Friday, February 19, 2016

Yuk, Mengenal Jenis Seragam Polisi Indonesia

Tak sedikit masyarakat awam yang menganggap seluruh personel polisi Republik Indonesia bekerja di jalan raya mengatur lalu lintas. Hingga setiap mendengar kata profesi polisi yang terbayang adalah sosok berseragam cokelat dan bertutup kepala putih.

Padahal dalam struktur organisasinya, polisi memiliki bermacam uni dan satuan kerja yang bermacam. Tak pelak lagi, seragam mereka pun bermacam pula. Nah, sebenarnya cara paling mudah mengenali satuan tugas polisi adalah dari jenis seragam yang dipakainya. Berikut, informasi yang saya dapatkan.

Seragam Sabhara

Seragam ini adalah yang paling dikenal masyarakat yakni seragam Sabhara PDLT lengkap dengan baretnya. Sabhara adalah singkatan dari Samapta Bhayangkara. Fungsi pelayanan masyarakat merupakan fungsi dasar kepolisian dan menjadi salah satu fungsi yang berada di garis pelayanan terdepan. Aggota Polri yang mengemban fungsi ini biasa disebut dengan Polisi Berseragam (Uniform police). Berbagai pelayanan yang dapat anda dapatkan semisal : Pembuatan Laporan Polisi, Pengaturan jalan dan Pengamanan kegiatan masyarakat.




Seragam Brimob 

Seragam cokelat dengan baret biru adalah seragam harian Brimob (Brigade Mobil). Brigade Mobil (Brimob) adalah kesatuan yang dikenal sebagai Korps Baret Biru dalam tubuh Kepolisian Negara Republik indonesia. Brimob merupakan pasukan khusus dalam jajaran institusi Polri, karena memiliki lingkup tugas khusus yaitu menanggulangi situasi darurat, membantu tugas kepolisian kewilayahan dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi, yang menggunakan senjata api dan bahan peledak, melaksanakan operasi yang membutuhkan aksi yang cepat, situasi pertolongan pada Bencana Alam (SAR), Pertempuran Jarak Dekat (dalam kota), dan sebagainya.


Sragam brimob warna hitam biasa digunakan untuk pergerakan malam hari dan antiteroris. Seragam loreng digunakan untuk acara besar dan operasi di hutan. Sedangkan seragam kehijauan digunakan untuk pelatihan khusus di hutan.



Seragam Polair

Berbeda dengan seragam polisi yang dominan warna cokelat, polisi perairan justru dominan warna biru. Polair bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan yang mencakup patroli termasuk penanganan pertama terhadap tindak pidana dan pencarian dan penyelamatan kecelakaan di wilayah perairan, dan pembinaan masyarakat pantai/perairan serta pembinaan fungsi kepolisian perairan dalam lingkungan polda.


Seragam Provos

Berikut ini adalah seragam propam (dulu lebih dikenal dengan nama provos) dengan ciri khas kopel putihnya. PROPAM adalah salah satu wadah organisasi POLRI berbentuk Divisi yang bertanggung-jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan dilingkungan internal organisasi POLRI



Polisi Pariwisata

Seragam cokelat dengan les dan dasi merah ini adalah seragam polisi pariwisata. Polisi Pariwisata memiliki  peran  sangat penting dalam  pengamanan wisatawan, memberikan pelayanan dan kenyamanan baik dalam perjalanan wisata maupun di obyek wisatanya.


Polisi Satlantas

Ini dia polisi dari satuan lalu-lintas yang sudah akrab dengan masyarakat karena mereka dapat dijumpai dengan mudah di jalan raya. Ciri khasnya adalah kopel putih, tali kur putih dan penutup kepala putih. Polisi lalu lintas bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi Lalu Lintas Kepolisian yang meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi/ kendaraan bermotor, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakkan hukum dibidang lalu lintas guna memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.



Pakaian Dinas Upacara

Seragam ini adalah PDU 1 berupa jas, dasi dilengkapi dengan lencana dan atribut lengkap.


Berikut adalah pakaian dinas upacara yang biasa dipakai untuk acara resmi, sidang KKE, peringatan Hari Pahlawan, pelantikan jabatan tinggi dan lain-lain.



Sergam dinas upacara ini hampir sama dengan PDU1, hanya atribut yang dipakai tidak sebanyak PDU 1.



Itu dulu informasinya.  Semoga sekarang bisa lebih mengenali polisi dan tugasnya dari seragam mereka.