Sunday, January 10, 2016

Lewat BMX, Kopassus Ganteng Ini Kampanye Antinarkoba



Melihat anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih menembak dengan pistol SigSaur maupun senapan MP5 sudah bukan hal yang aneh. Tapi melihat anggota Kopassus yang mahir memainkan sepeda BMX di jalanaan, masih langka ditemukan. Terkecuali bila melihat sosok Serda Rony Agung Pamungkas.

Pria kelahiran Jember, Jawa Timur,  7 Desember 1992, ini piawai beraksi dengan BMX. Tak sekadar menggowesnya, tapi juga melakukan atraksi dengan teknik kesulitan tinggi. "Saya sudah bermain BMX sejak tahun 2007," kata tentara ganteng yang tergabung di Kopassus Group 1 sejak tahun 2013 ini.

Keseriusannya membuahkan hasil dengan menggondol prestasi di dunia BMX. "Saya pernah meraih pemenang kedua BMX Competition di Surabaya pada tahun 2008 untuk kategori BMX street," kata Rony yang sempat  bergabung dengan  Komunitas NuclearNaked di Jember.

Saking cintanya dengan BMX, bahkan setelah menjadi anggota Kopassus pun Rony tetap menggelutinya. Di tempat tinggalnya sekarang di Serang, Banten, anggota tentara elit ini bergabung dengan komunitas BMX ZTFFBMX.






"Di komunitas saya bisa berbagi pengalaman dan bertukar pendapat. Saya dapat mengetahui perkembangan remaja sekarang. Ada beberapa remaja yang mulai terpengaruh narkoba. Saya coba mengarahkan kepada mereka untuk berpikir positif dan menjauhi narkoba, serta pergaulan bebas. Lebih baik menyalurkan energi mereka di komunitas seperti BMX karena lebih menyehatkan. Bersepeda itu olahraga yang dapat menyehatkan jantung," kata pria yang juga menguasai breakdance, skateboard dan parkour ini.

Untunglah Rony mendapat respon yang baik dari para remaja. "Materi yang saya berikan kepada mereka saya dapat ketika saya mendapat penyuluhan tentang narkoba di ke satuan. Jadi sedikit banyak saya tahu dampak penggunaan narkoba. Sangat fatal buat diri mereka sendiri dan masyarakat. Sejauh ini mereka merespon dengan baik," ujar Rony.


Ada satu alasan yang membuat Rony tetap menggeluti BMX, yakni hubungan BMX dengan statusnya sebagai anggota Kopassus. "Olahraga ekstrim, seperti BMX ini, mengasah mental menjadi semakin berani. Di Kopassus pun demikian jenis latihannya. Sehingga saya merasa mental saya lebih siap karena sering berlatih juga di BMX," tambah pemilik akun Instagram @roneypamungkaz ini.

Apakah BMX juga membuatnya berhasil mendapatkan tambatan hati?

"Hehehe .,. saya masih jomblo. Sedang mencari cewek yang aktif dan agak tomboy," tandas Roni.