Tuesday, April 11, 2017

Joget 'Turun Naik' Viral, Blasta Rap Family Langsung Beken




Sebulan lalu, jarang  masyarakat yang mengenal nama group musik Blasta Rap Family asal Merauke ini. Tapi kini, hampir semua keranjingan lagu karya mereka bertajuk  'Oles Turun Naik'. Musik berirama reage ini begitu booming di media sosial karena banyak netizen yang mengunggah video jogetnya.

Sesungguhnya lagu yang ramah telinga ini juga didukung oleh Freshboy dan Defar. Hal ini seperti diunggah oleh akun instagram mereka @bosblasta_Rap_family. Disebutkan pula, sejak lagu itu viral di media sosial, para pencipta dan pelantunnya mulai sibuk diwawancarai sana-sini, terutama di kota Merauke. bahkan liputan koran lokal juga besar-besar untuk mendukung kiprah mereka di blantika musik Indonesia.

Bahkan rapper kondang Indonesia Saykoji secara terbuka memuji mereka dan ingin bertemu kumpulan anak muda Merauke itu. "Gue nyari kontak yang buat lagu ini," tulis Saykoji di akun Instagramnya.




Ingin hapal lagunya, ini liriknya

Wooouwww aremab, Blasta Rap Family, (Collaboration), Fresh Boy,

Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik turun naik trus
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik turun naik trus
Ko tingal oles naik turun naik trus
Ko goyang kasih kluar ko punya jurus
De mulai bikin-bikin de akal bulus,
Supaya de rencana bisa berjalan muluusss

Mayde-Mayde
Bertu tubi serangan
Yang di bawah umur harap ada pengawasan
Ini sebuah terlalu banyak penampakan
Sampai oknum dong goyang su raba kiri dan juga kanan
Masing masing mulai kasih kluar jurus jurus
Tinggal pilih yang dari kasar sampai mulus mulus
Dan yang ini macamnya de mau tiru Nicky Minaj
Slikan merapat bagi yang mau berminat
Tinggal turun naik
Oles baik baik
Biar dong dapat like
Biar dong nama naik
Moks macam iyokah!
Goyang biasa sajah
Jang terlalu buat ka!
Nanti orang ketawa
Rencana dong su atur walau medan itu lumpur
Tapi dorang siap tempur
Sampai mentari so timbul
Sungguh matih!
Sampai dong nekat! jalan kaki pulang pagi
Walau susah tidur nanti

Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik turun naik trus
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik
Ko tinggal turun naik turun naik trus
Ko tingal oles naik turun naik trus
Ko goyang kasih kluar ko punya jurus
De mulai bikin-bikin de akal bulus,
Supaya de rencana bisa berjalan muluusss,



Permisi duluh mohh!
*** ko tabrak masuk
Buang sedikit kata
Semoga dapat diterima
Lihat ko oles banyak yang tertarik
Ko sangat sadis dan juga menarik *UmaahhChh**
Tapi, jang begitu kah!
Banyak yang baku marah
Hanya karena mau goyang dengan koh
Jadi jang terlalu oleh k!
sebelum ko dapat lego
Dengan sendal swalallow
Ehhh Adoohhhh!!!
Turun naik of the night
Party ****
Top hate is the back
Itu dia mace swag
Goyang ular
Sambil putar
Lagu ini
Tambah liar
Sampe nekat bongkar pagar
Itu dorang sudah lapar
I want to lest go
Ladies come lest go
Sombong dong tatto
Biar dong lego
Rumus buta bro
Goyang mulus tohh
Bayar goyang mohh
Itu Modus Toh!!


Monday, March 6, 2017

Melipir ke Minang Book Fair 2017



Acara dongeng juga diminati. (Foto Sulas Sky)

Peserta pameran tak hanya dari penerbit lokal, tapi juga sejumlah penerbit nasional mencapai jumlah 35 penerbit.  Jika dibandingkan dengan pameran buku yang jumlah standnya bisa ratusan, MBF 2017 memang tampak kecil. Tapi untuk tingkat provinsi sebanyak 57 stand buku sudah baik, apalagi ada 50-an stand nonbuku yang turut berpartisipasi.

