Thursday, December 29, 2016

Delapan Perilaku Kampungan yang Harus Dihindari Saat di Retoran




Restoran di Indonesia sudah bertebaran di segala penjuru di Indonesia. Namun, banyak sekali orang yang mengabaikan etiket saat berada di restoran. Bahkan perilaku tersebut tak mengenal status ekonomi maupun tingginya pendidikan. Sehingga tak jarang menyebut pengunjung restoran di Indonesia disebut kampungan.

Tidak ada salahnya mengikuti etiket di dalam restoran, sebab pengunjung restoran bukan hanya kita. Yang bayar juga tidak kita saja. Dengan menjaga etiket sesaat di dalam restoran, kita tidak akan merugi. Justru kalau dilakukan bersama akan membuat suasana lebih nyaman.

Nah, lain halnya kalau belum tahu beberapa etiket. Tidak perlu yang mendalam, cukup delapan hal mendasar ini dulu.


Matikan Ponsel

Selagi berada di dalam restoran, sebaiknya matikan ponsel, atau setidaknya dibisukan. Jika ingin menelepon seseorang, cobalah keluar dari restoran agar tidak perlu berteriak-teriak mengganggu yang lain. Lagi pula, saat bersama keluarga di restoran bukankah sebaiknya saling ngobrol tatap muka ketimbang memerhatikan laray ponsel?


Jangan Terlalu Nyaring Bicara

Ke restoran bersama keluarga atau rombongan teman bukan lantas seluruh ruangan Anda kuasai. Tetap jaga kenyaman tamu restoran lainnya. Jika benar-benar tidak bisa mengendalikan keramaian saat ngobrol, pilihlah tempat yang terpisah atau ruangan khusus.


Tutup Mulut Saat Mengunyah

Makanan selezat apapun, usahakan mengunyah  dengan mulut tertutup. Sebab suara kunayahan yang dikeluarkan mulut sama sekali tidak ada merdu-merdunya. Bahkan buat sebagian orang terdengar menjijikan karena seperti suara binatang yang sedang makan. Apalagi  jika makan dengan orang yang Anda segani.


Duduk Tegak

Jangan membungkuk saat makan. Berusahalah tetap tegak namun santai.  Posisi duduk tegak juga membantu pencernaan Anda mengerjakan tugasnya dengan baik.

Jangan Bertumpu Tangan

Hindari meletakkan tangan di atas meja, apalagi sikut lengan sampai bertumpu. Mula-mula memang akan terasa kagaok, tapi aturan meja makan memang meja makan hanya untuk peralatan makan, bukan anggota tubuh kita.


Tanyakan Menu 

Restoran yang Anda kunjungi mungkin adalah yang pertama kali. Jangan ragu untuk bertanya soal menu yang disajikan kepada pelayan. Termasuk bahan makanan yang mungkin bisa membuat anda alergi atau melanggar diet tertentu. Tidak perlu malu dan jangan sok tahu. Jangan memilih karena semata nama keren, ternyata yang datang daging bekicot.


Ajarkan Anak tentang Aturan di Restoran

Ke restoran bersama anak memang menyenagkan. Tapi bisa menjadi bencana ketika anak membuat kekacauan di dalam restoran. Jadi, sebaiknya ajarkan terlebih dahulu anak-anak tetntang aturan selama di restoran. Usahakan tidak berteriak, mengacaukan suasana, dan gangguan bagi tamu lainnya. Jika Anda tidak bsia mengendalikan anak Anda, maka jalan satu-satunya segera tinggalkan restoran itu. Sebab orang tidak akan menyahkan anak Anda, melainkan Anda yang tidak mampu mengajarkan ketertiban di restoran.


Dandan 

Hal ini biasanya dialkukan kaum wanita seusai makan. Karena setelah makan biasanya dandanan jadi berantakan, maka merasa perlu berdadandan ulang. Sebanrnya tidak dilarang berdandan di restoran, tapi tempatnya bukan di tempat makan, melainkan di kamar kecil atau wastafel.


Sebenarnya masih banyak aturan makan di restoran. Tapi, nanti malah membuat Anda takut makan di sana. Yang dasar-dasar saja seperti delapan hal di atas lebih dulu dipatuhi.