Bollywood sudah mencatat rekor pecahnya film layar lebar tanpa nyanyian. Judulnya Kanoon, karya sutradara BR Chopra. Film hitam putih yang bercerita tentang drama misteri pembunuhan ini diganjar anugerah bergengsi FilmFare Award untuk kategori sutradara (BR Chopra) dan aktor pendukung (Palsikar). Bukan perkara mudah untuk mendobrak formula baku Bollywood. Bahkan, beberapa tahun kemudian BR Chopra menulis sebuah artikel khusus tentang upayanya ini.



Dalam artikelnya, BR Chopra menulis kegelisahannya saat pemutaran perdana. Dia berdiri di depan gedung bioskop, lalu seorang yang tidak mengenalinya berkata,"Film ini bakalan jeblok. Tidak ada lagunya sama sekali. Orang yang membuatnya pasti idiot." BR Chopra tak menanggapinya, kecuali tersenyum. Beberapa hari kemudian ternyata film itu dinyatakan masuk jajaran film laris.

Masih di India, di luar film Bollywood yang berbahasa nasional Hindi, terdapat juga film berbahasa Tamil yang biasanya beredar di kawasan selatan India. Tercatat pula bahwa film Tamil tanpa nyanyian malah telah hadir lebih awal, yakni Andha Naal pada 1954.


Saat ini, sederet film Bolywood yang tanpa lagu sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Misalnya film horor Darna Marna Kya Hai, Ab Tak 56,. Beberapa diantaranya mendapat ganjaran penghargaan FilmFare Award seperti Black (2005).