Tuesday, December 13, 2016

Wedang Jahe Merah, Minuman Sehat Musim Hujan



Bagi masyarakat Indonesia, kehadiran jahe sebagai rempah kaya manfaat sudah diketahui sejak jaman dahulu. Hal ini karena jahe dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan juga sebagai penghangat badan di kala cuaca dingin. Tak hanya itu, jahe juga sering menjadi bahan utama untuk obat-obatan herbal dan juga obat alternatif yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Perlu diketahui, jahe terdiri dari tiga jenis yaitu jahe putih, jahe kuning dan jahe merah. Ketiganya sama-sama memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan.

Dari ketiga jenis jahe tersebut, popularitas tertinggi ada pada jahe yang berwarna merah lantaran memiliki rasa pedas yang khas dan aroma yang kuat. aroma tersebut berasal dari minyak atsiri yang ada di dalamnya. Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan dan medis di dunia, di dalam jahe dapat ditemukan berbagai macam senyawa yang mampu mengobati banyak penyakit. Telah banyak diketahui jika jahe mampu digunakan sebagai obat alami untuk penyakit ringan seperti batuk, flu dan demam. Hal ini karena jahe memiliki kandungan senyawa oleoresin yang dapat berguna sebagai bahan aktif analgesic yang sehingga mampu meredakan penyakit tersebut.


Tak hanya itu, penelitian juga menyatakan bahwa jahe juga memiliki sejumlah zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B1, vitamin C, asam amino dan phenol sehingga mampu mengobati pendarahan, peradangan dan mengurangi keluhan kram pada perut akibat menstruasi. Dengan banyaknya khasiat yang ada pada jahe merah, tentu Anda tertarik untuk mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari. Karena rasanya yang cukup kuat dan pedas, maka dalam pembuatan minuman dari jahe, perlu penambahan beberapa bahan lainnya sehingga tetap nikmat. Berikut ini beberapa resep minuman kesehatan yang terbuat dari jahe:

1. Wedang pokak

Bahan-bahan:


  • Serai 2 batang, memarkan.
  • Daun pandan 2 lembar, iris tipis.
  • Kapulaga 2 buah.
  • Cengkeh 3 buah.
  • Jahe 2 cm.
  • Buah pekak 1 buah.
  • Gula secukupnya.


Cara membuat:

Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan air akan berubah warna.
Masukkan gula secukupnya sesuai selera.
Angkat dan saring, lalu hidangkan.

2. Wedang jahe kayu manis

Bahan-bahan:


  • Jahe 2 rimpang.
  • Serai 1 batang, memarkan.
  • Bubuk kayu manis ½ sdt.
  • Madu secukupnya.
  • Gula aren secukupnya.


Cara membuat:

Rebus jahe, serai dan bubuk kayu manis hingga mendidih dan beraroma wangi.
Masukkan gula aren secukupnya.
Jika sudah tercampur rata, masukkan madu lalu didihkan sebentar.
Angkat, saring dan sajikan.

Itulah beberapa resep minuman dari jahe yang bisa Anda buat di rumah dengan bahan dan cara memasak yang sangat mudah. Menikmati minuman jahe di kala hujan dan cuaca dingin yang menerpa tentu menjadi momen sederhana namun sangat nikmat. Apalagi ditemani oleh keluarga atau orang terkasih, tentu akan semakin menghangatkan suasana.

Meski jahe memiliki banyak manfaat yang tersembunyi, namun mengkonsumsinya juga perlu disesuaikan dengan porsinya. Konsumsilah jahe tidak lebih dari 5 gram per harinya. Jangan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan akan mengakibatkan hal yang tidak baik. Untuk wanita, konsumsi jahe merah yang berlebihan akan beresiko membuat haid menjadi tidak lancar. Konsumsi jahe terlalu banyak juga bisa membuat perut kembung dan mual serta sering bersendawa. Tak hanya itu, sifat jahe yang pedas dan panas bisa membuat mulut mengalami iritasi. Jadi selalu perhatikan takaran segala hal yang akan Anda konsumsi.