Pengisi acara di MBF 2017 pun beragam, mulai dari mengundang pendongeng hingga mengundang sosok papan atas seperti Najwa Shihab, hingga penulis produktif Boy Chandra. saya sendiri datang ke MBF 2017 ini untuk meluncurkan sebuah novel baru karya penulis Padang Maya Lestari GF bertajuk Habibie Ya Nour Elain.

Talkshow penulisan bersama Maya lestari GF.
(Foto: Maya)
Jujur, saya sendiri tidak beraharp optimis dengan jumlah pengunjung acara yang saya ikuti. Maklum, di Jakarta sendiri acara peluncuran buku biasanya jarang diminati khalayak. Apalagi jika penulis tidak membawa pasukannya sendiri. Namun pikiran saya keliru, ternyata saat acara peluncuran buku digelar, kursi di depan saya terisi penuh bahkan banyak yang terpaksa berdiri ataupun duduk lesehan.

Minat Menulis Tinggi

Saya mengisi acara peluncuran buku yang dikemas dalam bentuk talkshow dengan menghadirkan penulis, Maya Lestari GF, didampingi host Denni Meilizon, penyair setempat. Seperti biasa, acara diisi dengan bercerita tentang proses kreatif penulisan buku baru tersebut.

"Buku ini ditulis dalam waktu relatif lama karena tulisan awalnya sempat tertunda," ujar Maya yang sudah menerbitkan belasan buku ini. Setahun silam Maya kembali meneruskan certanya dan merampungkannya dalam waktu sekitar tiga bulan.

Novelnya sendiri bercerita tentang kisah cinta diam-diam di dalam sebuah pesantren. Tentu saja karena berlatar pesantren, percintaan Bara dan Nilam jadi unik. Eksekusi ide cerita dilakukan Maya dengan unik dalam beberapa surat. Judul buku sendiri diambil berdasarkan lagu hits Amir Dhiab yang dalam cerita menjadi legu penjembatan hubungan cinta Bara dan Nilam.

Bripda Ramli Maulana menunjukkan buku pilihannya.
(Foto benny)
Pengunjung yang antusias dengan acara kemudian berebut bertanya, mulai teknis menulis hingga motivasi menulis. "Untuk memupuk motivasi menulis cobalah mengikuti komunitas menulis," ujar Maya yang juga aktivis komunitas menulis di Sumatera Barat.

Maya merasa senang karena selain minat baca, minat menulis pengunjung MBF juga relatif tinggi. Dibuktikan dengan munculnya pertanyaan soal kepenulisan. Acara yang berdurasi dua jam pun tuntas tanpa terasa.

Seusai acara saya sempat bertanya kepada seorang pengunjung yang ternyata anggota keplisian RI. Bripda Ramli Maulana mengatakan minatnya mengunjungi MBF karena sering melihat spanduk di pinggir jalan. "Kebetulan juga kantor Polda dekat dengan Masjid Raya, jadi sekalian pulang dinas mampir ke sini," ujar pria asalb Padang Panjang sambil memamerkan buku yang dibelinya.





Tuesday, January 17, 2017

Tiga Novel Laris dari Wattpad



Berbagai cara dilakukan penerbit untuk menerbitkan buku. Selain dikirim langsung dari penulis, kini penerbit juga membidik naskah yang ditayangkan melalui aplikasi Wattpad. Tentu saja tidak sembarangan angkut ke buku.

Wattpad merupakan situs dan aplikasi ponsel yang dibuat oleh Allen Lau dan Ivan Yuen pada November 2006. Wattpad, seperti situs dan aplikasi yang serupa, misalnya: Fiction Press, menyediakan wadah bagi para penulis di seluruh dunia untuk mengangkat karya mereka ke panggung dunia maya tanpa ada aturan-aturan tertentu yang mengikat, menghambat imajinasi mereka untuk berkembang.

