Tuesday, August 18, 2015

Guru Cantik Ini Mengajar 70.000 Murid Gratis




Minatnya  untuk mengajar membuat Roshni Mukherjee berhenti dari pekerjaannya dan mulai sekolah virtual di mana dia mengajar ribuan siswa di seluruh India.  Roshni mengajar Sains dan Matematika di saluran YouTube, dan telah memiliki lebih dari 70.000 pelanggan.

Roshni merupakan pemegang gelar Master di Fisika. Dia meluncurkan ExamFear.com, sebuah platform online di mana dia mengajar siswa dari kelas 9 sampai 12. Sampai sekarang Roshni telah membuat sekitar 3.900 video, mencakup  pelajaran  Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi.

"Hanya semangat  yang membuat saya mulai ExamFear. Saya menemukan  banyak sekolah yang menawarkan pendidikan berkualitas tapi sangat mahal. Sementara sekolah-sekolah yang lebih murah biasanya tidak memiliki kualitas pendidikan yang baik. Jadi saya ingin datang dengan platform yang bisa mengatasi masalah ini dan membantu siswa yang tidak mampu membayar uang sekolah," kata Roshni.

Roshni pernah bekerja dengan bergabung  di sebuah perusahaan multinasional untuk mendukung ekonomi keluarganya. Hal itu dikarenakan ayahnya yang jadi tulang punggung keluarga meninggal mendadak. Tapi dia tidak bisa menekan keinginannya yang terdalam. Roshni kemudian mulai membuat ExamFear saat bekerja penuh waktu di pekerjaan multinasional itu.

"Pekerjaan itumembuat saya sangat sibuk. Saya  harus bekerja enam hari dalam seminggu. Dan saya baru bisa membuat video di malam hari atau pada hari Minggu," tutur Roshni.

 Roshni kemudian mengambil keputusan berhenti dari pekerjaannya, dan menggarap ExamFear penuh waktu  karena  jumlah penonton videonya tumbuh. Roshni menjadi lebih percaya diri  dengan usahanya. Dia biasanya mengupload satu video sehari dan tidak pernah lupa untuk melihat  komentar dan membalas setiap pertanyaan atau masalah  siswa. Dia selalu berusaha  menghubungkan teori Sains dan Matematika  dengan  contoh kehidupan nyata  agar lebih mudah untuk dimengerti.

Roshni ingin mulai juga membuat video untuk siswa kelas 6-8. Seiring dengan ini, dia juga berencana untuk membuat video belajar bahasa Inggris dasar. Roshni Mukherjee berharap bahwa videonya mencapai lokasi terpencil di India, sehingga siswa yang tidak memiliki akses ke pendidikan yang baik dapat mengakses melalui videonya.