Monday, September 8, 2014

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Turing No Choice dari Bandung ke Karawang, Jawa barat. pembuktian langsung Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang. (foto: yamaha-motor.co.id)


Judul di atas bukan sekadar slogan, setidaknya komunitas R15 Bandung yang tercatat sebagai anggota Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), telah membuktikannya pada acara turing No Choice dari Bandung ke Karawang, Jawa barat. Acara yang digelar  pada Sabtu 6 September itu merupakan bagian dari event Yamaha R Series Expo 6-7 September di Karawang Central Plaza.

Riyansyah, Ketua Umum R15 Bandung.
(Foto: dokpri)
Seperti dituturkan Riyansyah, Ketua Umum R15 Bandung, peserta berkumpul di Yamaha DDS Batu Nunggal Bandung pada pukul 10 pagi. “Peserta adalah  gabungan dari R 15 Bandung dan komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI),  terdiri dari 15 motor R15 dan 25 motor R25. Kendala dari R15 adalah bentrok dengan kopdar wajib dan persiapan touring wajib ke YR15CI sowan ke lima chapter.  Jadi peserta R15 Bandung yang dikirim hanya 15 motor. Padahal untuk turing luar kota biasanya bisa sampai 30 motor.”

Rute yang ditempuh dari Bandung - Padalarang - Purwakarta - Cikampek - Kota Karawang lalu lanjut dengan city touring di Kota Karawang dengan rute Jalan Tuparev - Jl A.Yani - Alun Alun - Kompleks Galuh Mas - venue acara di Karawang Central Plaza. “Kami sempatkan istirahat di Purwakarta,” tambah Ryansyah.

Berdasarkan pengalaman turing ke Karawang serta sebelumnya pernah ke Garut, Subang, dan Cianjur, Riyansyah mengakui belum bisa menemui tandingan Yamaha kesayangannya. “sejauh ini secara design untuk sport touring 150 cc sih paling oke. Aerodinamis dengan feel racing. Dibanding kompetitor design sih boleh diadu,” ungkap Ryansyah yang berencana sowan ke lima kota, yakni Bogor, Karawang, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta dalam waktu dekat ini.

Fadli, tambah pede dengan yamaha R15. (foto: dokpri)
Untuk urusan mesin, Ryansyah menjelaskan, “Untuk masalah engine R15 yg menganut sistem SOHC cocok banget di perkotaan yangg karakternya stop and go. Torsi bawah yg diutamakann. Dan karena SOHC  banyak di putaran bawah, efeknya bbm lebih hemat dibanding sistemDOHC. Bbm hemat tentu lebih mendukung touring luar kota. Masalah handling mah tidak usah ditanya. Enak buat cornering. Tapi hati-hati  juga jangan seenaknya di jalan umum hehehe.”

Peserta turing yang berasal dari komunitas R15 Bandung lainnya, Fadli Ahmad menuturkan pengalamannya tentang bukti R15 yang mantap dipacu kencang. “Sewaktu pulang dari acara Karawang itu sekitar pukul 18.30 sampai di Cimahi pukul 20.10 karena saya harus masuk kerja shift malam. Jadi dari karawang ngebut. Bayangkan saja berapa kecepatan saya di jalan,” tuturnya.

Fadli Ahmad yang berharap bisa turing ke Jogja dan Bali ini menambahkan,”Swing arm milik R15 , dan riding position yang agresif bikin saya enjoy di perjalanan. Cornering juga tidak khawatir. Ban belakang dengan tapak lebar bikin saya lebih pede,” tuturnya.


Keungggulan Yamaha R15 dan R25

Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan.

Menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15.




R15 mengandalkan mesin 150 cc LC4V menganut enam percepatan. Tak sekadar performa yang didapatkan R15 namun juga efesiensi bahan bakar kian optimal.
Tenaga dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1.

Sementara itu,  dengan mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power.

Yamaha R25 walaupun dikemas sebagai motor sport 250 cc dan berkarakter predator tapi tetap andal dan nyaman dikendarai harian. Karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting ; Fastest, Lightest dan Advanced.

Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1. Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Untuk memuaskan penasaran para konsumen Yamaha R25 mereka dilatih mengendalikan R25. Pihak Yamaha Indonesia telah menyiapkan 100 instruktur terlatih dan disebar ke seluruh Indonesia bersamaan dengan test drive yang diadakan di daerah-daerah.


Mengenal R 15 Bandung

Tim R15 Bandung saat mengikuti acara turing No Choice
di Karawang, Jawa Barat. (foto: R15)


R15 Bandung adalah club motor YAMAHA YZF R15 di Bandung dan di bawah naungan Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI). Didirikan pada tanggal 1 Mei 2014 di kota  Bandung. Dimulai dari berkumpulnya pecinta YZF R15 dimedia sosial dan forum online yang  berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya yang memutuskan untuk kopdar bahkan saat motor  masih mengalami masa pemesanan (inden).

Kegiatan kopdar terus berlanjut hingga unit YZF  R15 datang dan animo pengguna YZF R15 di kota Bandung dan sekitarnya semakin meningkat untuk bergabung dalam club ini.

R15 Bandung terbentuk atas dasar keinginan untuk mendirikan wadah bagi para pemilik motor YZF R15 di Bandung dengan tujuan  membangun persatuan dan persaudaraan dengan sesama pengguna YZF R15 khususnya dan club motor lain pada umumnya.

“Menjadikan suatu komunitas yang dapat memberikan contoh baik dalam berkendara dan menjadi pelopor taat lalu lintas. Lalu,  Meningkatkan prestasi pemuda dalam bidang otomotif,” tambah Riyansyah.

Tujuan lain adalah merekatkan nilai-nilai kesetiakawanan dikalangan pengguna YZF R15 dan club-club lain yang ada di kota Bandung serta aktif ikut serta menjaga stabilitas dan keamanan masyarakat.

“Kami juga bertujuan membangun masyarakat yang menjungjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Mengadakan kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti halnya bakti sosial, pelatihan, sosialisai keamanan berkendara dan kegiatan positif lainnya. Apalagi, jika bisa membangun usaha bersama untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat,” harap Riyansyah.


Nama R15 Bandung dipilih atas dasar musyawarah member awal atau biasa  disebut el fundador (pendiri) yang berjumlah 8 orang. Selanjutnya nama R15 Bandung beserta logo  didaftarkan kepada YRFI untuk selanjutnya diketahui bersama bahwa club motor YZF R15 yang berada di kota Bandung dan sekitarnya bernama R15 Bandung.


^_^

Referensi:  http://www.yamaha-motor.co.id