Ada beberapa kriteria yang diterapkan penerbit agar sebuah naskah dari Wattpad bisa diterbitkan ke dalam bentuk buku. Pertama, naskah tersebut telah dikunjungi jutaan kali oleh netizen. Kedua, naskahnya secara isi tidak bermasalah, seperti pornografi dan keaslian. Ketiga, penulisnya mau diajak kerja sama.

Tak sedikit penulis baru lahir dari Wattpad ini. Dan kemudian bukunya malah ngehits menembus daftar best sellers. Berikut adalah Tiga judul novel laris yang berasal dari Wattpad.

Dear Nathan



Novel karya Erisca Febriani ini memulai cerita dari keterlambatan mengikuti upacara pertama di sekolah baru, Salma Alvira bertemu dengan seorang cowok yang membantunya menelusup lewat gerbang samping. Selidik punya selidik, cowok itu ternyata bernama Nathan; murid nakal yang sering jadi bahan gosip anak satu sekolah.

Novel ini sangat laris dan siap difilmkan. Sebelum ditebitkan sudah dikunjungi 7,5 juta kali di akun penulisnya. Diterbitkan oleh penerbit Media Baru.


Bad Romance



Novel karya siswi SMAN 5 Bandung Milli Equita ini bercerita tentang Nathaniel Adriano Wirasetya, seorang cowok yang hobi banget bikin rusuh seantero sekolah. Mulai dari hal sepele kayak telat, bikin kerusuhan, sampai tawuran. Parah? Banget. Tapi statusnya sebagai cucu pemilik yayasan seolah bikin semua peraturan menguap gitu aja kalau udah menyangkut nama Nathan. Katya jengah dengan kelakuan sok berkuasa dan sok gantengnya Nathan. Sampai akhirnya Katya berani melawan, tapi justru malah membuat Nathan semakin menjadi-jadi.

Novel ini terbilang laris karena sudah cetak ulang belum dalam hitungan waktu satu bulan. Sebelum diterbitkan sudah dibaca 6 juta pengunjung di Wattpad. Novel ini diterbitkan oleh Pastel Books.

Friend Zone



Novel karya Vanesa Marcella ini bercerita tentang David yang di mata Abel, David adalah cowok sempurna. Dia ganteng, populer, meski tengil tetapi baik, dan selalu berada di sisi Abel. Tiap David memandangnya, Abel selalu berharap rona merah di pipinya tidak ketahuan oleh David. Apalagi saat David menyentuhnya, mengacak rambutnya, seolah seluruh partikel di dalam tubuh Abel siap melesat tinggi menembus langit. Hanya satu kekurangan David, ia adalah sahabat Abel.

Novel remaja ini juga terbilang laris dan sudah cetak ulang. Sebelum diterbitkan sudah dibaca hampir 7 juta pengunjung. Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Monday, January 9, 2017

Jefri Nichol Ke Lokasi Prostitusi Demi Film ‘Pertaruhan’


Membludaknya penonton film nasional, juga mendorong lahirnya deretan bintang-bintang muda berbakat Indonesia. Salah satunya yang kini mulai sering diperbincangkan netizen adalah aktor muda Jefri Nichol. Paling tidak ada dua film menjanjikan yang bakal rilis sudah berada di genggamannya, yakni Pertaruhan dan Dear Nathan.

Keterlibatannya di dunia layar lebar bukan lantaran modal tampang semata. Untuk meraih peran di film Pertaruhan, cowok kece yang biasa disapa Nichol ini tetap kudu melewati proses casting terlebih dulu. Padahal dia sudah pernah membintangi mini seri Kami Rindu Ayah dan drama seri Garuda Di Dadaku musim kedua.

“Aku awalnya casting. Waktu itu judulnya Brothers tapi kemudian diubah jadi Pertaruhan. Karena pertama kali aku dapat tawaran film dan ceritanya bagus banget, orang belakang layarnya juga terpercaya, jadi tanpa piker dua kali aku dengan senang hati terlibat,” ucapnya sambil menyebut nama  Adi Sumarjono dan Upi yang pernah menggarap film hits Serigala Terakhir sebagai produser dan penulis film Pertaruhan.

