Friday, October 31, 2014

Beginilah Rumah Para Penulis Novel Best Seller

Rumah bagi sebagian orang tak hanya sekadar tempat tinggal, tapi bisa merangkap kantor. Contohnya bagi penulis novel. Tak heran jika banyak rumah penulis novel tampak indah karena harus bisa mengundang inspirasi dan mendukung ketenangan saat menulis.

Dari beberapa sumber di Internet, saya merangkumnya di postingan ini. Untuk apa? Saya harap kejeahteraan penulis di Indonesia terus meningkat sehingga bisa memiliki rumah seperti para penulis ini.

Stephen King

Seperti genre yang ditulis, rumah di kawasan Bangor, Maine, Amerika Serikat ini tampak horror dari luar. Apalagi bila melihat pintu pagar sarang laba-laba beserta dekorasi kelelawar.  Tapi jangan salah, karena rumah ini saat dibangun pada 1856 saja sudah 7.000 dollar AS. Harga sekarang tentu jauh lebih mahal.



Anne Rice

Penulis Interview with The Vampire  ini pernah tinggal di First Street, New Orleans, AS tapi kemudian pindah karena merasa dihantui setelah menulis The Witching Hour.  Walaupun penulis horror, Anne Rice memilih tinggal di rumah yang tidak semenyeramkan Stephen King. Harga rumahnya  3 juta dollar AS dengan enam kamar dan tujuh kamar mandi. Unik juga kamar mandinya lebih banyak.



Danielle Steel


Penulis kisah-kisah romantic ini memilih rumah bergaya baroque di Pacific Heighs yang dikenal sebagai preckel Mansin. Rumah besar itu dibangun pada tahun 1911 dan memiliki9 kamar. Rumah Danielle Steel kedua juga terbilang luas di kawan San Fransisco, AS.



J.K Rowling

Ini adalah rumah lama penulis Harry Potter yang tersohor, J,K Rowling,  di Edinburgh, Inggris yang dijualnya seharga 3,6 juta dollar AS. Tentu saja setelah kaya raya Rowling memutuskan menempati rumah baru. Dia bahkan dikabarkan membeli rumah liburan di Tasmania seharga jutaan dollar meskipun menampiknya.



Setelah tahu rumah para penulis novel best seller ini, saya penasaran juga dengan rumah penulis novel laris di Indonesia seperti Andrea Hirata hingga Dewi Lestari. Satu-satunya rumah penulis novel best seller nasional yang saya pernah kunjungi adalah kediaman penulis Ayat-Ayat Cinta Habibburahman Elshyrazi di Salatiga, Jawa Tengah. Rumahnya besar dan sangat nyaman untuk dikunjungi.