Sunday, September 21, 2014

September, Malam Kemilau di Langit Macau

Kemilau di Langit Macau


Pernah membayangkan langit malam   diterangi percikan kembang api yang megah disertai sorak-sorai dan tepuk tangan penonton?  Biasanya sih kita menikmatinya di malam tahun baru. Tapi di Macau, Tiongkok, tak perlu menunggu tahun baru untuk melihat keindahan pertunjukkan kembang api.

Keindahan percikan kembang api bisa dinikmati saat berlangsungnya acara tahunan Macau International Fireworks Display Contest  yang di gelar setiap hari Sabtu  sepanjang  September ini. Tidak aneh jika banyak turis sengaja datang pada bulan September  ke Macau yang eksotis dan romantis.

Perhelatan tersebut dikaitkan dengan industri kembang api  sebagai salah satu dari tiga industri unggulan diMacau. Kembang api pun menjadi elemen penting dalam warisan budaya Macau. Untuk merayakan sejarah dan warisan budaya, Macau pun mengadakan   festival kembang api sejak  tahun 1989. Saat itu hanya lima  tim yang berpartisipasi.

Memasuki tahun ke-26 yang digelar pada tanggal  8, 13, 20, 27 September & 1 Oktober 2014 ini, lebih dari 100 tim internasional dari Cina, Filipina, Thailand, Cina Taipei, Jepang, Korea, Australia, Inggris, Swiss, Perancis, Jerman, Portugis dan Spanyol ikut meramaikan. Acara ini digelar di seberang Macau Tower yang terkenal itu.

“Kami sangat senang acara ini mendapatkan dukungan dari perusahaan-perusahaan kembang api ternama di dunia. Selama 25 tahun menjadi salah satu acara tahunan menarik bagi turis dan penduduk lokal,” ujar Maria Helena de Senna Fernandes, Direktur Macau Government Tourism Office seperti dikutip di websitenya.

Menyalakan langit, menyalakan pula hati penonton.

Kompetisi tahun lalu dimenangkan oleh Brezac Artifices yang menyajikan seni kembang api, lengkap antara konfigurasi cahaya, kekayaan warna dan pilihan musik yang sangat brilian.Tahun-tahun sebelumnya, Inggris yang diwakili tim Jubilee Fireworks, Pyro 2000, Maverick Fireworks dan Standard Fireworks berhasil pula menggaet penghargaan.

Dalam festival ini, aturan kompetisinya sangat jelas.Tim peserta harus menampilka koreografi kembang api dan  musik sehingga harus memberikan kesan kembang api sedang menari. Acara tahunan ini tidak hanya menyalakan malam Macau, tetapi juga hati penonton.


Macau International Fireworks Display Contest  telah berkembang menjadi acara yang diakui dunia internasional, bahkan menjadi  salah satu yang terbaik dari jenisnya.
^_^

Referensi dan foto: macautourism.gov.mo/