Thursday, October 27, 2016

Melihat Komik Terpanjang Tintin di Stasiun Stockel



Penyuka komik Tintin karya Herge? Belum sah jika tidak melihat langsung keindahan komik Tintin di Stasiun Stockel, Brussel, Belgia. Sebab di sanalah kita bisa melihat karya Herge dalam bentuk mural.

Saya sendiri tidak sengaja melihat mural bergambar karakter Tintin dan kawan-kawan karena memang kebetulan saat sedang jalan-jalan di Brussel harus turun di stasiun kereta bawah tanah Stockel.

Karya ini terdiri dari dua baris mural  yang keduanya sepanjang  135 memeter. Terdapat  140 karakter yang bisa kita lihat dari  sebanyak 22 seri komik Tintin komik. Jadi ketika berjalan menelusuri dan melihat mural, kita bisa main tebak-tebakan dengan teman, karakter yang ini dari komik berjudul apa. Nah, kalau lancar, barulah dia sah disebut penggila Tintin.

Saya sendiri paling suka mencari posisi Snowy, anjing putih Tintin, yang kadang memang tidak terlihat. Padahal karakter favorit saya tetap Kapten Haddock.

Menurut catatan yang saya baca, sketsa lukisan di sana itu digambar sendiri oleh HergĂ© sebelum ia meninggal. Setelah meninggal, pembuatan mural dilanjutkan oleh rekan-rekan Herge di  Studio HergĂ© langsung di dinding stasiun yang berada berada di ujung timur jalur 1 (sebelumnya garis 1B) di Metro Brussels.  Stasiun yang dibuka pada tanggal 31 Agustus 1988 ini terletak di area Woluwe-Saint-Pierre.

Saya membayankan stasiun metro di Jakarta nanti juga dinsing-dinsingnya dibuatkan mural karakter komik terkenal Indonesia. Agar sepanjang perjalanan nanti tidka bosan.

Tapi tetap hati-hati ya saat menikmati komik yang disajikan di kedua sisi dinding. Jangan sampai karena keasyikan menikmati mural, akhirny malah terlambat menuju kereta yang ditunggu. Apalagi sampai jatuh ke jalur metro. Hiiy.





(Foto: Benny Rhamdani)