Tuesday, January 22, 2013

[TIPS] Moodbooster untuk Penulis yang Ngedrop

Manusiawi banget jika kita mengalami drop mood. Tapi membiarkannya berlarut-larut adalah malapetaka. So, banyak hal yang kita bisa kita lakukan agar kita bisa terus berkiprah. Di sini ada 8 mood booster terbaik (dan mungkin termudah) yang bisa kita lakukan.
Minum Makan Siang
Tak ada mood biasanya ngaruh ke selera makan. Cobalah sedikit paksakan untuk mencicipi sensasi berbeda dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Salad mungkin sedikit membosankan. Tapi juice dan smooties buah tetap bisa menggugah selera. Jika berani, lakukan raw juice. Mengombinasikan buah dan sayur. Pilihlah dari buah dan sayur favorit kita dulu. Wortel dicampur buah naga, lemon dan mint mungkin bisa membangkitkan mood.

Sport
Olahraga, meskipun minimalis akan membangkitkan kimia di dalam tubuh. Otak akan lebih dipacu agar kita terus bergerak daberlatih. Cobalah jogging di pagi hari atau di sore hari. Melempar bola basket ke keranjang juga bisa membakar mood kita dari dalam. Kalau lokasinya dekat, mengapa tidak datang ke gym?

Membaca
Membaca tidak hanya buat kerja otak, tapi sangat baik untuk membuat pikiran kita lebih santai. Jika bosan ke toko buku, bawalah koleksi buku favorit kita ke café yang nyaman. Membaca sambil menyeduh kopi atau teh hangat adalah sesuatu.

Ganti Alarm
Bangun tidur yang menyebalkan karena bunyi alarm yang mengganggu. Coba ganti alarm itu dengan lagu-lagu penyemangat. Mungkin lagu “Healing seksual.” Marvin Gaye yang mengatakan “Bangun tidur adalah hal yang seksi!”. So, kita nggak harus menekan tombol snooze lagi dan bangun dalam suasana hati yang segar untuk memulai hari.

Menulis Jurnal
Saat kehilangan mood, kita bisa mulai menulis hari-hari yang kita lewati. Entah di buku diary konvensional maupun di blog. Hitung-hitung mengevaluasi juga, kira-kira kejadian apa yang membuat kita turun semangat. Di jurnaln itu, kita tak harus bercerita tentang diri kita sendiri. Mungkin kita bisa tulis cerita teman-teman di lingkungan kita.

Tidur Awal
Mood yang buruk juga bisa dikarenakan energy kita yang lepas begitu besar. Cobalah istirahat 30 ment lebih awal dari biasanya. Pastikan menggunakan bantal yang nyaman untuk kepala, leher, dan tulang belakang.

Relaksasi
Nyalakan lampu ke pengaturan redup. Nyalakan beberapa lilin dengan aroma lavender atau melati. Duduk tegak di sofa dan perlahan-lahan rilekskan kepala kita. Tutup mata dan mengambil napas dalam-dalam beberapa menit. Sedikit musik juga akan membantu. Cobalah CD dari Sade atau Rossum Emmy. Atau lagu slow favoritmu.

Lingkari dengan Keindahan
Lihatlah sekeliling kita. Apakah meja berantakan? Coba bangunlah mood kita dengan membuat lingkungan sekitar kita menjadi bersih dan indah. Rapikan meja. Ganti cat kamar tidur. Gantung karya seni yang bagus dan foto-foto keluarga serta teman-teman. Jika lingkungan mencerminkan kebahagiaan dan cinta dijamin semangat kita akan menyala selalu.
Kalau kamu, punya mood booster lainnya? Sharing dong.