Thursday, September 24, 2015

Alert Status, Band Pelipur Pasukan Perdamaian Indonesia di Lebanon




Tembang hits All of Me milik John Legend berkumandang di sudut  kota Litania, Lebanon. Lebih dari 350 anggota Kontingen Garuda di Lebanon terhanyut oleh lantunan suara vokalis band bernama Alert Status. Beberapa dari mereka  langsung teringat orang-orang yang dicintai di Indonesia.

Siapakah para personel Alert Status ini? Tenyata mereka adalah para anggota Pasukan Perdamaian PBB di Lebanon juga. Band ini dibentuk oleh Serka Tedy Ardyan Syah (Csgt) yang biasanya berdinas di Ajudan Jenderal Divif 2/Kostrad Singosari, Malang, Jawa Timur. Inisiatif datang dari Komandan Kontingen Garuda XXIII-i Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P.

Pada 28 Juli lalu akhirnya terbentuknya band dengan personel Anto Cepi (vokalis) dari Diskesau Mabes AU Cilangkap Jakarta,  Serda Keu/W Mega Kayadu (vokalis) dari Kolinlamil TNI AL, Janu Dwi Prasetyo (gitar) dari 412 Raiders Purworejo TNI AD,  Cahyo Seto (keyboard)   412 Raiders Purworejo TNI AD, dan Serka Tedy Ardyan Syah (gitar).

"Group band kami memang unik karena merupakan gabungan tiga matra TNI, yakni AD, AL, dan Au," tutur Anto Cepi, sang vokalis seusai pentas di malam peringatan HUT TNI AL ke70 beberapa hari lalu.

Ada hal unik lain tentang nama band ini.  "Kami awal nya belum punya nama apapun saat di panggung," jelas Anto Cepi yang sudah pernah merilis album rekaman ini.

Lalu, mereka teringat istilah 'Alert Status' yang sudah menempel di setiap anggota Pasukan PBB. Isilah itu menjelaskan  status atau tingkat kerawanan suatu keadaan di wilayah konflik. Ada status aman, rawan terkendali, hingga rawan,genting.

"Nah, karena bingung nggak punya nama band dan pada saat itu  MC nanya  nama band kami, akhirnya tercetus nama ALERT STATUS," tambah Anto Cepi.




Dalam hal ini, Alert status bisa diartikan tanggap dalam tugas maupun berkreasi di bidang musik. Ternyata nama itu malah jadi gampang diingat oleh semua Kontingen Garuda. Malah kemudian, setelah tampil beberapa kali, nama band tersebut sangat melekat di sekitar Lebanon.

"Saat ini kami sudah tampil empat kali di acara resmi. Yang non formal sih sudah tidak terhitung, ungkap Anto Cepi.

Dan tentu saja mereka bangga, karena selain bisa menghibur sesama prajurit, aksi musik peremka juga disakiskan pejabat  Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Danny Koswara, COS MTF Kolonel Laut (P) Dato Rusman, serta para Komandan Satgas n Dan KRI SIM - 367.

Malam semakin larut. Lagu-lagu milik Adera, Noah, Sheila on 7, Dewa 19, Caffein, hingga Power Slaves pun dikumandangkan oleh Alert Status yang para personelnya memiliki akun instagram @anto_cepi, @tedy_midery, @cahyoseto, @megasilya, dan @jannu.prasetyo . Mereka tahu benar betapa para sesama prajurit perlu hiburan dan juga obat pelipur rindu.