Friday, November 25, 2016

Hindari Sembilan Hal Kampungan Ini Saat di Hotel


Saat saya berada di satu hotel, biasanya saya sempatkan ngobrol dengan staf hotel segala hal. Salah satu hal yang umum saya tanyakan adalah, tamu hotel macam apa yang mereka tidak sukai. Beberapa memberi jawaban yang umum, tapi ada juga yang berdasarkan kasus yang dialami.

Para staf ini akhirnya hanya bisa memaklumi ulah tamu yang kurang menyenangkan itu. Ada juga yang berujar tamu itu bersikap kampungan. Tidak peduli dia orang tajir sekali pun. Nah, kira-kira tamu seperti apakah yang dicap kampungan itu?

Jangan Pernah Berteriak kepada Staf

Tamu yang bersikap arogan terhadap staf hotel adalah yang paling tidak disukai. Mereka terlihat seperti meremehkan para staf hotel, bahkan memandang sebelah mata. Bisa jadi karena mereka merasa telah membayar mahal tinggal di hotel. Tapi percayalah, kadang justru banyak orang superkaya tahu benar memperlakukan staf dengan baik.

Tamu terkadang lebih suka memerintah ketimbang meminta bantuan. Bahkan kadang kala sampai berteriak di lobi. Tentu saja selalin mengusik hati staf, juga mengganggu tamu lainnya karena membuat gaduh.

Jangan Dulu Menyalahkan Staf Hotel Saat Kehilangan Barang

Saat kehilangan barang di kamarnya, tamu cenderung menyalahkan staf hotel terlebih dahulu. Bahkan di era media sosial ini, langsung menjelek-jelekkannya ke seluruh dunia. Padahal menurut keterangan staf, sekitar 99% kehilangan barang tamu disebabkan karena lupa menyimpan, terjatuh dan keteledoran tamu itu sendiri.

Cobalah bicara dengan manajer hotel, agar benda yang hilang dicari lebih dulu. Jika memang terjadi pencurian, mintalah pihak hotel menghungi pihak kepolisian setempat.

Jangan Pakai Handuk untuk Sepatu

Handuk memang merupakan fasilitas hotel yang lumrah didapat oleh tamu hotel. Tapi perlu diketahui juga bahwa handuk hanyalah untuk mengeringkan tubuh kita. Jadi jangan gunakan handuk untuk menghapus riasan wajah atau membersihkan sepatu biar kinclong.

Handuk yang sudah dipakai juga ada aturannya untuk diganti. Jangan simpan handuk di sembarang tempat. Sebab staf hanya akan mengganti handuk yang digantungkan di tempat semestinya. 

Jangan Buang Segala ke Tempat Sampah di Kamar

Tempat sampah di kamar hotel memang untuk membuang sampah. Tapi bukan berarti segala jenis sampah bisa dimasukkan ke sana. Tempat sampah ayang ada sebenarnya hanya untuk sampah kerin. Jadi hindari membuang sampah basah, apalagi berbau di sana. Hubungi room service jika kita perlu membuang sampah basah atau berbau.

Beberapa jenis sampah juga sebaiknya jangan dibuang sembarangan ke tempat sampah di kamar hotel, seperti pembalut, permen karet, alat kontrasepsi, suntikan insulin, dan sejenisnya. Pastikan dibungkus lebih dahulu.

Jangan Biarkan Orang Asing Masuk ke Kamar

Pastikan jika kamar Anda seteril dari orang yang tidak dikenal. Jika menerima tamu, lakukan di lobi saja. Bahkan, bila orang itu mengaku staf hotel, jangan percaya jika ternyata tidak menggunakan ID. Bila memang mencurigakan coba telepon manajer hotel. Hal ini juga menyangkut dengan keamanan barang kita sendiri.

Jangan Tinggalkan Koper di Lobi Semenit Pun

Saat berada di lobi menunggu jadwal check in, tiba-tiba  kebelet ke toilet? Titipkan koper atau tas segera ke sekuriti atau resepsionis. Jangan biarkan berada di lobi dan menganggap semua orang akan menjagai barang Anda. Jangan pula menitip koper Anda kepada orang yang tidak dikenal.

Jangan Merokok di Kamar Tanpa Rokok

Mungkin Anda perokok dan kehabisan kamar merokok. Lalu, Anda menempati kamar tanpa rokok, karena tak tahan tanpa rokok,  akhirnya Anda merokok. Alarm asap menyala. Ruangan jadi basah. Hal ini akan merepotkan banyak pihak. Selain itu, kamar tanpa orkok ventiasinya tertutup sehingga ruangan akan jadi bau tembakau.

Jangan pernah paksakan menginap di kamar tanpa rokok kecuali Anda benar-benar tidak merokok.


Jangan Asal memesan Menu

Anda kelaparan di dalam kamar dan mencoba meemsan makanan hotel. Sudah jelas ada menu yang tertera, jadi tidak perlu ngotot meminta menu yang aneh-aneh. MIsalnya resto hotel hanya menyediakan masakan Italia, Anda memesan makanan India. Jika ingin makanan yang yang tak ada di menu resto hotel, carilah restoran yang bisa mengantar pesanan Anda ek kamar hotel. Pastikan juga pihak hotel mengizinkannya.


Jangan manfaatkan hak terlambat check out 

Sudah waktunya check out tapi malas meninggalkan kamar yang nyaman? Jangan manfaatkan servis hotel yang menoleransi Anda terlambat satu jam untuk check out. Apalagi di saat musim liburan. Ingat, kamar Anda bisa saja sudah dipesan orang, dan staf hotel harus segera mebereskannya untuk orang lain.

Toleransi waktu check out hanya benar-benar dipakai jika benar-benar diperlukan. Dan jangan lupa menghubungi pihak manajer jika ingin memakai toleransi waktu check out.



Nah, agar tak terjadi hal-hal memalukan, sebaiknya tamu hotel juga jangan ragu untuk bertanya kepada staf hotel untuk hal-hal yang harus diketahui seperti cara menggunakan fasilitas kamar dan sebagainya. Yuk, jadi tamu hotel yang menyenangkan ...