Wednesday, May 13, 2015

Tips Memotret di Pameran Mobil untuk Pemula


Susah-susah gampang berburu foto di pameran mobil. (Foto: Benny)


Saya sering mendatangi pameran mobil di Jakarta. Bukan untuk membeli mobil. Melainkan untuk memotret atau mengulasnya di blog saya. Saya bukan potografer otomotif professional, tapi saya pernah menjadi juara  lomba memotret di pameran mobil. Meskipun saya sudah berulang-ulang memotret tetap saja saya merasa tidak puas.

Saya akhirnya berusaha membaca beberapa referensi, dan mungkin ini intisari terbaik tips memotret untuk pemula yang akan coba-coba memotret  di pameran mobil. Siapa tahu berguna.

Lensa

Hindari lensa di atas 70mm  karena akan sulit mengambil  seluruh mobil.  Cobalah  gunakan lensa standar  lensa 17-55mm. Kita bisa saja  menggunakan Ultra Wide Angle 10-22mm, tapi ingat UWA ini akan mendistorsi mobil sampai sekitar 15mm. Kecuali kita menginginkan efek  seperti 'fisheye' efek.

Saran terbaik juga adalah menggunakan lensa yang mampu mengurangi getaran seperti Canon EF-S17-55mm IS USM, yang menjadi  lensa favorit  para fotografer untuk pemotretan pameran mobil di dalam ruangan. Dengan dimikian memungkinkan kita mengambil gambar yang tajam di shutter dengan sangat lambat tanpa harus memakain  tripod. Lumayan ribet kalau harus menenteng tripod di acara penuh keramaian orang itu.

Polarisasi

Perlu dipikirkan polarisasi. (Foto: Benny)


Biasanya, di acara pameran mobil  banyak sorot lampu yang diarahkan pada mobil, ini memberikan refleksi yang tidak diinginkan, sehingga kita  perlu menggunakan filter polarisasi untuk mengatasi ini.

Kita kemungkinan besar tidak dapat menghapus semua refleksi yang diambil di acara-acara dalam ruangan, tetapi dapat melakukan upaya yang maksimal.  Satu trik yang bisa dilakukan adalah  adalah menembak dua atau lebih berikutnya dari mobil yang sama, tetapi dengan filter di berbagai sudut.

Pengaturan kamera

Pengaturan apa yang harus kita gunakan untuk memotret mobil di  pameran mobil di dalam ruangan ? Itu semua tergantung pada lingkungan dan tingkat cahaya di dalam gedung.

Shutter speed dengan lensa normal dan tidak ada tripod tetap antara 1/60 dan 1/125, terutama jika ada model, lebih rendah dan berisiko dia akan memiliki motion blur di tembakan akhir.

Jangan berpikir diam di iso 100, biasanya gunakan iso antara 400 dan 800, kadang-kadang bahkan hingga 1600 untuk mencapai kecepatan rana yang layak.  Semakin tinggi iso, tentu saja lebih berisiko kekacauan di foto kita.

Untuk menembak memerlukan pengaturan aperture  5,6-8,0 tergantung pada ukuran mobil. Tembakan sisi penuh bisa dilakukan pada 2,8 Namun, sehingga sangat berguna untuk memiliki lensa cepat di pameran mobil.  Juga cobalah beberapa tembakan di 50mm dengan aperture 2,8.

Panjangkan  fokus saat  berada di pameran mobil, sehingga memungkinkan kita menggunakan pengaturan seluas mungkin, 17 atau 18mm adalah yang paling umum digunakan.  Jangan menggunakan lensa zoom, tapi tidak begitu praktis di pameran mobil.

Persiapan adalah Segalanya

Luangkan waktu untuk memantau situasi. (Foto: Benny)


Datanglah lebih awal agar tidak terlalu berkerumun banyak orang. Coba telususi tata letak pameran , dapatkan daftar ini  pintu masuk pameran dan rencanakan trip memotret dengan hati-hati. Luangkan waktu untuk memperhitungkan posisi memotret. Dengan cara inikita  dapat berkonsentrasi mendapatkan gambar yang benar-benar penting dan menghabiskan sisa hari mencari kesempatan untuk membuat beberapa tembakan lagi.

Jaga Attitude

Selalu tetap sopan di acara pameran mobil.  Ingat tidak hanya kita saja yang sedang  hadir di acara pameran mobil tersebut. Jangan membuat kesalahan  dengan membawa sekantong plastik brosur ketika memotret di pameran mobil. Apalagi mencoba memotret mirip seperti di brosur.

Terkadang ada area terlarang. Cobalah minta izin kepada sales marketing.

Tarik Model

SPG menghalagi? Jadikan model. (Foto: Benny)


Pada semua  acara pameran mobil kerap tersedia model  atau SPG di sekitar mobil  yang ingin dipotret. Namun, kadang kita ingin memotret mobil tanpa model. Cobalah untuk dengan sopan meminta kepadanya untuk sedikit bergeser. Jika dia keberatan, kita bsia menunggu pada jam-jam tetentu, biasanya ada pergantia atau jam istirahat.

Memang kita  datang untuk memotret mobil, tapi  apa salahnya mengambil beberapa gambar dari wanita-wanita ini bersama mobilnya?

Bawa Tripod

Ada saat-saat ketika kita tidak bisa mendapatkan kecepatan rana yang layak, bahkan tidak dengan lensa stabil, sehingga mau tak mau harus  menggunakan tripod.

Kebanyakan orang melihat mobil dari sudut yang lebih tinggi sepanjang waktu, sehingga kita harus mencari gambar yang berbeda, sudut ketinggian rendah m, dan kita dapat menggunakan tripod kecil yang menyenangkan. Sebuah tripod rendah memiliki beberapa keuntungan, sangat ringan, tidak mengambil terlalu banyak ruang jika tidak digunakan dan membutuhkan pijakan yang relatif kecil untuk mengatur ketika ingin menggunakannya.

Berhati-hati membawa tripod di bahu atau ransel . Jangan sampai tidak sengaja menyakiti seseorang ketika berbalik, atau lebih buruk, merusak sebuah mobil  sangat mahal.

Flash


Beberapa orang tidak akan pernah menggunakan flash pada pameran mobil di dalam ruangan. Sebenarnya kita bisa memakainya  tetapi tidak membanjiri mobil dengan cahaya melainkan untuk menghalau beberapa bayangan dan bagian gelap mobil .

Selamat mencoba.