Tuesday, September 24, 2013

5 Alasan Berkunjung ke IIMS 2013





Belum berkunjung ke Indonesia International Motor Show  (IIMS) 2013? Jika belum, coba untuk membaca tulisan ini. Saya pun semula tidak terlalu tertarik untuk berkunjung ke ajang otomotif di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, yang berlangsung 19-29 September ini. Pertama, karena saya tinggal di Bandung. Kedua, saya bukan peminat otomotif.
Pada Minggu (22/9) saya mendapat undangan ke IIMS 2013. Setelah mempertimbangkan berkali-kali, akhirnya saya memenuhi undangan itu. Lumayan, saya dapat tiket gratis seharga Rp.100.000. Lantas, apa yang membuat saya berkesan selama di sana.

Motor Gede Ducati Diskon Puluhan Juta Rupiah

Hingga kini, memiliki motor gede masih jadi impian saya. Makanya, saya suka sekali ketika akhirnya bisa melihat stand motor, karena saya pikir tadinya event ini khusus mobil . Salah satu motor gede yang membuat saya berdecak kagum adalah Hyperstrada, keluaran  Ducati Indonesia.

Ducati Hyperstrada. (foto: Benny Rhamdani)

Varian ini memiliki bobot 181 kg dengan kapasitas tangki 16 liter, dan amat cocok untuk kegiatan touring para pecinta moge sport di Indonesia. Dengan kondisi jalan di Indonesia yang bermacam-macam, Hyperstrada  menawarkan posisi duduk nyaman dengan  ketinggian jok 81 cm, sesuai postur orang Indonesia. Bahkan wheelbase-nya lebih pendek. Setang Ducati Hyperstrada juga dirancang lebih tinggi 20 mm. Sementara kaki-kakinya dibalut oleh ban Pirelli Scorpion Trail yang dipasangkan rem Brembo dengan fitur anti-lock braking system (ABS).


Ducati Hyperstrada menggunakan mesin Testastretta 11 L-Twin DOHC berkapasitas 821cc. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan sehingga mampu menggelontorkan tenaga 110 hp pada 9.250 rpm.

Ducati juga menyematkan dua buah side box dengan kapasitas 50 liter pada varian Hyperstrada. Motor ini juga ditanamkan fitur riding mode button untuk Sport, Touring, dan Urban yang bisa disesuaikan hingga pada saat dikendarai. Ducati Hyperstrada juga dilengkapi suspensi depan 43 mm upside down dan monoshock fully adjustable dari Sachs di bagian belakang.

Ducati Indonesia memberikan penawaran khusus di ajang IIMS 2013, dengan memberikan potongan harga hingga Rp54 juta untuk pembelian tunai atau kredit. Hanya tersedia warna merah, Ducati Hyperstrada dibanderol dengan harga Rp345 juta on the road Jakarta.

Tidak hanya Hyperstrada, Ducati juga memberikan diskon puluhan juta rupiah selama pameran, Diavel Chrome sebanyak Rp 40 juta, Superbike 848 Rp 36 juta, Monster Series Rp 20 juta. Serta diskon tertinggi di tipe Panigale Tricolore dengan Rp 54 juta.

Mobil Murah Vs Mobil Mewah

Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang dipamerkan di IIMS 2013 jadi pusat perhatian pengunjung, termasuk saya.  Toyota (Agya) dan Honda (Brio Satria) berada tepat di pintu masuk hall D. Sedangkan Daihatsu (Alya) di Hall A.

Mobil-mobil murah ini dilepas ke publik dengan harga mulai di bawah Rp 100 juta itu sudah diperkirakan bakal menjadi primadona dalam pameran.  PT Honda Prospect Motor pekan lalu sudah meluncurkan Brio Satya, sebagai LCGC yang akan bersaing dengan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya yang sudah diluncurkan lebih dulu. New Honda Brio Satya dengan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.2 liter 4 silinder dijual ke pasar dengan harga berkisar Rp 106 juta hingga Rp 117 juta.


Selain Honda, Daihatsu, dan Toyota, ada juga PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Mereka menghadirkan kembali merek legendaris, Datsun. Mobil murah yang ditampilkan yakni Datsun Go dan Datsun Go+. Dua mobil murah ini baru akan dipasarkan pada 2014 mendatang dengan harga di bawah Rp 100 juta. Dua produk ini akan diproduksi di pabrik PT NMI di Purwakarta, Jawa Barat.

Ada juga mobil murah K-Car yang diusung Suzuki. Grup Head CBU-4W Marketing Brand Development Suzuki Permata Islam menyebutkan, pihaknya menyajikan enam unit K-car.

