Wednesday, September 3, 2014

Cheoc Van dan Hác-Sá, Dua Pantai Cantik di Macau

Ke pantai di Macau? Mau! (foto: dokpri)


Mandi cahaya matahari di Macau? Bisa! Ada dua pantai terkenal di Macau, yakni   Cheoc Van dan Hác-Sá yang terletak di bagian berbeda Pulau Coloane.  Tentu saja keduanya memiliki keunikan masing-masing. Apa saja?


Cheoc Van



Kecil tapi indah. (foto: panoramio.com)

Sekitar 1,5 km di luar  Estrada de Cheoc Van, tepatnya ke arah  timur dan kemudian ke tenggara dari Coloane Village, pengunjung bisa menemukan Cheoc Van yang artinya Pantai Bambu. Dibandingkan dengan Hác Sá memang pantainya lebih kecil, tetapi menurut catatan Lonely Planet pantainya lebih indah. 


Pantai ini juga memiliki sejumlah penjaga pantai yang bertugas mulai pukul 10:00-18:00 setiap Senin sampai Sabtu. Sementara pada hari Minggu para penjaga pantai bertugas 09:00-18:00 Minggu (hanya bulan Mei-Oktober). Pengunjung bisa menemukan  ruang ganti dan toilet  dengan mudah. 

Di Cheoc Vanp pengunjung dapat menemukan  kolam renang terbuka untuk umum seluas 400 meter persegi dengan kedalaman maksimal tiga meter, beberapa restoran, dan Nautical Club yang menyediakan peralatan untuk kano dan selancar angin. 

Carol, pelancong asal Eropa menyebut pantai ini sangat terpencil . "Hotelnya bergaya Portugis, sangat romantis. Ketika membuka jendela kita bisa mendengar suara ombak laut yang menenangkan. Aku mencintai tempat ini, romantis dan terpencil," ungkapnya di situs Yahoo Travel.


Hác-Sá


Meski tampak hitam, tapi airnya bersih. (foto: camelsee.com)

Pantai  Hác-Sá  yang berarti pasir hitam ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum.  Pantai ini lebih besar di Cheoc Van dan sangat populer di Macau, terutama untuk pengunjung yang suka berenang dan melakukan berbagai kegiatan di air lainnya seperti berlayar dan jet-ski. Beberapa kedai kuliner buka di lepas pantai. Wisatawan yang datang bersama keluarga dapat menikmati lapangan tenis, kolam renang, area piknik, taman bermain anak, dan beberapa restoran di Hác-Sá Park.


Meskipun pasirnya berwarna kehitaman dan membuat tampilan air agak kotor, tapi sesungguhnya pantainya sangat bersih. Lifeguard bertugas hanya  dari Mei hingga Oktober. Jika terlalu panas, pengunjung pantai bisa menyewa payung-payung di kedai pinggir pantai untuk mandi cahaya matahari.

^_^