Jefri Nichol sebagai Elzan dalam 'Pertaruhan'. (Foto: IG PertaruhanFilm)

Cowok kelahiran Jakarta, 15 Januari 1999 ini pun akhirnya tahu bahwa dalam film ini bakal adu akting dengan aktor yang sudah punya nama. Sebut saja aktor kawakan Tio Pakusadewo yang nggak perlu ditanya lagi kemapuan aktingnya, juga Adipati Dolken yang sukses dengan film-film romantisnya, ditambah lagi Aliando yang punya penggemar jutaan umat. Tidakkah Nichol merasa takut tenggelam dengan nama besar mereka?

“Perasaan aku sih senangan banget karena tahu teman mainnya justru yang bisa bantu aku dalam segi acting dan membangun chemistry  sebagai saudara. Om Tio, Adipati dan Aliando ngasih ingpirasi banget buat aku jadi actor yang berbobot kayak mereka,” ungkap putra pasangan Junita Eka Putri dan Jhon Hendri ini.

Toh, Nichol ngerasa banget perannya nggak kalah penting dengan yang lain jadi nggak perlu merasa takut tenggelam. Kesulitan yang dihadapinya justru membuat dirinya makin semangat.  “Aku berperan sebagai Elzan, anak kedua dari empat bersaudara. Kesulitannya sih lumayan, karena latar belakang kehidupan Elzan beda banget dengan kehidupan asliku. Tapi untungnya aku punya banyak tema yang latar belakangnya kayak anak-anak di Pertaruhan. Jadi aku tinggal observasi sama mereka. Dan, aku memang sudah terbiasa sih bergaul dengan mereka,” paparnya.

Elzan beda banget dengan kehidupan asliku, kata Nichol.
(Foto: IG PertrauhanFilm)


Banyak cerita seru selama Nichol proses syuting Pertaruhan. Beberapa cerita bisa dilihat di akun Youtube miliknya. “Aku juga pernah diajak Om Tio pas proses reading jalan-jalan ke daerah rawan, tempat prostitusi, nongkrong di warung, sampai masuk tol nggak bayar hahahaha,” urai penggemar Leonardi Dicaprio ini.

Rencananya, film Pertaruhan bakal rilis awal Februari 2017. Deg-degan nggak? “Aku sih berharap bisa memberikan kesan yang baik untuk semua orang. Semoga penonton bisa nangkap inti cerita dan maknanya. Dan semoga tembus dua juta penonton hahahaha,” harap Nichol.



Dan bisa jadi kelak Nichol seperti yang diramalkan banyak netizen, bakal jai bintang muda yang meroket pada tahun 2017. Apalagi bulan Maret 2017 filmnya yang lain bertajuk Dear Nathan juga bakal tayang di bioskop. Di film yang diangkat dari novel laris dengan judul sama ini, Nichol akan menjadi peran utama bernama Nathan. Dan saat ini, jutaan remaja Indonesia juga sedang menunggu aksi Nichol sebagai Nathan.


“Semoga aku bisa terus dipercaya buat meranin karakter-karakter di film bagus dan produser yang bagus juga,” ucapnya menutup perbincangan dengan saya.

Sunday, January 8, 2017

Prilly Latuconsina Siap Terbitkan Buku Puisi Curhat Tentang Mantan



Prilly Latuconsina yang namanya meroket sejak akting di sinetron Ganteng-Ganteng Serigala, punya berbagai cara untuk terus mengukuhkan diri di dunia selebritis. Selain menapaki dunia tarik suara, artis ini juga melebarkan sayap dengan berakting di layar lebar, salah satunya yang hits adalah Hangout.

Tak berhenti sampai di sana, dara kelahiran 15 Oktober 1996 ini juga siap menerbitkan buku kumpulan puisi yang ditulisnya. "Puisi ini aku tulis di sela-sela kesibukan. Beberapa di antaranya memang seperti curhat," ujarnya.

