Sunday, May 4, 2014

Korban Penipuan Scammer Berseragam Polisi/TNI Enggan Melapor




Belakangan, kian banyak scammer bergentayangan di Facebook dengan foto profil berseragam dinas TNI dan kepolisian. Entah mengapa, modus penipuan ini jauh lebih mudah mendapatkan korban ketimbang dengan foto-foto pria ganteng tak jelas.

Bisa disimpulkan bahwa pria berseragam TNI maupun polisi lebih mudah memincut hati wanita ketimbang sipil. Tampak gagah, walau terkadang dari sisi wajah tak jauh beda dengan kebanyakan orang.

Beberapa korban yang saya temukan curhat di Facebooknya, mengaku terpesona dengan penampilan keren scammer. “Saya senang lihat polisi atau tentara. Pengen sekali punya suami berprofesi tentara atau polisi. Eh, sekalinya kenalan ternyata penipu. Uang saya sampai ludes puluhan juta,” aku seorang buruh migran Indonesia di Hongkong yang minta disembunyikan namanya.

Mawar (sebut saja begitu) mengaku berkenalan di Facebook. Dia sudah waspada sebelumnya. Makanya dia mengawasi dulu Facebook scammer tersebut. Ternyata fotonya tidak hanya satu. Ada foto pria tersebut dengan berpakaian biasa dan dinas. “Sepertinya scammer itu memakai foto orang yang benar-benar polisi di facebook,” ungkap Mawar.

Bahkan Mawar melihat di halaman muka Facebook scammer itu aktif dengan banyaknya percakapan. “Beberapa malah polisi juga,” katanya yang kemudian sadar sepertinya scammer itu bersindikat.

Mawar tak berani melapor ke polisi karena merasa itu kesalahannya sendiri juga. Apalagi dia tidak tahu betul dengan polisi jadi-jadian yang dikenalnya itu. “Saya belum pernah ketemu. Tapi sering telepon-teleponan. Dia minta uang untuk ongkos biaya pendidikan, adiknya menikah, sampai ingin liburan ke Hongkong. Pokoknya saya benar-benar ditipu,” katanya.

Mawar berharap teman-teman wanita berhati-hati dengan orang asing di Facebook. “Jangan terpesona dengan seragam,” tandasnya.


Saat ini, informasi daftar nama dan foto yang sering dijadikan penipuan (catfish) sudah banyak tersebar di Internet. Untuk selalu up-date aktivitas dan modus terbaru scammer bisa pula gabung di https://www.facebook.com/WaspadaPenipu.

Beberapa tips yang harus diwaspadai menghadapi scammer berseragam polisi dan TNI adalah:

1. Ambil foto lalu analisis melalui google image, untuk mengetahui sumber aslinya.
2. Cari tahu tempat dinasnya, lalu coba telepon kantornya untuk mengetahui keaslian. Jangan minta nomor telepon kantornya dari dia.
3. Perhatikan teman-teman di Facebooknya. Jika terlalu banyak perempuan atau hal mencurigakan lainnya, segera tinggalkan.
4. Hati-hati bila sudah meminta uang.

Intinya memang semua harus waspadai di mana pun berada.