Thursday, July 20, 2017

Mobil Sehat Ini Bakal Laris Dibeli

Mobil Sehat, Mobil Impian (Foto Hyundai)


Memiliki mobil merupakan dambaan setiap orang, terutama yang sudah berkeluarga. Tidak heran jika acara pameran mobil selalu dipadati pengunjung. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan seseorang ketika memutuskan untuk memilih mobil yang bakal dipakainya dalam aktivitas sehari-hari. Sebut saja mulai dari harga, keindahan, kenyamanan, kemanan, keselamatan, kelengkapan, kecanggihan dan bahkan kini orang mulai peduli dengan faktor kesehatan.

Kesehatan punya peranan penting karena terkait pula dengan kenyamanan dan keselamatan pengguna mobil. Seperti pengalaman saya ketika mengendarai kondisi tidak prima karena kondisi gula darah yang naik, tiba-tiba  penglihatan saya kurang baik melihat cahaya di kejauhan. Tentu saja jika hal ini terdeteksi bisa segera diantisipasi.

Pengalaman lain adalah ketika kondisi mengantuk berat karena terkait kesehatan, ini juga bebahaya jika tidak disadari. Sebab kadang, ngantuk bisa datang tiba-tiba dengan dahsyatnya. Apalagi saat perjalanan panjang.

Sebab itulah, saat ini penting bagi saya memiliki mobil yang bisa memahami kondisi kesehatan pengemudinya. Terutama yang akhirnya terkait dengan konsentrasi pengemudi selama menjalankan mobil.

Sebenarnya saya pernah membaca bahwa mobil sehat  seperti yang saya impikan  ini  sudah dirancang oleh Hyundai di pameran elektronik dan teknologi (CES) yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, AS, awal tahun ini.  Kendaraan tersebut diberi gelar  Health + Mobility Cockpit. Konsepnya memonitor kesehatan serta mengelola stress ditambah efek negatif lain yang disebabkan berkendara.

Dalam kokpit tersebut juga ada 'Mood Burst' yang mengandalkan sensor untuk mendeteksi apakah si pengendara kehilangan konsentrasi atau tidak. Jika iya, sebuah peringatan akan muncul, namun jika mobil mendeteksi stres tingkat tinggi peringatan untuk tetap tenang akan diaktifkan untuk meningkatkan relaks.

Kursi pengendara secara otomatis bisa menyesuaikan ke posisi yang lebih tegak ketika hilang fokus adalah salah satu contohnya. Lainnya, tingkat suhu dan lampu dalam kabin yang bervariasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan mood. Ada juga sistem aroma yang menyebar di dalam kabin. Misalnya aroma lavender atau eucalyptus  agar pengendara lebih kalem, sementara aroma cedar dan mint memberikan energi ke si pengendara.

Sayangnya, Hyundai belum mengatakan apakah mobil sehat ini bakal diproduksi atau tidak.

Mobil Sehat Versi Saya

Mobil sehat yang saya bayangkan adalah ketika masuk maka akan ada sensor bagi pengemudi tentang kondisi kesehatannya, mulai dari tensi darah, kadar gula, denyut nadi, hingga kolesterol. Lalu aka nada saran berdasarkan hasil sensor bahwa pengemudi layak atau tidak untuk bekerja di balik supir.

Begitu pula dalam perjalanan, jika ada perubahan tekanan darah karena macet atau stress, maka sensor akan memberitahu dan memberi saran, misalnya istirahat dan minum obat. Bahkan sensor juga secara otomatis akan memilihkan jenis musik sesuai dengan kondisi pengemudi serta aroma terapi yang cocok.

Namanya mobil sehat tentu saja tersedia sarana kesehatan minimalis seperti tabung oksigen untuk membantu dalam keadaan sesak napas bagi penderita asma, hingga sandaran pemijat bila penumpang atau supir merasa pegal karena perjalanan jauh. Intinya, selama penumpang dan pengemudi berada di dalam mobil, dapat terjaga kesehatannya.


GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) bakal dihelat pada 10-20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.  Pameran mobil dan otomotif berkelas internasional yang sudah menjadi member dari Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA) ini menjadi ajang bagi para Anggota Pemegang Merk (APM) dalam memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Saya lihat Hyundai juga ikut serta dalam pameran ini. Saya tidak tahu apakah Hyundai akan membawa prototype mobil sehatnya atau tidak. Semoga saja peserta lain seperti Honda, Chevrolet, Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, Dodge, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW dan Wuling, bahkan DFSK, FAW, Hino, Hyundai Commercial, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck memberikan kejutan bagi pengunjung GIIAS 2017 dengan menampilkan fitur unggulan yang terkait kesehatan pengendaranya.


Sebab, saya yakin makin lama orang akan lebih memperhatikan kesehatan dirinya di mana pun berada. Termasuk di dalam kendaraan. Dan mobil-mobil dengan fitur kesehatan akan makin laris dicari dan dibeli.