Beberapa puisi, diakui Prilly sudah disebarkan melalui akun media sosial pribadinya. "Tapi tidak semuanya. Soalnya, kadang fans aku akhirnya malah kepo dan ribut  ngebahas puisi aku. Dikiranya aku lagi curhat tentang seseorang. Padahal nggak selalu begitu. Kadang aku ngalamin sesuatu atau melihat sesuatu yang ditulis jadi puisi," tepisnya.

Saking banyaknya puisi itu, Prilly akhirnya berniat menerbitkan. "Aku diajak menerbitkan buku oleh Ayah Pidi Baiq. Ayah itu penulis novel Dilan yang bikin aku baper. Jadi langsung senang diajak menerbitkan buku," lanjutnya.

Rencananya, buku pertama Prilly ini akan berjudul 5 Detik dan Rasa Rindu yang diambil dari salah satu puisinya. "Ada cerita sendiri tentang puisi itu. Di satu acara aku ketemu mantan aku, saling tatap selama lima detik, tapi kami saling membisu. Setelah kejadian itu aku buru-buru menuliskan puisinya," ujar Prilly dengan pipi merah saat ditemui di kantor redaksi The Panas Dalam Publishing.

Apalah mantan yang dimaksud adalah Aliando? "Ah, aku nggak mau sebut namanya. Nanti fans aku pada baper," tangkisnya.

Pastinya, para fans Prilly yang biasa disebut Prillivers sudah siap menyambut kehadiran buku kumpulan puisinya yang direncanakan terbit Februari 2017, saat Hari Kasih sayang tiba.



Wednesday, January 4, 2017

Fakta Menarik Tentang Gulat India yang Mendunia




Ada hal menarik dalam perfilman Bollywood belakangan ini. Para penontonnya tengah gandrung dengan tema gulat tradisional mereka yang biasa di sebut pehlwani atau kushti. Setidaknya Sudah dua film box office yang mengangkat tema itu, yakni Sultan (Salman Khan) dan Dangal (Aamir Khan).

Tak heran jika kemudian olahraga gulat Asia selatan yang diciptakan Kerajaan Mughal ini semakin banyak dikenal di mancanegara.  Kushti menggabungkan teknik gulat Malla-yuddha dan Koshti Pahlavani (gulat Persia). Pegulat kushti biasa disebut pehlwan, sementara pelatih dipanggil Ustad (Pakistan) atau Guru (India). Tempat di mana pegulat beraksi disebut akhara. Sedangkan kain yang digunakan sebagai celana disebut langot.

Tidak sedikit legenda-legenda gulat barat seperti Karl Gotch yang menimba ilmu hingga India. Mereka mempelajari kushti sebagai olahraga dan ilmu tambahan untuk memperluas wawasan dan aplikasi terapan teknik mereka. Teknik gulat Kushti juga memberikan pengaruh kuat dalam Catch Wrestling dan Shoot Wrestling yang dikembangkan para legenda gulat yang belajar juga ke India.

Mencangkul bagian dari latihan

Latihan dengan mengangkat gada

Memanjat tambang agar tangan kuat.

pelatih memberi intruksi


Untuk latihan harian ini dia jadwal yang harus dipatuhi para pegulat:

03:00: Bangun dan melakukan push-up (danda) dan squat (bethak), sebanyak 4000. Run selama 5 mil, diikuti oleh renang serta mengangkat batu dan karung pasir.

08:00: Guru menonton para muridnya  bergulat satu sama lain  terus-menerus selama tiga jam aatau sama dengan melakukan pertandingan berturut-turut selama duapuluh lima kali. Pertandingan mulai dengan pegulat senior, baru kemudian yang lebih pemula.

10:00: Pegulat diberi minyak pijat sebelum beristirahat.

04:00: Peserta bergulat satu sama lain selama dua jam.


08:00: pegulat istirahat

Di Indonesia sebnarnya ada juga gulat tradisional di daerah jung Berung bandung dengan nama benjang. Sayangnya, olahraga tradisional ini makin punah dan kurang dipromosikan oleh pemerintah.