Thursday, August 11, 2016

Tujuh Manfaat Luar Biasa Jogging





Belum lama ini saya didiagnosa kena diabetes. Selain dengan pengobatan, dokter menyarankan saya untuk jogging ataupun jalan kaki setiap pagi selama satu jam. Saya ikuti saran dokter, dan ternyata memang manjur untuk mengontrol kadar gula darah saya.

Beberapa hasil penelitian juga menyebut beberapa manfaat aktivitas lari pagi ini. Apa saja

1. Mencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung

Sudah lama saya punya hiperetensi alias darah tinggi. Sejak jogging rutin setiap pagi, tekanan darah saya terkontrol baik ketimbang sebelumnya. Jogging membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dengan menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah. Dikenal sebagai "silent killer", hipertensi dapat memiliki efek jangka panjang pada tubuh yang dapat menyebabkan kondisi mengancam kehidupan seperti pendarahan, aterosklerosis dan aneurisma jika tidak  rajin kontrol ke dokter. Jogging juga mengurangi resiko  penyakit jantung karena sistem kardiovaskular terus dilatih.

2. Jogging Membantu Mencegah Beberapa Kanker

Para peneliti sangat setuju bahwa jogging membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini dicapai dengan oksigenasi yang lebih baik dari seluruh tubuh saat jogging. Sel yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai akan bermutasi lebih cepat dan sering memutar ganas.

3. Jogging Membantu Jauhkan Penyakit Menular

Jogging juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sangat baik. Ada bukti kuat bahwa latihan aerobik membantu merangsang sel kekebalan dan limfosit dalam melawan infeksi. Dengan begitu akan meningkatkanimunitas untuk mencegah beberapa penyakit menular, baik karena virus  dan bakteri tertentu.

4. Jogging Meningkatan Kebugaran Mental

Jogging juga bermanfaat untuk kesehatan mental kita.  Jogging memberi kita rasa  percaya diri yang lebih baik. Jogging juga meningkatkan hormon kebahagiaan yang disebut endorfin, bahan kimia yang dilepaskan ke dalam tubuh yang menyebabkan suasana hati jadi lebih optimis. Jogging akan membuat kita merasa lebih baik dan bahagia sepanjang hari.

5. Jogging Dapat Memerangi Stres

Jogging sangat membantu ketika stres. Jogging menciptakan pikiran lebih tenang dan damai. Jogging membantu pelepasan zat kimia otak yang memiliki efek menenangkan pada emosi kita.  Zat kimia ini bernama  norepinefrin, serotonin dan dopamin. Secara tidak langsung jogging juga membuat kita jadi awet muda.

6. Jogging Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak Tubuh

Jogging  akan membakar kira-kira sekitar 150 kalori untuk setiap mil jarak yang ditempuh. Jogging secara rutin adalah jawaban  untuk orang yang ingin menurunkan ingin menurunkan berat badan. Ingatlah sedikit matematika; Setengah kilogram lemak sama dengan 3.500 kalori.  Jogging akan membantu Anda mencapai tujuan yang lebih cepat.

7. Jogging  Membantu Mengontrol dan Mencegah Diabetes.

Seperti saya ceritakan di atas, jogging juga membantu saya dalam mengontrol gula darah di tubuh. Jujur saja, menurut saya jogging adalah olahraga termurah. Tinggal memakai sepatu yang cocok untuk lari, kita bisa melakukannya di mana saja.