Tapi saya sendiri, lebih tertarik dengan tampilan mobil mewah di ajang IIMS ini. Severapa mewah?

Ferari di IIMS 2013 (foto: Benny Rhamdani)

Mobil mewah yang memiliki harga tertinggi adalah Rolls Royce Phantom Series II SWB. Mobil yang sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km perjam dalam 5,7 detik ini dibandrol seharga Rp 12 milyar on the road (OTR).

Lamborghini Aventador LP700-4. Mobil sport dengan kemampuan mesin 700 HP yang dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,9 detik  ini dijual seharga USD 1,1 juta atau sekitar Rp 12,628 miliar (OTR).

Ferrari tipe 458 dibandrol dengan harga Rp 8 milyar 250 juta (OTR). Mobil sport dengan kecepatan maksimal 325 km/jam ini sanggup berakselerasi 0 hingga 100 km perjam dalam 3,4 detik .

Mercedes-Benz GL 63 AMG seharga Rp 2 milyar 799 juta (OTR) dan All New Range Rover Sport dengan harga Rp 2,4 Milyar.

Glk…


Bintang Tamu

Nah, ini dia. Yang nggak kalah seru di ajang IIMS 2013. Bintang tamu sebagai penyedot pengunjung. Saat saya berkunjung, sejumlah bintang tamu sedang beraksi hampir di setiap panggung. Ada Ananda Omesh di Toyota, Andi Cole di Ford, ada seorang ilusionis yang saya lupa namanya di Chevrolet. Yang tak kalah menarik dan cukup cerdik adalah penampilan Chef Marinka bersama Andhika Pratama.
Chef marinka menghibur kaum ibu di IIMS 2013.
 (foto: Beny Rhamdani)

Mengapa menarik? Karena umumnya penyuka otomotif adalah pria. Kaum ibu kadang bête jika harus mengantar suami. Di sinilah sebenarnya kehebatan Daihatsu, sengaja menarik perhatian  kaum ibu dengan mengajak seorang chef terkenal di panggung. Otomatis stan tersebut diserbu kaun imbu. APalai hostnya Andhika Pratama yang jugaakrab di mata ibu-ibu.

Para bintang yang datang tidak sulit untuk diajak foto bersama lho.

Pernak-pernik Mobil

Venom dengan audionya yang keren.
(foto; Benny Rhamdani)
Kurang afdol kalau lihat mobil tak sekalian akseorisnya.  Dan perkembangan aksesoris mobil di Indonesia tidak lepas perkembang pasar otomotif di Indonesia.  IIMS 2013  memberikan banyak hal yang menarik, misalnya dunia ban yang diwakili GT Radial, yang menampilkan aneka ukuran ban terbaru dan paket pembelian ban dengan velg.

Pioneer merupakan aksesoris otomotif ternama di bidang sound system memperkenalkan Pioneer App Radio MODE, sebuah aplikasi yang mendukung konektivitas smartphone atau gadget (Apple & Android) ke perangkat produk Pioneer di dalam mobil seperti receiver multi media.

V-Kool yang dikenal sebagai produk kaca film memberikan servis dan kenyaman kepada pengunjung dengan mencoba alat peraga Rotating Heat demo, juga menampilan produk unggulan seperti V-Koll 55 dan V-Kool Black Label, serta akan diperkenalkan juga IQue dan Ultramaster sebagai servis terbaru dari V-Kool.



SPG
Model untuk lomba foto di IIMS 2013.
(foto: Benny Rhamdani)

Dan karena otomotif lebih akrab dengan dunia lelaki, tidak heran jika akhirnya kita akan menemukan banyak sales promotion girl (SPG) hampir di semua stand, bahkan di setiap produk yang didisplay. Mereka tidak hanya  pemanis, tapi menjadi duta bagi perusahaan otomotif mengenalkan produk mereka ke pengunjung pameran. Tidak cuma lenggak- lenggok, paras cantik , wangi parfum dan sepatu tinggi,  mereka juga  dibekali dengan data akurat  tentang produk yang mereka pamerkan di pameran yang akan berakhir pada 29 September 2013 ini.

SPG di mana-mana. (Foto: Benny Rhamdani)

Di sisi lain, hadir pula model-model cantik yang sengaja dibiarkan menjadi obyek foto untuk ajang lomba foto. Tentunya harus dengan latar mobil yyang mensponsori mereka.

Silakan datang ke IIMS kalau penasaran, hingga 29 Spetember 2013. kalau masih tak ada waktu. ya, tunggu saja tahun depan.

(ben)