Friday, December 5, 2014

Inilah Benda Paling Berbakteri di Kamar Hotel






Dulu saya mengira paling banyak bakteri atau kuman-kuman di kamar hotel adalah tempat tidur atau benda-benda sekitar  toilet. Ternyata  bukan. Hasil penelitian menyebutkan remote TV. Bakteri yang ada di remote TV biasanya menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan infeksi Staph yang disebabkan bakteri staphylococus.

BBC Travel menyebutkan hasil sebuah survei bahwa remote adalah benda yang paling banyak bertahtakan bakteri. Bahkan sebuah survei pada tahun 2012 menyebutkan, kamar hotel menciptakan 67,6 unit pembentuk koloni bakteri per sentimeter. Sedangkan standar rumah sakit adalah 5 unit. Lantas bagaimana kita bisa terhindari penyakit yang bisa disebabkan makluk menyebalkan itu?

  • Gunakan kantong plastik, dan bungkuslah remote TV jika ingin menyalakan dan memindah-mindahkan saluran menggunakan remote TV.
  • Cari hotel yang memungkinkan kita menggunakan smartphone sebagai pengganti remote TV. Banyak aplikasi smartphone yang bisa dijadikan remote TV.
  • Bersihkan remote dengan tissue antibakteri jika tidak mau repot menggunakan plastik ataupun smartphone.
  • Lebih baik lagi, cobalah pemutih atau alkohol. Ini mungkin terdengar ekstrim, tapi spesialis pengendalian infeksi mengatakan yang terbaik untuk membersihkan remote dengan sesuatu selain tisu antibakteri.
  • Tentu saja yang terbaik adalah tidak menonton TV. Apalagi jika ke hotel untuk liburan. Untuk apa nonton TV. Bersenang-senanglah di luar sana.

Terlepas dari cara yang kita lakukan, maka mencuci tangan setelah memainkan remote TV hotel hingga bersih adalah yang terbaik. 

Oh iya, selain remote TV, ada juga sarang bakteri yang kerap luput dibersihkan pihak hotel, yakni remote AC dan tombol lampu. Eh, tapi jangan karena tulisan ini, kita jadi membatalkan bookingan hotel. Yang penting kita berjaga-jaga saja.