Sunday, September 28, 2014

Empat Cara Memilih Biro Perjalanan






Minat traveling masyarakat Indonesia kian meningkat. Hal ini bisa dilihat dari ramainya pengunjung event bursa wisata. Bisa dilihat juga dari jejaring sosial yang semakin dipenuhi oleh aktivitas berwisata penggunanya.

Salah satu cara untuk mempermudah melakukan wisata di dalam dan luar negeri adalah menggunakan jasa biro perjalanan. Terutama bagi masyarakat yang tidak punya banyak waktu untuk mengurus persiapan perjalanannya. Muali dari perencanaan, mengurus paspor, visa, tiket, hotel, dan sebaginya.


Di acara bursa wisata, para biro pejalanan termasuk yang diincar oleh pengunjung. Terutama yang menawarkan paket-paket wisata murah ke destinasi wisata favorit. Tapi jangan asal pilih biro perjalanan juga. Berikut adalah tips yang bisa dipakai untuk memilih biro pejalanan agar tidak kecewa kelak.

Pilih Cermat


Selain mengunjungi  travel fair, pertimbangkan pula memilih agen perjalanan melalui online. Sebaiknya mulai dengan memilih berdasarkan rekomendasi teman maupun para blog reviewer di Internet. Memilih agen perjalanan tak melulu yang harus terkenal, bisa juga yang masih baru. Tapi memang biasanya yang sudah terkenal, sedikit lebih mahal. Untuk kenyamanan selama wisata, tak apa sedikit mahal. Jangan tergoda agen perjalanan yang tidak jelas alamat kantornya atau sering berpindah-pindah.



Buat List 


Sebelum menghubuni agen perjalanan, buat list hal-hal yang diperlukan seperti:  tanggal, tempat, dan kisaran harga sesuai budget. Siapkan pula daftar pertanyaan sebanyak mungkin, terutama jika kita adalah pemula. Jangan sampai menyesal kemudian.

Agen perjalanan yang yang berkualitas baik akan meminta kita untuk menguraikan rencana perjalanan kita. Mereka akan menanyakan tujuan dan alasan, juga cara perjalanan kita, berapa lama berencana tinggal, dan jumlah anggaran kita. Agen perjalanan yang baik akan dengan senang hati menjelaskan  transportasi, akomodasi, dan perkiraan biaya.

Buat Perbandingan 

Kenali kebutuhan kita. Perjelas tujuan utama perjalanan. Kita harus waspada terhadap agen yang tidak menanyakan kebutuhan perjalanan kita. Mintalah beberapa altenatif, hingga kita bisa membandingkan. Misalnya saja maskapai penerbangannya.Cobalah untuk menentukan anggaran yang realistis. Minta bantuan agen perjalanan untuk ikut memilihkan. Segera tinggalkan biro perjalanan yang enggan membantu.


Nyaman Melayani

Jangan sampai merasa diharuskan untuk membeli sesuatu ketika bertemu dengan agen perjalanan. Agen perjalanan yang baik tidak akan memaksa konsumen tapi menyarankan. Jangan pula terlalu bersemangat membuat keputusan sehingga tak rasional dalam menentukan pilihan. Selalu membaca semua dokumen dengan seksama sebelum menandatanganinya, terutama ketika mengambil paket promosi.


Tips Tambahan

1.  Beberapa agen perjalanan mengenakan biaya untuk hal-hal kecil, seperti pengiriman tiket, dan lain-lain. Biayanya berbeda dari satu agen ke agen lainnya, jadi periksalah dengan benar sebelum hal yang tdiak diduga terjadi.

2. Beberapa agen perjalanan tidak berdiri sendiri, tapi seperti kantor cabang tidak resmi untuk kantor agen perjalanan yang besar.  Berhati-hatilah karena mereka akan mengutip biaya-biaya tak terduga dan tentunya sedikit lebih mahal. Jika tidak, mereka tak mungkin bertahan di bisnis agen perjalanan.