Monday, February 29, 2016

Inilah Kriteria Penilaian Dewan Juri Ajang Body Contest




Saat mendatangi pameran buku di Jakarta Convention Center, saya pernah salah masuk ruangan. Ternyata di sana sedang digelar acara body contest. Di panggung kecil terlihat sejumlah peserta memamerkan tubuh berotot mereka. Sementara dewan juri mengamati mereka dengan serius.

Jujur saja saya bingung, bagaimana cara penilaian dewan juri kepada peserta. Akhirnya saya bertanya-tanya kepada penonton, dan mendapatkan jawaban. Kurang lebih inilah yang menjadi kriteria penilaian dalam ajang body contest.

Massa Otot

Dalam body contest tipe badan yang bulky seperti binaragawan justru dapat mengurangi penilaian. Demikian halnya dengan massa otot yang terlalu tipis walaupun kering juga dapat berpengaruh kepada  penilaian yang kurang. Dewan juri umumnya menilai peserta yang memiliki massa otot proporsional tidak terlalu bulk dan terlalu tipis.

Definisi dan simetri Otot

Definisi otot menunjukkan seberapa jelas otot peserta dengan rendahnya kadar lemak peserta. Sedangkan simetri otot adalah keseimbangan antara perkembangan massa otot tubuh yang satu dengan massa otot tubuh yang lain. Intinya sekali lagi adalah proposional.










Fashion/ Style

Fashion ataupun style dalam body contest juga merupakan faktor penilaian yang tak kalah pentingnya, mulai dari  kreativitas cara berpakaian, aksesoris yang sesuai dan pantas, sampai penggunaan minyak posing (baby oil) secukupnya.

Performance


Performance merupakan cara peserta mempresentasikan ototnya di atas panggung ke hadapan para juri.  Inilah angka vital di acara body contest.  Peserta bisa saja memiliki fisik terbaik, tapi  jika peserta tidak bisa menunjukkannya dengna baik di panggung; nilai peserta itu akan rendah.

Presentasi panggung meliputi senyum, keluwesan dan attitude peserta saat di panggung, menguasai panggung yang luas, dan yang terakhir cara posing tidak boleh seperti pose binaraga karena kontes ini bukanlah kontes binaraga.

Pose wajib dan pose bebas dapat berbeda-beda di antara tiap kontes. Pada umumnya pose yang diwajibkan dalam body contest adalah Relax Pose, Front Body Pose, Back Body Pose, Abdominal Pose dan Side Body Pose. Tentu saja para peserta body contest sudah mengerti istilah-istilah tersebut.










Foto-foto: Benny Rhamdani