Tuesday, May 26, 2015

Inilah Benda Paling Sering Dicuri Tamu Hotel



Jenis tamu hotel memang beragam karakter dan tidak selalu seperti yang terlihat. Bukan berarti yang berpakaian rapi, tidak memiliki karakter buruk.  Hal ini bisa dibuktikan dengan perilaku tamu di hotel-hotel berbintang yang ternyata di luar dugaan. Mereka boleh dikatakan pencuri karena mengambil barang di hotel yang bukan milik mereka.

Ada beberapa barang yang memang sering dibawa tamu. Katakanlah alat-alat mandi seperti sabun, shampoo dan sejenisnya. Atau juga sandal hotel yang sudah sering dianggap souvenir dari hotel. Walaupun sebenarnya tidak ada ketentuan tamu hotel boleh membawa barang-barang tersebut ke luar hotel.

Saya sendiri kerap membawa toiletries dari hotel. Sebagian besar saya sumbangkan kepada orang yang saya anggap perlu diberikan barang-barang tersebut di perjalanan. Nah, barang-barang lain yang juga jadi incaran tamu hotel  ternyata cukup mengejutkan.

Handuk



Ya, ternyata handuk menjadi barang terbanyak diincar tamu hotel untuk dibawa pulang. Apalagi handuk-handuk-handuk di hotel berbintang lima biasanya berkualitas snagat baik. Belum lagi orang selalu menginginkan semacam kenang-kenangan yang ada merk hotel tersebut. Biasana di handuk kita bisa menemukan nama hotel.

Saya jadi ingat beberapa  belas tahun silam, dalam satu acara piknik bersama rombongan. Bus kami yang mau pulang dicegat pemilik hotel karena ternyata ada lima handuk yang hilang. Akhirnya, mengakulah sejumlah orang yang mengambil handuk. Entah apa alasannya. Sebab dibilang tidak mampu beli handuk, jelas nggak mungkin.

Saya ingat di beberapa hotel biasanya disediakan pula list harga barang-barang hotel seperti handuk, sprei, asbak dan sebagainya. Sehingga jika tamu hotel  hendak memilikinya harus membayar seharga yang tertera.

Saat ini beberapa hotel berbintang lima mulai memasang sebuah chip di handuk mereka. Sehingga, setiap kali handuk itu di bawa keluar kamar akan terdeteksi di lift/elevator. Sinyalnya akan diterima oleh staf hotel.

Batere

Mungkin terdengar sangat sepele. Tapi benda seperti remote TV dan AC paling sering hilang dicuri tamu hotel. Belakangan remote AC malah dibuat menempel permanen di dinding.

Ada yang cukup mengejutkan, karena mungkin remote mudah dideteksi room service saat memeriksa kamar begitu tamu chec out, maka yang menjadi incaran berikutnya adalah batere remote. Benda yang relatif kurang berharga, tapi entah mengapa jadi pilihan untuk dicuri.

Mungkin Anda bisa memberi tahu alasannya?

Pajangan Seni



Benda-benda pajangan tertentu yang artistic kerap menjadi sasaran pencurian tamu hotel. Bisa dimaklumi jika benda itu memang menarik dan tampak mahal. Apalagi kalau benda pajangan itu nilai seninya sanga tinggi.

Belakangan ini saya jarang sekali melihat benda pajangan di hotel, kecuali berebentuk vas bunga. Itu pun modelnya stanart. Saya bisa hitung kerugian yang ditanggung pihak hotel jika dalam sebulan kehilangan 20 benda pajangan saja.

Figura



Biasanya hotel-hotel yang bertema seni menempatkan beberapa lukisan di kamarnya. Ada yang besar dan kecil. Lukisan kecil cendrung mengundnag tamu hotel untuk menyelipkannya di koper. Kadang, ada juga ayang hanya mengambil frame/figuranya saja. Untuk apa? Entahlah.

Saya melihat memang hotel-hotel bertema seni menempelkan lukisan dengan figura yang tampak berseni  dan mahal. Itulah mungkin yang jadi daya tarik.

Pisau



Tentu saja pisau ini tidak diambil dari kamar hotel. Tamu hotel biasanya mencuri pisau saat sarapan. Dia menyelipkan pisau (atau mungkin lainnya) di tas kecil yang dibawa secara diam-diam tentunya. Maklum, biasanya peralatan makan di restoran, apalagi berbintang empat atau lima, tampak mewah dengan bahan perak. Apalagi jika ada gravir di gagangnya.

Memang agak sulit mendeteksi pencuri pisau kalau tidak dengan CCTV, terutama saat ramai. Apalagi, tidak jarang tamu hotel mencuri peralatan makan bukan yang ada di mejanya. Tapi meja di sekitarnya.


Masih banayk benda lain yang menjadi sasaran pencurian, dan mungkin agak tidak masuk akal. Misalnya kita suci di laci, buku di perpustakaan hotel, tirai kamar, namun itulah yang dilaporkan telegraph.co.uk dari hasil surveinya.

foto-foto:telegraph.