Sunday, July 16, 2017

Cara Mudah Usir Rasa Takut disuntik




Takut disuntik? Jangan salah, perasaan takut dengan jarum suntik bukan cuman dialami anak-anak. Di media sosial, kita bahkan menemukan orang dewasa berseragam militer masih ketakutan setengah mati saat akan disuntik oleh tenaga medis.

Rasa takut disuntik ini akan terus bertahan jika tidak segera dihalau. Tentu saja akan menyulitkan proses penyembuhan suatu penyakit atau bahkan pencegahan penyakit, karena masih banyak tindakan medis yang harus menggunakan jarum suntik. 

Berikut adalah cara mudah untuk menghalau rasa takut disuntik.

Jangan Pikirkan Jarum Suntik

Jangan berpikir tentang jarum suntik begini dan begitu. Jangan khawatirkan ukuran jarum suntik dan jangan tegang saat menghadapi rasa sakitnya. Jika   terus-menerus mengkhawatirkan tentang jarum suntik bahkan sebelum   disuntik,   bakal bikin kita tambah cemas .

Ajak Teman

Coba ajaklah orang untuk menemani   sehingga   bisa berbicara dan bergurau dengan mereka. Pikirkan tentang acara sesudah disuntik atau seseorang yang   sukai.  Bisa juga hitunglah domba dalam kepala.   Atau malah memakai headset mendengarkan musik untuk mengalihkan pikiran   dari jarum suntik.

Mintalah teman atau pasangan   untuk memegang dan meremas tangan   selama disuntik. Rangsangan fisik ini akan membantu meredakan rasa sakit jarum dan mengalihkan perhatian tubuh   dari suntikan.


Tentara dan Satpam ganteng yang takut disuntik. 
Begini reaksinya saat direkam video.



Jangan Melihat

Cobalah untuk tidak melihatnya. Jangan melihat perawat saat ia menyuntik  . Alihkan pandangan   dan cobalah untuk memusatkan p ngan pada sesuatu yang menarik. Jangan memerhatikan perawat atau dokter yang menyuntik , karena mereka akan memusatkan perhatiannya pada suntikan itu dan memberi tahu   tepat pada saat akan melakukannya.

Beberapa orang merasakan bahwa menutup mata dapat membantu, walaupun hal ini akan mengurangi rangsangan panca indra yang dibutuhkan pikiran   untuk mengalihkan perhatiannya.

Atur Napas

Ingatlah untuk bernapas perlahan dan dalam. Fokuskan pikiran untuk menjaga aliran napas  . Aliran napas yang pelan dan terus-menerus akan menenangkan saraf sekaligus memberikan sesuatu untuk dipikirkan.

Rileks

Cobalah untuk rileks! Ingatlah untuk rileks, mengalihkan p ngan, menghitung dari 1 sampai 10, atau hitung mundur dari 10. Saat perhatian   teralihkan,   tidak akan terlalu memikirkan tentang jarum suntik. Pada saat   selesai berhitung,   pun selesai disuntik, dan boleh pulang.

Rekam Video


Karena sekarang era video di media sosial, cobalah rekam video saat disuntik. Nanti kita bisa lihat sendiri reaksi kita saat disuntik. Jika hal itu memalaukan, maka kita akan berusaha lebih berani kelak.