Sunday, January 19, 2014

Manfaat Terung Balado Untuk Vitalitas Pria





Sebagai urang Sunda, ke mana pun pergi makan selalu mencari sayur-mayur. Begitu pula jika ke restoran Padang. Tidak banyak pilihan olahan sayur di sana. Untunglah, saya punya makanan favorit yang biasanya tersedia di restoran Padang, yakni terung balado.

Bahan utama terung balado adalah terung ungu (eggplant) yang berasal dari India.  Dulu saya sempat termakan mitos bahwa pria tak baik mengonsumsi terung, karena karena dapat menurunkan libido. Namun, kemudian saya baru tahu, faktanya terung justru punya manfaat untuk vitalitas pria. Hal tersebut dipercayai pria India yang getol mengonsumsi terung agar memiliki vitalitas prima..


Terung mengandung mangan, mineral yang diperlukan untuk membantu membentuk jaringan tulang,  darah dan hormon seks, ungkap  University of Maryland. Terung juga dianggap memiliki efek afrodisiak atau mampu meningkatkan gairah seks karena  keberadaan senyawa saponin yang ternyata cukup banyak terkandung dalam terung. Senyawa saponin dipercaya berperan dalam proses pembentukan testosteron. 

Sejak membaca info tersebut, saya tak ragu lagi dengan manfaat terung. Lagipun, kalau memang membuat libido lemah, seorang teman saya yang hobi makan terung balado tidak mungkin punya anak hingga usianya hampir menginjak 50 tahun.

Manfaat Lainnya

Secara tradisional, tanaman terung digunakan sebagai obat untuk pengobatan gusi bengkak, peradangan pada mulut, wasir, borok pada hidung, retak tulang, memfasilitasi urine, dan demam.

Sementara itu, kulit terung mengandung banyak flavonoid dan antioksidan, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Terung juga mengandung senyawa terpene yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi menggunakan kelinci percobaan menunjukkan bahwa pemberian jus terung mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

Terung juga mengandung senyawa asam klorogenat (chlorogenic acid), yaitu salah satu jenis antioksidan, yang menurut beberapa hasil penelitian memiliki aktivitas antikanker, antimikroba, dan antivirus, serta memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Terung juga diketahui mengandung tripsin inhibitor, yang merupakan komponen yang diyakini untuk membantu menetralkan sel penyebab kanker.

Nah, buat yang takut kuliner Padang karena katanya  banyak kolesterolnya, mendingan pilih saja kuliner terung balado ini. Rasanya lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan.

^_^