Thursday, July 2, 2015

Roti Isi Bakso Ayam Sebagai Alternatif Sahur





Sejak awal puasa tahun ini, saya mencoba bertahan tidak makan nasi putih. Bukan untuk diet, tapi belajar menikmati alternatif karbohidrat dari bentuk makanan lainnya, seperti kentang atau roti. Kadang isteri saya agak bingung mencarikan makanan karbohidrat untuk saya berbuka puasa dan sahur. Tapi saya selalu meyakinkan isteri saya, biar nggak repot belikan roti tawar atau roti isi saja.

Belum lama ini saya menerima paket yang dititipkan satpam komplek. Ketika dibuka isi paket berlabel Creme31 itu adalah roti isi bakso ayam dan pia durian. Karena paket itu diantar malam hari saat sekeluarga sudah berbuka puasa, kami memutuskan menyimpannya dulu.

Saya kemudian menyarankan agar roti itu disajikan untuk sahur saja.

Nah, saat sahur saya pun menyantap roti isi baso ayam tersebut. Cukup dua potong karena saya juga harus mengombinasikan dengan hidangan sayuran dan buah yang disediakan isteri saya. Mneurt saya itu sudah cukup menyenangkan untuk sahur. Malah pas karena ukuran rotinya tidak terlalu besar.

Rasanya menurut sama dengan roti-roti dengan brand ternama. Sedangkan isi bakso ayamnya menurut saya hampir menyerupai isi bakpau ayam yang sering saya makan, hanya teksturnya lebih menyerupai isi bakso.

Mungkin yang belum terbiasa dengan isi roti daging ayam akan sedikit aneh karena isinya kurang kering. Tapi lama kelamaan bisa merasakan sensasi kelezatannya, dan bikin pengen menyantap satu potong roti lagi.

Isteri dan putra tunggal saya pun ikut mencicipi roti isi bakso ayam dan menyukai sensasi rasanya. Dan sekarang beraneka jenis makanan kan sudah bisa pesan ke toko kue online jadi nggak perlu pusing mikir berangkat membelinya.


Anak saya malah ikut menghabiskan pia durian yang dikirim. Saya sendiri tidak makan pia durian lantaran mengikuti anjuran dokter agar tidak lagi mengonsumsi durian. Jika tidak dilarang, mungkin saya akan berebutan dengan anak saya.Sebab kata anak saya, rasanya enak pake banget.


Kandungan Gizi Roti Bakar Isi Bakso Ayam

Daging Ayam merupakan sumber protein tinggi,  sangat diperlukan bagi sejumlah fungsi penting dalam tubuh. Protein juga penting guna mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain kaya protein, daging ayam juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Ayam banyak mengandung vitamin B6, yang yang diperlukan tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, lemak dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayam bisa memberikan kita hampir 36% dari seluruh kebutuhan harian vitamin B6.

Nah, saya juga membuktikan sahur dengan roti isi bakso tidak membuat badan saya lantas lemas siang harinya. Saya masih bisa beraktivitas seperti biasa. Jadi semisalnya sedang bepergian dan khawatir telat sahur atau sulit mencari makan sahur, sebaiknya sediakan saja roti isi bakso ayam ini. Cukup kok. Yang penting jangan lupa juga minumnya :)