Tuesday, December 18, 2012

[TIPS] Menulis Cerita untuk Pemula



Sejak SMA saya sudah menulis cerpen di berbagai majalah remaja. Saya juga berkali-kali menjuarai lomba penulisan. Nggak ada salahnya dong, kalo saya share sedikit
di sini beberapa tips:


  1. Pilih  genre sebelum mulai menulis. Jangan sampai cerita yang ditulis bergenre gado-gado yang nggak jelas.

  2. Setelah menentukan genre, pilih kota atau lokasi yang akan ditulis. Sebaiknya, sudut-sudut kota/lokasi tersebut memang dikenal baik.  Eh,  tapi nggak dilarang menciptakan kota sendiri kalo ingin menulis buku bergenre fantasi. 
  3. Ciptakan beberapa karakter. Sebaiknya jangan menulis karakter yang sudah sering seperti  cewek kaya, imut dan jutek atau cowok ganteng, miskin, dan baik hati.
  4.  Nggak ada orang yang sempurna. Jadi, berikan karakter protagonis yang dibuat  itu juga sedikit sisi gelap atau sifat negatif. Hal ini akan membuat karakter itu unik. Misalnya, cowok ganteng tapi suka banget pake topi cowboy, walau di acara resmi.
  5. Berikutnya, mulailah menulis cerita. Cobalah untuk menulis sedikitnya 10 menit dalam sehari. Tapi bukan berarti juga boleh menulis semaunya.
  6. Jika tertarik menulis kisah berlatar sejarah, jangan lupa riset hal-hal berkaitan dengan teknologi dan fashion. Jangan sampai kamu menulis puteri berkebaya menggunakan wedges padahal seting tahun 1800-an.
  7. Perbanyak membaca cerita bergenre yang ingin ditulis. Hal ini sangat membantu dalam teknik menulis kelak.
  8. Catatlah segera jika menemukan nama yang menarik, ide yang mendadak datang, juga dialog menarik yang terdengar menarik untuk dipindahkan ke novel. Boleh ditulis di notes book maupun di gadget kamu.
  9. Jika ada tempat yang kamu kunjungi ingin dipindahkan ke cerita, coba potret lebih dulu. Kelak akan membantu dalam proses penulisan deskripsi. Lebih detail.
  10. Jangan bikin konflik yang mudah diselesaikan. Pembaca akan bosan.
  11. Pastikan semua tindakan yang dilakukan tokoh memiliki alasan untuk ditulis dan berkaitan dengan konflik cerita.
  12. Jangan menjiplak. Percayalah, masalah besar bakal melilitmu.