Wednesday, August 8, 2012

[Profil] Jacqueline Wilson, Penulis yang Selalu Membawa Buku


Saya mengenalnya baru pada 2004, tapi karyanya langsung mengena di hati. Caranya mengolah dark side dalam kehidupan anak, mengolahnya jadi bacaan yang menarik, dan tetap anak-anak itu yang bikin saya kesengsem. Hebat banget deh. Meski ada beberapa karyanya yang tak begitu berkenan di hati, tapi dalam perkembangan karir saya menulis bacaan anak, Jacky telah mengajarkan saya beberapa hal baru....

Jacky,panggilan akrab Jacqueline Wilson, lahir di Bath,Somerset,17 Desember 1945, ia mulai bekerja di majalah sejak berumur 17 tahun.Ia sangat suka bercerita.Ketika masih muda, ia membuat beratus-ratus boneka kertas yang dijadikannya tokoh-tokoh dalam ceritanya.Mereka adalah anak-anak perempuan yang punya banyak masalah dalam kehidupan nyata dan mengatasinya dengan melarikan diri ke dalam dunia khayalan mereka.

Buku pertamanya,novel kriminal,terbit saat usianya 24 tahun.Selain itu,ia telah menulis buku untuk anak-anak sejak tahun 1973.Ia sudah menulis lebih dari 50 buku anak-anak dan memenangkan banyak hadiah, termasuk Children`s Book Award dua kali.Kalau tidak sedang menulis,ia pasti sedang membaca. Tidak pernah ia bepergian tanpa membawa buku,walaupun hanya ke toko sebentar.
Jacqueline Wilson mungkin tidak seterkenal JK. Rowling, penulis Harry Potter, dan sekaligus pula tentu tidak sekaya Rowling, yang dari karya-karyanya dilaporkan berhasil mengumpulkan 100 juta Poundsterling.

Tapi Wilson sebenarnya tak kalah terkenal di kalangan anak-anak dan remaja Inggris. Ibu berusia 67 tahun ini merupakan penulis yang bukunya paling banyak dipinjam di perpustakaan Inggris. Dan itulah yang membuat dia terpilih sebagai Pujangga Anak Inggris, status yang akan diembannya selama 2 tahun sebagai duta untuk mengangkat minat baca di Inggris.

Selama ini Ibu Wilson menulis 80 judul buku dan total terjual 20 juta eksemplar. Dan dalam dua tahun berturut-turut bukunya juga merupakan yang paling laris dipinjam dari perpustakaan Inggris, dengan catatan 2 juta pinjaman atau lebih banyak dari peminjaman buku karya sastrawan ternama Inggris, Shakespeare.

Beberapa karyanya sudah pula diangkat ke teater maupun film maupun TV, dan salah satunya, The Story of Tracy Beaker amat populer di saluran TV anak-anak BBC, CBBC.

Dampak TV dan komputer

Walau film seri di TV Tracey Beaker amat populer, Jacqueline Wilson mengeluhkan kehadiran TV dan komputer di kamar anak-anak yang mengurangi minat baca.

"Saya bukan anti TV atau komputer, karena memang ada waktunya untuk itu, tapi membaca buku bersama anak juga mendekatkan anak dan orang tua," kata Jazcqueline Wilson ke sejumlah media di Inggris.

Sebagai Pujangga Anak, Ibu Wilson bertekad untuk mengembalikan kegembiraan membaca yang, menurutnya, pada masa lalu pernah ada di rumah-rumah tangga Inggris.

Wilson menjelaskan bahwa orang tua yang membaca bersama anaknya, sebenarnya bukan saja membaca tapi berinteraksi atau bahkan bermain bersama.

Mengulang kalimat yang lucu supaya anak tertawa, atau melompati halaman yang membosankan, atau menjelaskan kata yang sulit --kata Wilson-- adalah hal yang bukan saja kelak meningkatkan minat baca anak, juga membuat hubungan anak dan orang tua menjadi lebih hangat.

Membaca bersama anak setiap malam itu juga dianjurkan oleh sekolah-sekolah Inggris.