Thursday, May 21, 2015

Lima Souvenir Favorit Traveler




Belum lengkap jika bepergian, apalagi ke luar negeri, tanpa membeli cendera mata. Masalahnya, uang di dompet kadang kurang cukup, ditambah waktu untuk membeli cendera mata terkadang tak ada.  Selain barang khas setempat, ada juga cendera mata yang mainstream yang ada di semua tempat, dan biasanya murah meriah.

Saya sendiri sebenarnya bukan tipe yang suka beli oleh-oleh. Malah kadang lupa. Alhasil, harus membeli dengan harga mahal di airport. Apa boleh buat.

Gantungan Kunci




Gantungan kunci souvenir dari luar negeri beraneka ragam bentuknya. Ada yang berbahan metal, ada pula yang campuran dengan kulit, plastik, dan kaca. Gantungan kunci juga ada yang berbentuk seperti landmark negara tersebut, lambing negara, foto bendera, atau sekadar tulisan. Ada juga gantungan kunci yang berbentuk gunting kuku. Hati-hati jangan dibawa ke pesawat karena akan disita. Apalagi yang ada pisau lipatnya, meskipun kecil.

Sekarang kebanyakan gantungan kunci dari berbagai negara bentuknya mirip. Bisa dipastikan gantungan kunci itu berasa dari Tiongkok, waluapun nantinya dijual di Eropa. Jika tak sempat membeli di dalam kota kita berjalan-jalan, kita biasanya bisa juga membelinya di airport.

Snow Globe

Snow globe belakangan mulai jadi incaran para traveler untuk dileksi. Bentunya cantik, belum lagi ‘salju’ yang turun ketika bola Kristal di balik. Biasanya di toko souvenir tersedia berbagai macam ukuran. Dari yang paling kecil hingga besar.

Harus diingat saat membeli snow globe adalah tempat untuk membawanya. Pastikan cukup untuk snow globe karena biasanya ada kotaknya, dan ini memakan tempat di koper. Usahan pula dibungkus plastik agar tidak bocor airnya jika terjadi kemungkinan pecah.

Sebiknya snow globe diklokesi saat pergi ke negara-negara bersalju saja. Sebab saya lihat ada beberapa snow globe dijual dari negara-negara topis. Dibandingkan gantungan kunci, harganya juga lebih mahal. Jadi biasanya hanya orang-orang terdekat saja yang mendapatkannya.

Biar tidak menyesal, sebaiknya perhatikan juga materi alasnya. Juga lebih jeli memilih diorama di dalam bola kacanya.

Piring Hias

Piring hias untuk souvenir juga bermacam-macam ukurannya. Biasanya disertai tripod penyangga agar bisa berdiri tegak saat dipajang di lemari atau di meja. Bahannya juga bermacam-macam, dari perak hingga keramik.

Harga piring hias ini tergantung ukuran dan bahannya. Makin ebsar tentunya makin mahal. Makin bagus materialnya juga makin malah.

Piring hias biasanya ada yang hanya bergambar saja, ada pula yang bertekstur. Kadang ada yang tidak disertai warna. Belum tentu yang berwarna lebih menarik. Pertimbangan unsure seni ketika membelinya. Bayangkan pula ketika dipajang di rumah saat membelinya.



Stiker Magnet

Stiker magnet atau ada juga yang menyebutnya magnet kulkas sedang menjadi trend di kalangan traveling. Biasanya mereka akan menempelkan pintu kulkas mereka dengan magnet ini. Jenis magnet kulkas ini beraneka rupa. Yang murah biasanya hanya tempelan kertas dengan foto. Ada pula yang terbuat dari logam. Yang unik tentu saja jika membentuk kekhasan tertentu dari negara yang kita kunjungi. Misalnya tuk tuk kalau di Thailand.

Magnet kulkas kadang juga memiliki fungsi lain. Salah satunya adalah pembuka botol. Cuman, hati-hati dengan kebiasaan mencabut dan menempel di lemari kulkas karena bisa saja membuat pintu kulkas jadi lecet.

Magnet kulkas ini banyak peminatnya dan sangat sering dijadikan souvenir traveler karena mudah membawanya dan tidak makan tempat di bagasi.

Patung Kecil


Patung kecil untuk hiasan ataupun boneka sering pula diburu traveler saat mencari souvenir. Intinya sih cari yang bisa buat pajangan tapi bentuknya imut sehingga tidak menghabsikan tempat. Apalagi kalau harganya murah.

Patung atau boneka dekorasi ini dijual di banyaka negara, terutama yang memiliki seni budaya boneka yang kuat, misalnya Jepang dan China. Kalau di Indonesia misalnya wayang.


Bagaimana kalau sudah membeli souvenir dari luar negeri tapi jumlahnya kurang. Karena, ternyata ada saudara yang diperkirakan tidak minta malah nagih. Tenang saja. Kalo warga Bandung cukup pergi ke BTC di jalan Pasteur. Di sana dijual beraneka souvenir dari mancanegara, termasuk benda-benda di atas.  Gampang, kan?



Foto-foto: Benny Rhamdani