Wednesday, July 19, 2017

Lima Aktor yang Pernah Dianggap Tak Cocok Perankan Tokoh Novel



Pro dan kontra seputar penunjukkan aktor yang memerankan tokoh dari novel atau buku secara umum, tak hanya dialami oleh Iqbaal CJR saat ditunjuk menjadi Dilan. Beberapa aktor di dalam negeri pun pernah mengalaminya. Tentu saja yang paling banyak suaranya adalah dari para pembaca novel yang memiliki alam imajinasi sendiri.

Mereka yang kontra biasanya adalah fans fantaik buku tersebut. Tapi tidak sedikit pula yang mendukung. Nah siapa saja aktor yang pernah ditolak oleh pembaca bukunya itu? 


Ryan Hidayat  - Lupus




Aktor satu ini pernah diragukan kemampuannya saat dinobatkan menjadi tokoh ‘Lupus’ versi  layar lebar dari  novel seri karya penulis Hilman Hariwijaya. Selain dianggap terlihat wajah indo, juga dianggap kurang kocak seperti sosok Lupus.   Aktor yang begitu terkenal di era 19990-an ini memerankan Lupus dalam empat film Lupus yaitu yang berjudul Tangkaplah Daku Kau Kujitak (1987), Makhluk Manis Dalam Bis (1987), Anak Mami Sudah Besar (1990) dan Ih Serem (1991). Namun sayangnya, saat masih di puncak ketenaran, dirinya meninggal dunia secara mendadak di usia 26 tahun.
Pemeran Lupus sempat digantikan oleh penulisnya sendiri yakni Hilman dalam judul Topi-Topi Centil (1991), tapi tidak diteruskan lagi. Pasalnya, penonton kadung mengidentikan Lupus dengan actor Ryan Hidayat.



Fedi Nuril – Ayat-ayat Cinta


Novel Ayat-ayat Cinta (A2C)  sangat laris di Indonesia. Banyak orang berharap pemeran tokoh Fahri di novel itu benar-benar sosok pria idaman yang tidak hanya tampan, tapi juga soleh. Itu sebabnya ketika diumumkan pemerannya adalah Fedi Nuril, banyak pembaca novel yang protes karena menganggap sosok Fedi Nuril jauh dari kesan pria relijius. Ternyata, setelah ditayangkan di nioskop, Fedi Nuril malah dipuji oleh banyak kalangan.

Reza Rahardian - Habibie


Aktor sekelas Reza Rahardian pun pernah ditolak pembaca buku biografi Habibie dan Ainun yang akan memerankan tokoh Habibie dalam film Ainun dan Habibie. Alasannya, Reza dinilai terlalu ganteng dan tinggi untuk memerankan karakter Habibie. Tapi kualitas acting Reza mampu mematahkan anggapan para pembaca buku yang menolaknya. Filmnya pun kemudian laris manis.


Video Iqbaal CJR Dipilih Jadi Dilan

Daniel Radcliffe -  Harry Potter



Bagi penggemar film serial Harry Potter tentu tidak asing lagi dengan nama Daniel Radcliffe. Tahukah bahwa dirinya sempat ditolak oleh banyak penggemar buku karya JK Rowling itu? Padahal Sutradara dan penulisnya sudah setuju dan memilihnya sendiri. Daniel dianggap kurang terkenal dan kurang jantan. Akhirnya aktor Inggris itu pun bisa membuktikan bahwa ia bisa berakting dengan mencetak film box office.  Setelah bermain dalam delapan judul film Harry Potter, Daniel juga membintangi film lain seperti December Boys (2007), The Woman In Black (2010), Horns (2014) dan  Now You See Me 2

Tom Hanks – Da Vinci Code


Aktor peraih piala Oscar sekelas Tom Hanks pernah mengalami penolakan dari sejumlah pembaca novel gara-gara dia dipilih jadi pemeran Robert Langdon untuk film Da Vinci Code. Pembaca novel karya Dan Brown berharap tokoh Robert Langdon lebih macho dan muda dibandingkan Tom Hanks. Apalagi Tom Hanks identik dengan film-film drama dan film serius.
Rupanya Tom Hanks dianggap berhasil memerankan tokoh professor nyentrik itu dan tetap memerankan dua film berdasarkan novel Dan Brown lainnya yakni  Angels & Demons  serta Inferno.