Monday, March 7, 2016

Inilah Alasan Pengendara Motor Harus Memakai Sarung Tangan



Pelaksanaan Operasi Simpatik Lodaya 2016 di beberapa tempat disertai pemberian sarung tangan kepada para pengendara motor. Tak sedikit yang merasa bingung, alasan polisi memberikan sarung tangan, bukan helm.

Di Indonesia, kesadaran pengendara motor memakai sarung tangan memang relatif rendah. Semestinya bersamaan dengan kampanye penggunaan helm, juga disarankan penggunaan sarung tangan kepada pengendara motor.

Keamanan

Saat kita terjatuh dari apapun, cenderung memakai telapak tangan ketika menahan tubuh. Begitu pula saat naik motor. Kita tidak pernah tahu material macam apa tempat tangan bertumpu saat jatuh. Bisa saja rumput, kerikil tajam, dan lainnya. Oleh karena itu perlu sekali melapisi telapak tangan dengan sarung tengan yang bisa mengurangi rasa sakit saat terjatuh.


Memberi Kehangatan

Saat naik motor terutama di musim hujan dan angin kencang, tanpa sadar telapak tangan akan terasa kaku dan membeku. Apalagi jika melaju di daerah pegunungan nan dingin. Satu-satunya cara tentu saja memakai sarung tangan. Sama halnya dengan melindungi tubuh dengan jaket. Telapak tangan juga memerlukan kehangatan.

Tidak hanya kehangatan, sarung tangan juga bisa menahan dari binatang yang tiba-tiba menyengat, ataupun serpihan kerikil yang terlempar ke tangan. Sarung tangan bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan tersebut. Pada cuaca terik, sarung tangan juga melindungi kulit dari sengatan matahari.

Membantu Cengkraman

Pernah merasa licin ketika memegang stan saat hujan? Atau mngkin lantaran tangan yang sering berkeringat.Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet sehingga lebih mudah mencengkram setang di cuaca yang panas, basah, atau lembab. Jika sarung tangan semakin baik, maka kontrol sepeda motor pun akan lebih baik.


Mengurangi Lecet

Mengendarai motor, terutama jarak jauh kerap menimbulkan lecet. Akibatnya berpengaruh kepada daya cengkeram kepada stang. Berhati-hatilah karena itu beresiko, terutama jika sering memainkan gas. Apalagi jika pengendara motor peduli dengan kesehatan telapak tangannya.


Keren

Memakain sarung tangan juga bisa membuat pemakaianya, baik pria maupun wanita, tampak keren. Apalagi sekarang model sarung tangan sangat beragam. tidak hanya emmerhatikan kekuatannya, tapi juga model dan warna. Silakan pilih sendiri yang bisa menunjang penampilan.


Oh iya, biasakan mencuci telapak tangan dan keringkan sebelum memakai sarung tangan. Setelahnya juga jangan lupa cuci tangan. Dan lebih pentng lagi adalah bersihkan bagian dalam sarung tangan secara berkala.