Wednesday, January 20, 2016

Inilah Alasan Bisnis Apartemen Kian Marak



Seorang teman saya mendapat promosi kerjaan di Jakarta. Mulanya dia kebingungan karena kesulitan untuk mencari rumah. Tapi akhirnya dia memilih untuk sewa apartment yang berada tak jauh dari kantor barunya.

Tumbuhnya bisnis sewa apartemen harian di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia bukan tanpa alasan. Banyak faktor yang membuat apartemen di Indonesia menjadi sebuah rumah hunian paling diperhitungkan karena angka penjualannya selalu yang terbaik ketimbang jenis hunian lainnya. 
Bagaimana bisa sebuah hunian yang baru saja ada di Indonesia ini menempati posisi pertama mengalahkan rumah komplek yang awalnya menjadi primadona bagi masyarakat. Maka akan kita bahas faktor apa saja yang membuat tumbuhnya bisnisapartemen di Indonesia ini. 
Faktor utama yang membuat tumbuh pesatnya bisnis apartemen di Indonesia adalah ketersediaan lahan di kotabesar yang sudah lenyap. Dalam artian tidak ada lagi lahan strategis yang bisa digunakan untuk membangun perumahan sehingga masyarakat lebih memilih tinggal di gedung-gedung tinggi seperti apartemen ketimbang tinggal di perumahan yang jaraknya sangat atau cukup jauh dari lokasi mereka beraktivitas sehar-harinya. Faktor ini adalah faktor yang sumbangsihnya paling besar di kisaran 50% dari jumlah responden dalam survey yang dilakukan mengenai faktor-faktor pertumbuhan bisnis apartemen di Indonesia ini. 
Faktor lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah influence negara tetangga yaitu singapura yang begitu rapih tatakotanya dengan apartemen sebagai pusat hunian masyarakat di sana membuat Indonesia pun tertarik untuk mengadopsi hal serupa di sini dengan harapan tatakota di Indonesia pun bisa menjadi rapih pula seperti di sana.
Faktor lainnya yang membuat pertumbuhan bisnis yang satu ini begitu drastis adalah lahirnya masyarakat praktis di Indonesia ini yang memiliki sifat ingin hidup simple dan apartemen memiliki fasilitas itu seperti adanya pusat perbelanjaan beragam kebutuhan di sana sehingga para penghuninya tidak perlu repot berbelanja ke tempat lain. 
Pusat rekreasi yang juga ada sehingga segala sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat praktis ini bisa didapatkan hanya dengan menjadi penghuni sebuah apartemen di Indonesia tersebut. 
Ketiga faktor yang disebutkan tadi mulai dari lahan yang terbatas, lalu influence dari negara tetangga, dan yang terakhir lahirnya masyarakat praktis ini merupakan yang membuat bisnis apartemen di Indonesia pada hari ini masih terbilang sehat dan yang patut diperhitungkan.