Tuesday, August 7, 2012

Mengapa buku saya tidak dibuatkan acara launching?




Beberapa kali saya menemukan seorang penulis bertanya kepada saya, mengapa sih buku saya tidak dilaunching oleh penerbit seperti buku penulis lainnya?
Keterangan ini mungkin bisa memberi penjelasan.

1. Sebuah penerbit besar, tidak hanya menerbitkan satu-dua buku dalam sebulannya. Bahkan di tempat saya bekerja, bisa sampai lima puluh tiap bulan. Nah, kebayang kan jika semua buku  harus dilaunching.

2. Penerbit memiliki dana yang terbatas, sehingga harus dipilih buku mana yang harus dilaunching oleh penerbit. Tentu saja kategori launching buku pun disesuaikan dengan bukunya.

3. Buku yang dilaunching dipilih dengan kriteria tertentu: misalnya buku itu punya kans besar untuk laku bila diketahui banyak orang. Tema buku itu menarik untuk diangkat dalam sebuah diskusi pada launching buku >>> dan ini juga menarik untuk diberitakan. Penulis juga jadi salah satu faktor. Kalo penulisnya bisa menyedot mediamassa untuk memberitakannya, punya kans besar. Dan masih banyak kriteria lainnya.

so ...

1. Jangan sedih jika bukumu tidak dilaunching oleh penerbit. Ingat tidak semua buku yang dilaunching itu kemudian jadi bestseller. Sebaliknya, tidak jarang buku yang tidak dilaunching oleh penerbit tapi kemudian laris manis di pasaran.

2. Manfaatkan komunitas kamu, atau kamu biayai sendiri aja untuk bikin launching buku.  Hm, paling tidak kamu bisa minta doorprize ke penerbit. Membuat launching buku virtual juga bukan hal yang patut diremehkan.

3. Launching itu intinya adalah pemberitaan buku baru kamu melalui media. Jika acara digelar tanpa kehadiran media, juga sepi publikasi ya acara itu pun jadi mubazir. Mendingan biaya launching dipake buat yang lainnya.

4. Jika tak sempat melakukan launching, cara publikasi lainnya adalah bedah buku, diskusi, dll yang waktunya tak harus mepet dengan buku itu dirilis ke pasar.

5. Launching buku oleh penerbit bukan segala-galanya. masih banyak publikasi cara lain. Tapi kita harus bersyukur banget jika ketiban hoki buku kita dilanuching oleh penerbit.

6. Sesama penulis kalau bisa saling menghadiri launching buku rekan kita.