Saturday, June 27, 2015

Begini Cara Belanja Pakaian Anak Tanggung




Saya punya anak cowok yang masih duduk bangku SD. Tapi karena badannya bongsor, kami orangtuanya tidak bisa lagi belanja pakaian di tempat anak-anak. Tapi bukan berarti dia mau memakai baju di floor remaja dengan mudah. Apalagi floor dewasa.

Setelah beberapa kali mengalami kesulitan, akhirnya kami menemukan beberapa tips agar belanja pakaian untuknya tidak lagi buang waktu.Apalagi menjelang lebaran begini. Tempat belanja ramai, barang bisa diambil orang duluan kalau lama dipikirkan.

Diskusi Sebelum Belanja dengan si anak adalah perlu. Misalnya pakaian seperti apa yang diinginkannya. Baik itu modelnya, jenisnya, sampai warnanya. Berikan masukan agar dia tidak bertahan di satu pilihan, tapi mau fleksibel dengan banyak pilihan jika pilihannya tidak ditemukan. Anak tanggung bukan lagi anak-anak biasa, mereka sudah punya pendapat dan bisa diajak berargumentasi.

Jangan Paksakan si anak memakai baju terlalu remaja, apalagi dewasa, hanya demi memenuhi kriteria ukuran yang pas dengan tubuhnya. Atau hanya karena si anak harus belanja di mal yang sedang diskon.  Ingat, usia mereka sebenarnya masih anak-anak. Kadang sebagai orangtua juga harus mengerti trend yang sedang digandrungi anak-anak tanggung seperti anak kita. Misalnya saja, belum lama ini anak saya tergila-gila dengan anime, maka cara yang paling mudah adalah bertandang langsung ke outlet pakaian yang punya banyak koleksi model anime.


Jangan Malas Mencoba pakaian yang akan dibeli. Biasanya anak-anak tanggung sedikit berulah. Mereka inin nomor yang agak besar, tapi sebenarnya tidak pantas dilihat. Tetaplah meminta anak-anak untuk mencoba pakaian yang akan dibeli. Biasanya memang anak tanggung dalam masa pertumbuhan yang sangat cepat. Jadi ada baiknya memilih ukuran yang sedikit lebih besar ketimbang yang pas. Apalagi jika akan dipakai satu atau dua bulan kemuka.


Libatkan Anak untuk memilih agar mereka belajar bertanggung jawab dengan pilihan mereka. Bahkan kalau perlu yakinkanlah bahwa si anak tidak akan menyesal dengan baju yang akan dibeli.

Selamat belanja untuk anak tanggung Anda. Jangan lupa , rencanakan belanja dengan cermat ya.


Foto2: Benny Rhamdani