Monday, October 7, 2013

15 Manfaat Konsumsi Apel, dari Wasir sampai Kanker


Aneka jenis buah apel. (foto: bennyrhamdani)


Berbagai penelitian manfaat buah apel dirangkum dalam tulisan ini. Secara garis besar, apel merah dan hijau mengandung  antioksidan,  senyawa melawan penyakit. Para ilmuwan yakin senyawa ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel Apel juga penuh serat yang disebut pektin-apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, difermentasi dan kental, kombinasi yang memberikan sederet  manfaat kesehatan.

Berikut adalah 15 manfaat dari apel seperti dilansir besthealthmag.ca.


1. Gigi Lebih Putih dan Sehat
Sebuah apel tidak akan menggantikan sikat gigi Anda, namun menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur dalam mulut Anda, mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.

2. Kurangi Risiko  Alzheimer
Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel bisa membuat Alzheimer pergi dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam studi yang diberi makan diet apel menunjukkan kadar neurotransmitter asetilkolin dan melakukan yang lebih baik dalam tes labirin daripada mereka pada diet biasa.

3. Melindungi Serangan Parkinson
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya mendapat perlindungan serangan Parkinson, penyakit yang ditandai oleh kerusakan sel saraf otak yang memproduksi dopamin. Para ilmuwan telah menghubungkan hal ini dengan kekuatan memerangi radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya.

4. Cegah Bermacam Kanker
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research,  setuju bahwa konsumsi apel yang  kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid-in-apple peel yang memiliki aktivitas anti-pertumbuhan ampuh melawan sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian sebelumnya mereka menemukan bahwa ekstrak dari apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Mengurangi Risiko Diabetes
Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel. Apel mengandung serat larut, kunci untuk menumpulkan ayunan gula darah.

6. Mengurangi kolesterol
Serat larut ditemukan dalam apel mengikat lemak dalam usus sehinga bisa menurunkan kadar kolesterol.

7. Jantung  Lebih Sehat
Sebuah lembaga penelitian telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan penumpukan lambat plak kaya kolesterol di arteri Anda. Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk dan  memperkuat di dinding arteri Anda. Ketika plak membangun di dalam arteri, mengurangi aliran darah ke jantung Anda, yang menyebabkan penyakit arteri koroner.

8. Mencegah Batu Empedu
Batu empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu Andasehingga mengeras.  Hal ini sangat lazim pada penyandang  obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol.

9. Usir Diare dan Sembelit
Apakah Anda tidak bisa pergi  atau tidak bisa berhenti ke toilet?  Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu keduanya. Serat dapat menarik air keluar dari usus Anda atau menyerap kelebihan air dari kotoran Anda.

10. Menetralisir Sindrom Iritasi Usus Besar
Irritable bowel syndrome ditandai dengan sembelit , diare, dan sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan jauhi susu dan makanan berlemak sementara termasuk asupan tinggi serat dalam diet Anda.

11. Mencegah Wasir
Wasir adalah urat bengkak di saluran pembuangan anal sehingga terjadi pembengkakan pembuluh darah yang  sangat menyakitkan. Hal ini  disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mencegah Anda dari mengejan terlalu banyak ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

12. Mengendalikan Berat Badan
Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2. Untuk mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat.

13. Mendetoksifikasi Hati
Kita  terus-menerus mengkonsumsi racun, apakah itu dari minuman atau makanan, dan hati Anda bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari tubuh Anda. Untungnya, salah satu yang terbaik-dan termudah-hal yang dapat Anda makan untuk membantu mendetoksifikasi hati Anda  adalah makan buah seperti apel.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan
Apel merah  mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menemukan bahwa kuersetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang stres.

15. Mencegah Katarak

Studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki diet kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, memiliki risiko lebih kecil 10 sampai 15 persen  kemungkinan terserang katarak ketimbang yang tak pernah makan apel.

Selamat menghabiskan apel Anda hari ini.