Sunday, May 10, 2015

Buku Ini Ditarik Karena Memuat Puisi Sadis Anak 10 Tahun

Ilustrasi puisi yang sadis. (Foto: Soompi.com)




Sebuah buku kumpulan puisi, apalagi yang ditulis anak-anak, biasanya berisi keindahan dan keceriaan. Tapi tidak dengan buku berjudul A Single Dog dari sebuah penerbit Korea Selatan. Buku ini memuat sebuah puisi anak 10 tahun yang menggambarkan cara makan daging seorang ibu.

Buku dari Penerbit Chulganil itu terbit 30 Maret lalu. Dan dalam waktu cepat menuai kritik banyak orangtua yang membacanya, terutama puisi anak 10 tahun yang memakan daging ibunya. Apalagi, seperti dilansir upi.com, disertai ilustrasi gadis perempuan bersimpuh di dekat genangan darah sambil menggigit jantung manusia.

Puisi yang ditulis oleh Lee itu berjudul ‘Pada suatu Hari Kamu Tidak Ingin Pergi ke Hakwon’.

Kim Suk Boon, dari pihak penerbit, menjelaskan jika puisi itu tidak diedit karena merupakan sebuah karya ’seni’.  Tapi setelah mendapat keluhan dari banyak orangtua, penerbit  segera menarik dan menghancurkannya pada 6 Mei lalu. bahkan buku online pun akan segera dicabut peredarannya.

Di dalam buku kumpulan puisi itu juga terdapat puisi yang menceritakan seorang gadis yang ibunya dimakan oleh boneka berpisau.

Saya sendiri sebagai seorang editor buku yang  menerima naskah dari anak-anak, kerap juga kaget, karena di beberapa karya-karya mereka kadang terselip hal-hal sadis. Saya jadi bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa menuliskan hal tersebut. Apakah karena pengaruh tontonan? Atau justru bacaan?

Yang jelas, saya tidak pernah menerbitkan buku kumpulan puisi anak-anak dengan konten sesadis itu. Apapun alasannya. Masih banyak hal ’seni’ lainnya yang bisa ditulis anak-anak, tanpa harus membuat jantung orangtua tersentak kaget.