Sunday, November 27, 2016

Hindari 13 Hal Norak Saat naik Pesawat



Naik pesawat terbang saat ini bukanlah sesuatu yang luks lagi. Hampir semua orang pernah naik pesawat terbang. Namun herannya, selalu saja kita bertemu penumpang pesawat yang menyebalkan dan mengganggu kenyamanan kita.

Dari obrolan dengan sejumlah cabin crew di media sosial, saya menyimpulkan ada 12 hal yang membuat seorang penumpang terlihat norak saat naik pesawat.

Jangan Jorok di Toilet Pesawat

Menggunakan toilet pesawat tidak bisa seleluasa  di rumah sendiri. Kita harus berhati-hati menggunakannya, karena toilet itu juga digunakan secara bersama dengan penumpang lainnya. Hal paling menjengkelkan adalah bila penumpang buang air kecil tapi urine-nya berceceran ke mana-mana sampai ke lantai toilet. Sungguh menyebalkan.

Ada pula yang memakai tolet pesawat hingga air keran ke mana-mana seolah habis mandi. Tapi dari semuanya, paling menjengkelkan bila ada penumpang yang berlama-lama di dalam toilet. Entah apa yang dialkukannya. Sementara penumpang lain ingin menggunakannya.

Jangan Makan Berbau Sebelum Naik Pesawat

Hindari makanan berbau seperti jengkol, petai, atau lainnya sebelum naik pesawat. Apalagi yang dicampur bikin mules dan akan naik penerbangan dalam waktu lama. British Air tujuan Dubai, pernah harus balik ke London gara-gara ada orang yan buang air besar dan kotorannya sangat bau hingga mengganggu. Akhirnya penumpang harus tertunda keberangkatannya hingga 15 jam karen bau menyengat itu.

Jangan  Berkata Kasar dan Nyaring

Hindari berkata kasar saat di dalam pesawat, baik kepada kru maupun sesama penumpang. Apalagi jika diucapkan sambil berteriak-teriak. Penumpang yang mengangganggu bisa saja diturunkan dari pesawat dan kehilangan beberapa penerbangan.

Jangan Pelihara Bau Badan

Pada sebuah penerbangan Jazz Air tahun 2010, seorang penumpang memiliki bau badan yang benar-benar buruk sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Sebagian besar penumpang hanya berani menatapnya smabil bergumam.

Jangan Membual Penyakit Menular

Sebuah penerbangan yang tidak mau disebut namanya, pernah heboh gara-gara seorang penumpang bercanda dengan teman perjalanannya bahwa dia baru saja dari Afrika dan mengidap ebola. Karuan saja penumpang lainnya panik. Si orang yang sebenarnya bercanda itu kemudian diturunkan di sebuah bandara dengan pengawalan ketat.

Jangan Merasa Agnes Mo

Sebaiknya pikir-pikir dulu juga memasang headset untuk mendengarkan musik. Terutama jika Anda terbiasa mendengar musik sambil ikut menyanyi nyaring. Semua penumpang tentu akan menganggap Anda norak, atau bahkan kena gangguan jiwa. Jangan pernah merasa suara anda sehebat Agnes Mo maupun Beyonce.

Jangan Menelepon Setelah Diumumkan Matikan Telepon

Mungkin ponsel Anda paling canggih di dunia. Tapi jika berada di pesawat, tetaplah ikuti aturan, seperti mematikan telepon. Kecuali maskapai yang digunakan memang mengizinkan penumpang memakai ponsel. Sinyal ponsel dapat membahayakan penerbangan. Dan jika Anda keukeuh menggunakan ponsel, berarti Anda emngajak bunuh diri bersama penumpang lainnya.

Jangan Bolak-balik di Lorong

Anda mungkin hiperaktif atau mudah beser sehingga tidak bisa duduk diam di dalam pesawat. Tapi bukan berarti Anda bisa seenaknya bolak-balik di lorong. Apalagi sambil lari-larian juga mengganggu kru kabin dan penumpang lainnya.

Jangan Menendang Sandaran Kursi di Depan 

Mungkin Anda kesal dengan penerbangan yang lama. Sehingga tanpa sadar kaki Anda menendang berulang kali sandaran kursi di depan. Percayalah, hal itu sangat menjengkelkan penumpan di kursi depan Anda. Jangan pernah lakukan hal ini, kecuali Anda benar-benar penumpang yang norak dari perkampungan.

Jangan Biarkan Anak Mengganggu Penumpang Lain

Mungkin anak Anda adalah yang termanis di seluruh dunia. Tapi belum tentu bagi orang lain. Apalagi jika penumpang itu ingin istirahat, sementara anak Anda terus menjerit di sebelahnya. Pastikan jika mengajak anak naik pesawat, Anda duduk bersamanya, dan dapat mengendalikan anak Anda.

Jangan Monopoli Kursi

Jika memang tubuh Anda besar, cobalah untuk tidak memonopoli jatah tempat duduk dan lorong untuk lewat atau melewati orang lain. Sara terbaik mintalah duduk di dekat pintu darurat atau ambil kelas bisnis. Buatlah penumpang lain sama nyamannya seperti Anda, bukan mengintimidasi.

Jangan Bolak-Balik Buka Kompartemen

Anda orang yang cepat bosan sehingga Anda perlu hiburan dari bagasi tas ANda yang sudah di simpan di kompartemen. Tapi bukan berarti Anda bisa seenak bolak-balik membuka kompartemen, apalagi jika posisinya di atas kepala penumpang lain.

Jangan Mabuk

Jangan pernah minum alkohol sebelum naik pesawat maupun di dalam pesawat. ANda akan mabuk dan mengganggu penumpang lainnya. Selain mabuk karena alkohol, juga jangan sampai muntah karena mabuk udara. Pastikan Anda minum obat antimabuk sebelum naik pesawat jika Anda gampang muntah.

Masih banyak hal lainnya yang sebenarnya menujjukkan perilaku norak selama di pesawat. tapi intinya adalah, Anda janga mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.