Sunday, June 14, 2015

Manfaat Kolak Pisang untuk Kesehatan



Salah satu hidangan yang kerap disajikan di meja makan saat ebrbuka puasa adalah kolak. Dan dari sekian jenis kolak di Indonesia, yang paling popular dan mudah ditemukan adalah kolak pisang. Bisa jadi karena mudah pembuatannya, dan juga besar manfaatnya.

Para pakar gizi menyebutkan, di dalam buah pisang banyak sekali  terkandung bahan-bahan yang snagat dibutuhkan tubuh manusia, seperti kalsium, lemak, kalium mineral, vitamin, karbohidrat, serta protein. Namun demikian harus juga diperhatikan, misalnya untuk ibu hamil.

Pisang mengandung asam folat yang juga diperlukan janin buat tumbuh kembangnya di dalam perut ibu hamil. Satu buahpisang mengandung 800 - 1.000 kalori. Oleh karena itu seorang ibu hamil sebainya hati-hati  mengonsumsi pisang. Jangan terlalu berlebihan

Satu buah pisang mengandung sekira  500 mg kalium. Dengan kandungan kalium sebesar ini, pisang akan membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga ekuilibrium cairan di dalam tubuh orang yang  mengonsumsinya.  Jadi untuk penderita hipertensi seperti saya, makan kolak pisang ini cocok banget.

Di bulan puasa, biasanya beberapa penderita maag sangat cemas. Tenang , pisang merupakan  alternatif pengobatan murah, namun sangat bermanfaat.  Jadi aman-aman saja, dan malah disarankan buka puasa pakai kolak pisang nih. Manfaat pisang buat asam lambung sudah teruji  di berbagai penelitian.

Nah buat yang menderita anemia juga nggak perlu khawatir di bulan puasa. Ternyata  pisang pun bisa dikonsumsi buat mengatasainya kok.. Pisang mampu merangsang tubuh buat meningkatkan produksi hemoglobin. Jika hemoglobin meningkat, maka masalah kurang darah pun akan teratasi.

Banyak orang malas makan kolak pisang  saat puasa karena katanya bakal sembelit. Itu mitos. Salah satu kegunaan pisang justru buat mencegah sembelit. Pisang mengandung serat nan tinggi dan berguna buat menetralkan kerja fungsi pencernaan.

Buat blogger atau pekerja kreatif yang biasanya moodnya menurun di bulan puasa nih, makan saja kolak pisang.  Pisang mengandung protein tryptophan. Protein ini bisa berubah  menjadi serotonin yang berguna  buat memperbaiki mood, menjadi lebih rileks.


Nah, jadi kalau di mana-mana ada yang menyodorokan kolakpisang buat buka puasa, jangan ditolak ya. Jangan bilang bosan. Masak mau sehat bosan sih? Yang penting jangan berlebihan. Juga hindari terlalu banyak kuah santannya atau gulanya. Fokus sama pisangnya.

Foto: Benny Rhamdani