Wednesday, August 8, 2012

[BUKU] Jika Editor Buku Curcol di Novelnya

***

Judul: Because She Can
Penulis:  Bridie Clark

Saat membaca judul novel ini diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama; Bos dari Neraka, yang terbayang oleh saya adalah cerita sejenis Evil Wears Prada. Saya nggak terlalu tertarik! Tapi begitu saya baca review di sana-sini, bahwa isinya mengenai dunia penerbitan buku, saya buru-buru ingin membacanya! Halah, jarang banget kan novel dengan setting dunia penerbitan.

Oke, ceritanya tentang Claire Truman. Dia memutuskan pindah kerja ke penerbitan yang dipimpin Vivian Grant. Alasannya, jabatan lebih tinggi dan gaji tiga kali lipat. Dia tak peduli sejumlah e-mail yang memrotes keputusannya.

Dinamika dunia penerbitan membuat saya geli sendiri membayangkan beberapa kejadian yang mirip dengan situasi kantor. Ada juga yang agak lebay, atau bisa jadi terjadi di penerbit lain. Misalnya soal disuruh boss menerbitkan buku dengan tema-tema yang tidak disukai sama sekali oleh editornya.

Maaf, saya nggak bisa spoiler lebih banyak. Tapi tentu saja ada urusan percintaan yang klise. Tentang keputusan ngak jadi married di last minute.

Duhai para editor, asisten editor, penulis, calon penulis cobalah baca buku ini. Biar setidaknya bisa saling berempati. Karena pada beberapa bagian yang dilukiskan di buku ini juga terjadi di sebagian besar penerbitan Indonesia. Bisa dimaklumi, karena penulisnya sendiri pernah jadi editor penerbitan buku. Jadi, mungkin cerita ini adalah banyak curcolnya juga.  ^_^